Rebound Ads
Apa Itu CPM Serta Perbedaannya Dengan CPC

Apa Itu CPM Serta Perbedaannya Dengan CPC

10 Sep 2021

Apa itu CPM? CPM atau yang biasa kita dengar dengan Cost Per Mille adalah jumlah banyak iklan yang dilihat oleh audience, artinya Anda hanya perlu mengeluarkan biaya setiap 1000 kali penayangan iklan. Biasanya istilah CPM digunakan dalam dunia marketing untuk menghitung biaya tayangan iklan dalam situs web atau media.

Sedangkan CPC adalah metode media digital dimana Anda harus membayar untuk setiap orang yang mengakses Ads Anda dan menuntun audiens mengakses aplikasi atau website Anda. Saat ini sudah banyak platform online seperti saat kita membuka web pasti akan ada iklan yang ditampilkan. Nah inilah salah satu strategi pemasaran online.

CPM dan CPC merupakan salah satu pemasaran online yang sedang trend saat ini, hal ini karena pemasaran melalui online dinilai dapat lebih cepat menjangkau calon pelanggan. Bahkan saat ini sudah banyak perusahaan mempunyai karyawan khusus yang bekerja untuk pemasaran online.

Untuk itu sudah seharusnya karyawan tau apa itu CPM dan CPC agar lebih mudah dalam menentukan iklan mana yang cocok dengan produk Anda. Pemasaran online khususnya CPM dan CPC memiliki jumlah biaya yang dikeluarkan masing-masing untuk setiap iklan. Untuk CPM dan CPC ini misalnya mereka memiliki perbedaan yang paling menonjol dari biaya yang harus dikeluarkan.

Perbedaan CPM Dan CPC

Biasanya sebelum memilih iklan online Anda akan terlebih dahulu mempertimbangkan memilih CPM atau CPC. Bahkan tak jarang ada yang mencari semua hal tentang baik dan buruknya menggunakan CPM atau CPC, apa itu CPM dan apa itu CPC, agar sesuai dengan kriteria Anda. Selain itu ada baiknya Anda melihat terlebih dahulu biaya iklan mana yang lebih rendah.

Misalnya saja saat Anda menggunakan CPC maka Anda hanya akan dikenakan biaya jika audiensi mengklik Ads, sedangkan CPM  Anda perlu mengeluarkan biaya pada setiap 1000 iklan yang ditayangkan. Meskipun begitu ternyata CPC tidak bisa seoptimal CPM saat digunakan. Untuk itu sebelum Anda memilih salah satunya ada baiknya Anda mengerti perbedaan CPM dan CPC terlebih dahulu.

CPM

Apa itu CPM. Nah CPM ini akan membuat perhitungan biaya iklan Anda lebih mudah digunakan, hal ini karena CPM memiliki nilai yang pasti untuk setiap tayangan iklan yang ditayangkan. Selain itu pada CPM pengiklan dapat menentukan jumlah biaya yang dikeluarkan untuk mencapai impressions yang diinginkan.

CPM ini sangat cocok untuk mengenalkan produk Brand Awareness, karena produk Anda akan sering ditayangkan dan terlihat bagi pengunjung situs web atau media. Oleh karena itu CPM paling direkomendasikan untuk brand yang ingin fokus dengan Brand Awareness. Apalagi dalam CPM terdapat bid yang dapat mengatur performa Anda, namun tak jarang terjadi ada kasus bid yang ternyata lebih besar dari performa Ads Anda.

Ternyata CPM juga memiliki kelemahan, dalam menemukan data dan prospek CPM tidak dapat membantu, selain itu CPM kurang memiliki hubungan dengan kinerja iklan. CPM juga tidak dapat memberikan informasi tentang pelanggan yang cocok dengan iklan kita.

CPC

Setelah mengetahui apa itu CPM, kini saatnya beralih kepada CPC. CPC ini cocok untuk Anda jika Anda dalam kondisi consideration dan ingin meminta audience melakukan tindakan pada iklan Anda. CPC ini paling direkomendasikan untuk Anda yang campaignnya yang lebih spesifik berorientasi pada jumlah tindakan.

Penggunaan CFC dapat melalui Facebook, Ads maupun Google Ads, salah satu keuntungan menggunakan CPC adalah Anda hanya perlu membayar ketika audiens mengklik Ads Anda. Dibandingkan dengan CPM ternyata CPC memiliki resiko yang lebih tinggi dengan penerbit iklan, resikonya bisa menjadi lebih rendah apabila pelanggan mengambil tindakan pada iklan.

CPC juga perlu tampilan iklan yang menarik untuk customer berminat untuk mengambil langkah dalam memesan sebuah iklan. Selain itu CPC juga bisa mempermudah Anda bertemu dengan calon pelanggan baru dan merekam data pelanggan tersebut. Anda akan tahu pelanggan tersebut memiliki prospek atau tidak.

Nah dari perbedaan diatas kita dapat tahu apa itu CPM. CPM berarti harga yang harus dibayar untuk 1000 kali tayangan iklan, sedangkan CPC biaya yang harus dibayar pada setiap kali klik. Antara CPM dan CPC sama-sama akan memberikan keuntungan bagi Anda apabila digunakan secara efektif.