Seiring perkambangan jaman, bidang advertising pun kini juga mengalami kemajuan yang cukup pesat. Bahkan hanya dengan sekali klik, calon perusahaan yang akan memperkenalkan brand miliknya bisa dengan mudah memajangnya. Tidak heran jika kemudian banyak sekali pihak jasa penyedia marketing ataupun perusahaan berlomba-lomba untuk menarik perhatian konsumen. Materi iklan pun dibuat bisa memenuhi kebutuhan atau menyesuaikan dengan kegiatan calon konsumen.
Smart Out of Home Media & Creative OOH Media pun ikut mengalami perubahan. Kini banyak yang memanfaatkan teknologi digital. Media yang bisa digunakan misalnya saja billboard atau videotron. Selain media yang dituntut untuk maju, pihak penyedia jasa pun dituntut untuk lebih kreatif. Perusahaan penyedia jasa OOH harus mampu memfasilitasi kebutuhan perusahaan dengan membaca habit calon konsumennya.
Namun, apakah cara beriklan dengan OOH masih dinilai efektif? Apalagi saat ini sudah banyak sekali cara beriklan yang dinilai mudah, murah, dan dijangkau banyak orang?
Keunggulan DOOH Advertising
Tidak dipungkiri ada banyak sekali pilihan media promosi saat ini. Namun, out of home media atau digital out of home (DOOH) advertising masih menjadi salah satu pilihan tepat untuk meningkatkan branding.
Mengapa bisa demikian? Berikut 5 alasan mengapa Anda harus menggunakan media OOH untuk sarana promosi brand.
1. Sasaran Konsumen Jelas
Sasaran yang ingin dituju oleh OOH atau DOOH adalah pengguna jalan yang memang sedang bosan menunggu, berada di jalan, atau tidak sengaja membaca iklan. Apalagi jika iklan memang dibuat menarik, pasti akan menjadi perhatian calon konsumen.
DOOH menyasar mereka yang sedang ‘on going’. Kehadirannya untuk mengisi kekosongan para pengguna jalan atau penunggu mampu menanamkan dalam pikiran pelanggan untuk memberikan perasaan awareness. Kesan yang diberikan memang benar-benar mencuri perhatian pengguna jalan.
2. Lebih Banyak Dipercaya
Iklan menggunakan media DOOH ternyata memiliki tingkat ‘trust’ yang cukup tinggi dihati masyarakat. Menurut penelitian yang dirilis oleh Marketing Sherpa, 2017, jenis iklan DOOH lebih dipercaya oleh pelanggan.
Iklan menggunakan DOOH menandakan bahwa perusahaan atau pihak pengiklan memang serius dalam memperkenalkan brand. Biasanya brand yang dikenalkan pun mudah didapat atau berada di sekitar calon konsumen. Apalagi jika materi iklan berisi tentang tantangan permasalahan yang memang sedang banyak dihadapi para calon konsumen.
3.Lebih Banyak Dilihat
Iklan menggunakan OOH biasanya berupa baliho atau videotron ternyata banyak dilihat ketimbang lainnya. Hal ini sesuai dengan penelitian yang pernah dilakukan. Penelitian tersebut dilakukan untuk melihat bagaimana peran dari media advertising yang satu ini.
Dalam penelitian tersebut75% orang berpendapat bahwa OOH mampu memberikan mereka sesuatu untuk bisa dinikmati atau dilihat saat sedang berada di luar rumah. Hal ini karena OOH bisa menjadi hiburan tersendiri untuk menemani berbagai kegiatan saat berada di luar. Apalagi jika promosi dibuat unik, menarik, mencolok, serta sedang dibutuhkan oleh masyarakat.
4. Membuat Brand Semakin Dikenal
OOH pun mampu membuat sebuah brand lebih menonjol ketimbang yang melakukan promosi menggunakan media lain. OOH membuat brand tidak hanya hadir begitu saja. Namun ada cerita atau maksud yang membuat konsumen sekadar penasaran atau benar-benar tertarik.
Selain itu, ketika seseorang disuguhkan pemandangan yang sama setiap hari, maka dalam otaknya akan tertanam produk tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh Outdoor Advertising Association of Amerika (OAAA) menyatakan bahwa sekitar 71% orang merasa lebih positif menyikapi sebuah brand yang terpampang pada OOH.
Tidak heran jika kampanye baik saat pemilihan kepala daerah, presiden, atau sebuah produk masih banyak menggunakan media tersebut.
5. Mudah dan Efesien
Memilih untuk melakukan OOH advertising saat ini cukup mudah. Ada banyak sekali perusahaan yang bergelut di bidang tersebut. Namun, harus selektif dalam memilih perusahaan Smart Out of Home Media & Creative OOH Media yang akan diajak kerja sama.
Hal pertama yang harus dilakukan jika memilih OOH advertising adalah menentukan materi iklan. Buat semenarik mungkin. Anda bisa melakukan konsultasi dengan pihak perusahaan penyedia jasa OOH advertising.
Kemudian pilih lokasi yang benar-benar strategis. Pertimbangkan dari segala arah. Selanjutnya, tentukan ukurannya. Kemudian, Anda bisa memantau imbas dari iklan yang telah dibuat. Apakah efektif atau tidak.