Cara memaksimalkan promosi iklan penting diterapkan pada waktu yang tepat. Menurut informasi pada musim liburan lalu, konsumen meningkatkan belanja online lebih dari 32 persen sejak 2019. Hal ini tercatat berjumlah kisaran $188,2 miliar dalam pengeluaran pengecer online. Hal ini dikemukakan oleh Adobe Analytics melalui CNBC.
Namun saat musim retail yang cukup sibuk saat ini tengah bersiap untuk melihat kembalinya belanja langsung. Seperti apa? Simak penjelasan berikut.
Penerapan Cara Memaksimalkan Promosi Iklan Secara Tepat Waktu
Penelitian Shopkick via Footwear News telah menemukan bahwa sekitar 43% pembeli liburan merencanakan untuk berbelanja di toko fisik. Hal ini turut meningkat hingga 9% sejak tahun 2020. Dari perubahan perilaku konsumen tersebut dapat memicu momentum iklan luar rumah atau OOH semakin meningkat.
Dengan adanya liburan beberapa bulan lagi maka konsumen semakin banyak. Hal ini menjadi peluang sehingga pengiklan harus memulai promosi liburan mulai dari sekarang.
Melalui perencanaan yang matang kedepannya, merek dapat mengunci dan kebutuhan utama atau menjadi bagian mereka dari media periklanan ini. Sehingga hadirlah empat cara yang dianjurkan untuk menekankan promosi atau kampanye liburan tahun ini melalui iklan OOH. Sekaligus sebagai wakil Presiden pertumbuhan di perusahaan yang menawarkan platform untuk membeli, merencanakan serta mengukur iklan OOH, yaitu sebagai berikut.
Berpikir Lebih Keras Baik Dari maupun Diluar Billboard
Cara memaksimalkan promosi iklan dengan OOH. Sudah bertahun-tahun iklan OOH ini identik dengan papan reklame. Sadar atau tidak, hal ini masih berlaku, meskipun penawaran OOH sangat beragam dan luas.
OOH ini hampir ada pada setiap iklan yang Anda temukan di luar. Termasuk mural dinding, papan reklame statis dan digital, poster, serta iklan furniture jalanan. Mulai dari bangku, transit massal, kios, rak berita, serta panel perkotaan.
Periklanan tersebut mencakup iklan di bandara, taksi, kendaraan angkutan umum, dan iklan berbasis tempat. Hal ini konsumen dapat menemukannya di arena, bioskop, stadion, klub kesehatan, restoran, pusat perbelanjaan, dan toko. Sehingga OOH berada dimanapun menjangkau konsumen.
Bahkan musim liburan ini bisa menjadi pertimbangan untuk menggunakan iklan OOH pada unit non billboard yang menarik perhatian konsumen dimanapun berada.Terlebih saat mereka pada pola konsumtif belanja.
Cara memaksimalkan promosi iklan bisa berupa iklan berbasis tempat, yang diletakkan pada tempat yang mudah dikenal dengan visibilitas tinggi seperti iklan di paket amazon, atau pusat perbelanjaan.
Perluas Jangkauan dan Memaksimalkan Nilai Melalui 3 Pasar Terbesar
Kelas berat di ranah OOH adalah New York, San Francisco, dan Los Angeles. Namun ketiganya tidak selalu menjadi puncak dalam hal periklanan luar ruangan.
Penting untuk tidak melewatkan kesempatan untuk menjangkau konsumen target Anda dengan membatasi pembelanjaan iklan luar ruangan ke pasar terbesar tersebut. Selain itu seringkali menjadi yang paling mahal
Dengan meluas ke pasar yang lebih kecil namun tetap diminati, maka mereka menemukan merek sebenarnya dan mendorong nilai lebih yang mereka bisa pada pasar OOH terbesar.
Targetkan Audiens Dengan Atribut Perilaku, Gaya Hidup dan Demografi
Cara memaksimalkan promosi iklan dengan Data tidak hanya memberi kesempatan merek untuk berekspansi di pasar baru. Namun juga membantu mengidentifikasi, melibatkan, menjangkau, sera mengonversi audiens yang berharga berulang kali.
Oleh karena itu menargetkan pemirsa musim ini menggunakan atribut perilaku serta demografis atau membangun pemirsa dengan data yang ada sangatlah penting.
Sebagai contoh Anda ingin menargetkan pemirsa saat mereka keluar membeli hadiah. Dengan data, merek dapat mempromosikan OOH cerdas serta OOH digital agar terhubung secara alami dengan dengan konsumen tertarget. Hal ini dilakukan saat mereka berada di mal perbelanjaan hadiah atau memikirkan tambahan menit terakhir pada liburan berkualitas mereka.
Sebagian besar pemasar mengidentifikasi audiens target dengan gambaran hal detail demografis seperti HHI dan usia.Sehingga Anda dapat menyelaraskan target dengan pesona yakni memilih unit iklan OOH yang dapat menjangkau sebagian besar orang dalam demografi.
Cara memaksimalkan promosi iklan melalui perilaku alami seseorang yang membeli produk atau orang yang mengunjungi pusat kebugaran maka kemungkinan mereka target yang baik untuk pakaian kebugaran. Dengan menyesuaikan dengan perilaku target maka ikan tersebut akan lebih maksimal.
Lakukan Pengukuran Efektivitas dari Promosi
Perusahaan dapat memanfaatkan OOH demi mewujudkan kesadaran, serta ingatan bahkan konversi online di dalam toko. Pengiklan perlu memastikan untuk melacak dan mengisolasi unit OOH mereka, konversi atribut, membandingkan kinerja berdasarkan unit serta mengukur ROI yang sebenarnya diantara strategi pengukuran lainnya.
Analisis peningkatan menggunakan eksperimen untuk mengisolasi dampak promosi OOH di hasil bisnis. Pengiklan menggunakannya untuk mengukur keberhasilan saluran pemasaran dibanding dengan saluran lain.
Analisis atribusi dengan memeriksa komponen promosi OOH demi menentukan unit iklan individual mana yang bekerja dengan baik. Sementara metrik khusus untuk mengukur adalah jangkauan dan frekuensi, poin penilaian kotor keterpaparan dalam pasar geografis dan hasil. Cara memaksimalkan promosi iklan dengan menyesuaikan kalender musim dan promosi liburan maka meningkatkan pendapatan.
Sumber: https://www.forbes.com/sites/forbescommunicationscouncil/2021/12/01/how-to-maximize-out-of-home-advertising-campaigns-in-time-for-the-holiday-season/?sh=473728da1b25