Rebound Ads
Branding Vs Marketing: Lebih Penting yang Mana?

Branding Vs Marketing: Lebih Penting yang Mana?

16 Jan 2023

Salah satu hal yang biasanya menjadi pembahasan para pelaku bisnis yaitu antara branding vs marketing. Branding dan marketing merupakan dua istilah yang selalu kita jumpai dalam dunia bisnis. Kedua hal tersebut memang tidak bisa dipisahkan. Sebab sangat erat kaitannya dengan pemasaran produk ataupun jasa.

Bagi Anda yang menjalankan bisnis penting sekali mengetahui branding dan marketing. Tujuannya yaitu untuk membantu tumbuh kembang bisnis yang Anda kelola. Banyak orang yang menganggap jika kedua hal ini sama. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang harus Anda pahami.

Branding Vs Marketing: Lebih Penting yang Mana?

Mengetahui Perbedaan Branding Vs Marketing

Bagi Anda yang bekerja dalam bidang marketing atau promosi mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah branding vs marketing. Dua hal tersebut sangat dibutuhkan dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Lantas apa perbedaannya dan mana yang harus didahulukan? Simak penjelasannya berikut ini!

Branding

Branding asalnya dari kata merek atau brand yang lebih tertuju pada sebuah nama logo atau icon dari suatu perusahaan. Brand dari sebuah perusahaan biasanya sudah sangat melekat pada benak orang lain yang mengenal perusahaan tersebut.

Jadi bisa kita artikan jika branding merupakan suatu proses atau cara dalam menciptakan citra yang baik dari suatu perusahaan agar bisa melekat pada masyarakat.

Pada saat perusahaan telah memiliki brand yang bagus, maka secara otomatis proses penjualan dan marketing juga menjadi semakin mudah. Perusahaan yang melakukan branding tentunya bisa lebih mudah dalam mengidentifikasi suatu produk dan membedakannya dari produk yang lain.

Selain bisa memberikan kesan tersendiri terhadap suatu perusahaan, branding juga bisa menjadikan pelanggan atau konsumen mampu memahami bisnis tersebut.Perbedaan perusahaan Anda dengan perusahaan yang dimiliki oleh para kompetitor juga bisa terlihat dari branding yang Anda lakukan. 

Marketing

Marketing atau pemasaran adalah suatu proses yang dipakai untuk membangun suatu hubungan antara perusahaan dan calon pelanggan.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan marketing, antara lain melalui iklan, berjualan, hingga menciptakan produk sesuai permintaan pasar.

Dengan melakukan marketing, maka Anda akan lebih mudah dalam menarik perhatian konsumen agar menggunakan jasa atau produk yang dimiliki oleh perusahaan Anda.

Kunci untuk melakukan marketing yaitu Anda harus menemukan metode pemasaran yang tepat dalam mempengaruhi para calon konsumen. Lakukan pemasaran pada tempat yang tepat dan momen yang tepat juga.

Adapun tujuan dasar dari marketing yaitu agar pemasaran dan penjualan bisa lebih meningkat. Sehingga produk dan jasanya bisa terjual banyak dan mendapatkan banyak keuntungan.

Tujuan Marketing dan Branding

Antara branding vs marketing keduanya memiliki tujuan yang baik. Pada dasarnya branding merupakan nama bisnis atau perusahaan. Sedangkan marketing merupakan bagaimana cara perusahaan tersebut membangun nama tersebut.

Branding juga merupakan strategi dalam jangka panjang dan tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Jadi, Anda perlu menanamkan suatu kesadaran pada seseorang mengenai suatu produk, layanan, citra perusahaan atau kesan baik.

Sedangkan untuk marketing yaitu merupakan turunan dari branding. Biasanya strategi branding yang  perusahaan lakukan juga mencakup marketing. Sehingga strategi Marketing dapat perusahaan lakukan dalam jangka waktu yang lebih pendek atau lebih singkat.

Target Utama

Target perusahaan melakukan branding yaitu membuat bisnis atau perusahaan yang mereka jalankan menjadi populer. Sedangkan target marketing yaitu untuk menarik perhatian konsumen sebanyak-banyaknya.

Maka dari itu, sebelum perusahaan melakukan marketing maka terlebih dahulu harus melakukan branding. Cara ini dilakukan untuk memudahkan perusahaan dalam melakukan pemasaran produk atau jasa yang dimiliki. Sampai di sini Anda bisa tahu mana yang perlu didahulukan antara branding vs marketing.

Dalam kegiatan pemasaran atau marketing, branding bisa membuat proses marketing dalam menarik target penjualan bisa menjadi lebih mudah. Hal ini disebabkan karena brand dari perusahaan tersebut sudah diperkenalkan.

Jadi bisa disimpulkan antara branding vs marketing, keduanya sama-sama memiliki peran yang penting dalam tujuan bisnis. Mulailah dengan strategi yang tepat dan jangan pernah putus asa untuk mencoba hingga bisnis Anda sampai pada puncak kesuksesan.

Implementasi Branding dan Marketing

Berikut contoh-contoh konkret dari perusahaan yang telah sukses dalam menerapkan branding dan marketing.

1. Contoh branding yang sukses adalah Apple. Merek ini dikenal dengan desain yang minimalis dan elegan serta teknologi canggih yang digunakan dalam produk-produknya. Logo Apple yang sangat ikonik dan tagline “Think Different” membantu perusahaan ini untuk membangun identitas yang kuat dan diingat oleh konsumen.

2. Contoh sukses dari marketing adalah Coca-Cola. Perusahaan ini dikenal dengan kampanye pemasaran yang luar biasa, mulai dari iklan televisi hingga aktivitas di media sosial. Mereka juga sering mengadakan kontes dan promosi untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produk mereka.

3. Contoh lain dari perusahaan yang sukses dalam menerapkan kedua aspek ini adalah Nike. Merek ini dikenal dengan slogan “Just Do It” yang menyampaikan pesan motivasi dan semangat untuk berolahraga. Nike juga menciptakan sebuah budaya dalam dunia olahraga dan kampanye iklannya yang menampilkan atlet terkenal membantu memperkuat identitas mereka.