Rebound Ads
10 Keunggulan Billboard untuk Strategi Marketing

10 Keunggulan Billboard untuk Strategi Marketing

31 Okt 2024

Billboard untuk strategi marketing merupakan opsi cerdas guna meningkatkan brand awareness perusahaan. Media iklan outdoor ini, memiliki daya tarik visual kuat melalui posisi strategis dan ukurannya yang besar.

Keunggulan yang ditawarkan billboard dapat memaksimalkan promosi produk perusahaan secara luas dan efektif. Di samping itu, tampilan billboard juga mampu menarik perhatian audiens, sehingga memperkuat kesan merek di benak konsumen.

10 Keunggulan Billboard untuk Strategi Marketing
freepik.com

Billboard untuk Strategi Marketing Memiliki Segudang Keunggulan

Billboard merupakan bentuk iklan yang termasuk dalam kategori Out of Home (OOH) Advertising. Media iklan ini biasanya dipasang di lokasi yang sangat strategis dan ramai, sehingga mudah terlihat oleh banyak orang. Dengan penempatan yang tepat, billboard dapat menjangkau audiens yang luas dan meningkatkan visibilitas merek atau produk.

1. Billboard Lebih Efisien

Memasang iklan satu halaman penuh menggunakan media koran memerlukan biaya yang cukup besar. Terlebih lagi, di era serba digital ini jangkauan pasar untuk media iklan koran sangat terbatas.

Oleh sebab itu, billboard menjadi media iklan modern yang lebih efisien dari pada media cetak lainnya. Melalui tampilan visualnya yang menarik, billboard mampu menjangkau banyak audiens untuk memperkenalkan merek perusahaan.

2. Cakupan yang Luas

Billboard untuk strategi marketing memiliki cakupan yang sangat luas dan efektif dalam menjangkau banyak udiens. Umumnya, media iklan outdoor ini berada di lokasi yang cukup ramai, termasuk jalanan kota, mall, ataupun lokasi industri.

Media iklan billboard terpasang selama berbulan-bulan, sehingga meningkatkan peluang untuk menarik banyak perhatian audiens. Durasi pemasangan yang lama tersebut, menjadikan billboard lebih efektif untuk menjangkau konsumen.

Penempatan billboard juga dirancang khusus dengan target perusahaan secara geografis. Dengan demikian, perusahaan dapat memilih lokasi pemasangan yang relevan seperti di pinggiran kota atau wilayah perkantoran ramai.

3. Memperkuat Identitas Merek

Penggunaan billboard dapat menjadi pilihan utama untuk memperkuat identitas merek dan informasi produk perusahaan. Ketika meluncurkan produk baru, memasang iklan jenis billboard dapat menjadi strategi efektif untuk menarik banyak perhatian.

Sebagai informasi, banyak perusahaan besar yang menggunakan metode ini untuk menjaga kesadaran konsumen terhadap produk perusahaan. Melalui media billboard, pesan dapat tersampaikan secara luas dan produk lebih terkenal di kalangan masyarakat.

4. Membangun Reputasi Positif

Billboard menjadi media iklan yang menampilkan nilai-nilai keunggulan merek, sehingga mampu membangun reputasi positif perusahaan. Di samping itu, billboard juga dapat menciptakan hubungan emosional dengan konsumen yang dapat mempengaruhi tingkat penjualan perusahaan. 

5. Memperindah Ruang Publik

Selain berfungsi untuk menyampaikan pesan promosi, billboard juga dapat memperindah tampilan tata ruang kota. Dengan ukuran dan desain yang menarik, media iklan ini mampu memberikan sentuhan estetika.

Hal itu menjadikan kota terlihat lebih teratur dan menarik. Penempatan billboard yang tepat dapat meningkatkan keindahan lingkungan sekaligus menarik perhatian pengunjung dan penduduk setempat.

6. Menarik Banyak Perhatian

Penelitian membuktikan bahwa jarak perhatian manusia adalah sekitar 8 detik. Melalui pembuktian itu, perusahaan dapat menggunakan iklan dalam rentang waktu tersebut untuk menyampaikan pesan merk kepada audiens luas.

Billboard untuk strategi marketing, mampu menjadikan audiens lebih memperhatikan pesan yang disampaikan. Bahkan, hal tersebut masih berlaku ketika audiens berada di dalam mobil yang sedang berjalan.

7. Desain Fleksibel

Billboard menjadi media iklan yang memungkinkan pengiklan untuk berkreasi sesuai dengan kampanye produk. Fleksibilitas ini mencakup beberapa elemen seperti, penggunaan warna, teks besar, dan desain visual yang menarik.

Melalui berbagai ukuran dan bentuk, billboard dapat memberikan tampilan yang menonjol di antara iklan lainnya. Di samping itu, peran teknologi modern juga menjadikan media iklan ini mampu merubah konten secara berkala.

8. Media Iklan 24 Jam

Billboard untuk strategi marketing, mampu menampilkan iklan selama 24 jam. Hal tersebut tentu memberikan keuntungan besar dari pada media lainnya yang hanya muncul pada waktu-waktu tertentu.

9. Menargetkan Pasar yang Beragam

Billboard menjadi media iklan yang efektif untuk menyasar berbagai kalangan secara bersamaan. Lokasi strategis yang digunakan, menjadikan iklan mudah terlihat oleh audiens dengan berbagai latar belakang.

Di samping itu, desain iklan yang bervariasi juga mampu menarik berbagai segmen pasar. Dengan demikian, billboard mampu menyampaikan pesan merek kepada audiens luas tanpa batasan tertentu.

10. Meningkatkan Penjualan Produk

Billboard untuk strategi marketing, menjadi media paling efektif untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan. Melalui visibilitas tinggi dan daya tarik yang kuat, media iklan ini mampu menarik perhatian audiens untuk membeli produk.

Penempatan billboard di lokasi strategis, mendorong audiens untuk mencari tahu tentang produk yang diiklankan. Hal tersebut meningkatkan kemungkinan audiens untuk segera mencoba produk, sehingga mampu meningkatkan penjualan perusahaan secara signifikan.

Sebagai informasi, Rebound Ads merupakan perusahaan media iklan outdoor yang bertujuan untuk menciptakan nilai manfaat bagi lingkungan melalui City Friendly Advertising. Dengan berbagai media iklan yang tersedia, Rebound Ads dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan brand awareness perusahaan.

Billboard untuk strategi marketing menjadi langkah cerdas yang dapat memberikan keuntungan besar bagi para pebisnis. Di era serba digital ini, billboard dapat menjadi media iklan yang mampu meningkatkan penjualan perusahaan melalui visibilitas menarik dan unik.