Promosi menjadi sebuah cara untuk bisa meningkatkan pendapatan maupun hasil penjualan agar menjadi lebih tinggi dan pesat dibandingkan sebelumnya. Ada beberapa pilihan metode promosi yang bisa digunakan mulai dari yang harganya murah hingga bentuk promosi dengan harga mahal. Bahkan, pemilik bisnis pun rela untuk mencari pinjaman yang memang hanya ditujukan untuk memasarkan produk maupun jasa yang dijual. Dipercaya semakin mewah dan canggih bentuk promosinya, maka akan semakin tinggi pendapatan yang mungkin akan diperoleh. Salah satunya dengan menggunakan Billboard.
Jika Anda sering melintasi jalan raya besar, seringkali billboard ini terlihat dengan bentuk papan reklame besar yang berisi gambar dengan tulisannya. Billboard sendiri merupakan sebuah bentuk promosi iklan atau marketing di luar ruangan atau outdoor advertising. Bagi para pemilik bisnis yang ingin menggunakan billboard, maka sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini:
1. Mencari lokasi menempatkan billboard
Sebelum Anda memasang iklan pada papan billboard hal yang harus anda perhatikan adalah menemukan lokasi yang tepat. Jangan mencari papan baliho yang letakknya tersembunyi atau tertutup oleh gedung-gedung tinggi karena akan menyulitkan masyarakat untuk mengetahui iklan yang Anda buat. Sebaiknya Anda harus memasang iklan promosi pada papan baliho yang terletak di tengah atau pinggir jalan raya besar sehingga pengguna jalan yang melintas dapat langsung melihat iklan promosi yang Anda pasang dan memahami inti dari iklan yang ada buat.
2. Menulis pesan dengan singkat
Meskipun papan reklame ukurannya sangat besar, namun sebaiknya jangan menulis kata lebih dari delapan dalam satu kalimatnya. Mengapa demikian? Sebab terlalu banyak tulisan akan membuat konsumen bingung dan tidak bisa menangkap pesan yang Anda buat dalam promosi itu. Anda bisa melakukan sedikit tes dengan meminta salah seorang pegawai Anda untuk membaca tulisan itu selama lima detik. Jika pegawai itu mengetahui dan langsung memahami isi dari iklan, maka tulisan itu sudah baik.
3. Buatlah kata yang mudah diingat
Yang namanya iklan merupakan sebuah informasi singkat namun jelas dan mengena langsung pada masyarakat. Untuk itu, sebaiknya buatlah tulisan yang mudah diingat oleh konsumen walaupun itu singkat. Berilah slogan yang membuat konsumen mengingatnya bahkan meskipun mereka tak lagi melihat iklan itu.
4. Gunakan gambar yang lebih banyak
Menurut psikologi, visual selalu mampu menarik minat dan hati banyak orang bahkan selalu diingatnya. Oleh karena itu, ketika membuat iklan menggunakan baliho, akan lebih baik jika Anda menggunakan gambar lebih banyak dibandingkan dengan tulisan sehingga konsumen akan langsung mengetahui produk apa yang Anda tawarkan pada mereka. beri warna yang sangat meriah sehingga setiap pengguna jalan akan langsung melihatnya.
5. Cantumkan nomor telepon maupun alamat website
Guna memudahkan banyak konsumen untuk langsung mengetahui bisnis yang Anda jalankan, maka upayakan untuk meletakkan identitas penunjuk seperti nomor telepon, media sosial maupun situs resmi agar sesampainya di rumah, konsumen dapat langsung mengaksesnya.