Rebound Ads
Ciri-Ciri Iklan yang Baik Beserta Contoh Terkenal di Dunia

Ciri-Ciri Iklan yang Baik Beserta Contoh Terkenal di Dunia

25 Jul 2021

Iklan yang baik menjadi standar apakah akan membantu promosi secara tepat. Kita pasti sudah sangat sering melihat iklan dalam berbagai bentuk, media bahkan dimanapun.

Oleh karena itu, dengan menggunakan media yang mempertimbangkan target marketnya. Iklan akan bekerja dengan sangat baik dan berhasil dalam pemasarannya.

Perusahaan riset pasar Yankelovich bahkan sudah memperkirakan bahwa 6000 hingga 10.000 orang berhasil tergiur oleh iklan per harinya. Ini berarti bahwa iklan memang membawa dampak yang sangat kuat pada pemasaran.

Oleh karena itu, sebelum menentukan iklan dan target market sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal. Agar tidak menghamburkan uang dan bisa jadi salah media pada akhirnya.

Bagaimana Iklan yang Baik?

Definisi iklan secara umum merupakan pengumuman secara publik untuk media promosi. Oxford Languages juga membahas bahwa iklan merupakan pemberitahuan atau pengumuman yang di dalam sebuah media.

Hal ini untuk mempromosikan sebuah produk, layanan atau acara. Sedangkan Asosiasi Periklanan Jeremy Bullmore yang berada di Inggris memberikan pendapat lain.

Menurut mereka iklan merupakan komunikasi berbayar yang dimaksudkan untuk menginformasikan atau memengaruhi, tahun 1975. Mengalami perubahan bahwa iklan juga bisa tidak berbayar atau gratis.

Memiliki tujuan dengan garis besar yang sama. Tujuan dari sebuah iklan menjadi hal yang cukup penting dalam sebuah pemasaran. Maka dari itu, kita juga harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

Menentukan Tujuan Iklan

Dalam membuat iklan, kita harus menentukan bagaimana strategi pemasarannya. Sebuah produk, usaha atau acara yang akan Anda tayangkan harus memiliki ciri khas daripada yang lain.

Kampanye yang akan disampaikan memiliki pesan dan penting. Tidak hanya untuk meningkatkan pemasaran saja, hal ini cukup penting bagi branding kedepannya.

Terdapat beberapa hal yang harus ada dalam sebuah iklan. Simak bahasan berikut ini untuk membuat iklan yang baik.

Kesadaran atau Awareness

Dengan menggunakan iklan informasi, maka memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan eksposur. Beritahukan bahwa produk yang Anda tunjukkan merupakan sebuah inovasi baru dengan fitur khusus dan pertama.

Konversi atau Conversations

Memiliki tujuan pembandingan, tidak hanya bersifat membujuk atau meyakinkan saja. Karena iklan akan menarik pembeli untuk membuktikan sendiri apakah benar bahwa yang dikatakan itu kebenaran.

Membekas

Iklan baik sejauh ini yang memiliki kesan membekas adalah KFC. Pada tahun 2018 mereka merilis sebuah iklan yang merupakan plesetan dari KFC menjadi FCK.

Memiliki sebuah tujuan untuk meminta maaf karena kehabisan stok ayam di Inggris. Maka perusahaan justru membuat momen tak terlupakan kala itu dengan logo ember kosong dengan logo FCK.

Manfaat Iklan

Selain bersifat untuk membuat pemasaran naik, iklan juga bisa menginspirasi audiens. Nah berikut ini merupakan manfaat iklan.

Untuk Konsumen

Iklan akan menjadi sebuah informasi pembanding dari sebuah produk. Target yang akan menjadi keputusan dalam melakukan sebuah pembelian berdasarkan sebuah informasi yang rilis.

Pelanggan bisa jauh lebih paham akan fitur yang tersedia. Kelebihan dan layanan yang akan mereka berikan akan menjadi standar pembanding.

Untuk Pengiklan

Manfaat iklan bagi pengiklan akan memberikan sebuah branding kedepannya. Citra dari sebuah merek dan produk akan menjadi hal yang lebih baik jika mengunggah iklan yang berhasil.

Selain itu, produk akan jauh lebih dikenal luas lagi. Meningkatkan semua hal yang berkaitan dengan produk, layanan atau acara.

Jenis Iklan

Untuk jenis dan media yang digunakan dalam membuat iklan sendiri cukup beragam. Apalagi perkembangan era digital yang membuat kita semakin terbantu lagi.

Media Cetak

Iklan yang baik bisa menggunakan media cetak. Secara publik iklan jenis ini merupakan media tertua sejak kemunculannya contohnya seperti, brosur, poster, koran, majalah dan lainnya.

Iklan Siaran

Selain secara cetak iklan bisa juga secara audio yang tersiar seperti radio dan televisi. Kini masih banyak lagi media seperti podcast yang merupakan radio online.

Jenis ini tersedia bersama dengan jingle atau slogan. Maka akan menimbulkan ciri khas yang menarik dan tidak terlupakan.

Fasilitas Umum

Menggunakan fasilitas umum seperti halte, stasiun, bus bangku taman, dan lainnya. Ini juga bisa menjadi iklan yang cukup efektif karena berpindah tempat meraup banyak audiens.

Digital

Hal yang paling terbaru adalah iklan digital. Media afiliasi ini menjadi pilihan untuk Anda karena pay per click pada sebuah website. Memiliki jangkauan luas dan efektif untuk segala jenis iklan.

Integrasi Produk

Iklan yang baik akan menggunakan cara smooth atau halus. Namun memiliki anggaran yang lebih besar, seperti pada siaran film, televisi, dan lainnya.

Contoh Iklan Produk Terkenal

Beberapa contoh iklan dari produk terkenal dunia seperti ini. Botol Absolut, Got Milk?, Clairol:Does She or Doesn’t She?, BBC: Dracula Billboard, Nike: Just Do It, Coca-Cola: Share a Coke.

DeBeers: A Diamond is Forever, Budwiser: “Whassup”, Procter & Gamble: Thank You, Mom. Always: #LikeAGirl, Old Spice: The Man Your Man Could Smell Like, Google: Year in Search.

Iklan yang baik memiliki tujuan dan ciri khas tersendiri. Dengan beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan untuk mewujudkannya.