Rebound Ads
Fearless Night Handsaway di Paris, Kampanye Penerangan Billboard

Fearless Night Handsaway di Paris, Kampanye Penerangan Billboard

13 Agu 2021

Fearless Night Handsaway adalah kampanye yang ditunjukkan pada kaum wanita. Menciptakan kesadaran akan tingkat kekerasan seksual di publik berpotensi, berlokasi di Paris.

Dengan berbagai berita yang berkaitan dengan adanya kekerasan seksual terhadap wanita pada malam hari. Membuat tekanan tersendiri agar bisa sampai rumah tidak terlalu larut.

Berada di luar rumah pada malam hari dan sendirian menciptakan kengerian tersendiri bagi perempuan. Tidak hanya di beberapa daerah bahkan kota besar.

Hal ini bahkan sudah masuk Survei Lingkungan Hidup dan Keselamatan ONDRP. Minoritas berasa dari gender ini harus mendapat perhatian agar merasa aman meskipun sendirian kala malam hari.

Sumber Video : Instagram @tbwaparis

Fearless Night Handsaway di Paris

Lokasi yang terpilih adalah Paris, dengan 300 papan reklame atau billboard menyala. Berwarna putih terang yang menyala secara digital untuk penerangan jalan yang sering dilalui dan gelap awalnya.

Dengan tampilan 20% lebih terang daripada biasanya. Mereka memberikan fasilitas ini mulai pukul 9 malam hingga 7 pagi hari.

Para perempuan yang lalu lalang akan terbantu dengan penerangan jalan ini. Secara sengaja para organisasi yang bergerak dalam melawan seksisme dan kekerasan seksual bersama dengan TBWA Paris.

Kesadaran mengenai keselamatan, kecemasan bepergian kala malam hari para wanita harus mendapatkan perhatian. Perempuan memiliki hak yang sama dengan para pria yang bebas berkeliaran sendiri dimanapun.

Penghapusan Jam Malam

Bermula dari adanya penghapusan jam malam yang sempat jadi pembatasan masyarakat. Hal ini jadi berita menggembirakan dan perlu adanya perayaan yang positif.

Cocok untuk para perempuan dengan minoritas gender seluruh dunia sebenarnya. Pengamanan publik kala malam hari yang tidak mendapatkan perhatian lebih.

Maka dengan ini hadir Fearless Night Handsaway. Berbagai area gelap yang jauh dari keramaian namun sering dilalui para wanita.

Kebebasan untuk menikmati waktu sendirian di jalanan. Salah satunya para wanita yang memiliki kepentingan pada malam hari dan keselamatannya.

Tujuan Kampanye

Secara sederhana kita pasti bisa menyimpulkan sendiri dengan pemasangan papan billboard dengan pencahayaan 20% lebih terang ini. Meski secara harfiah papan ini sebagai media promosi, namun ternyata bisa berfungsi lebih.

Mereka memberikan terobosan terbaru untuk penerangan jalan secara otomatis. Tujuannya simple, karena wanita dengan gender minoritas membutuhkan keselamatan pada malam hari.

Maka gunanya jelas menerangi area yang gelap. Menyelamatkan rasa takut dan kecemasan bagi perempuan dan orang yang sendirian kala malam hari.

Bergandengan tangan untuk melawan adanya kekerasan seksual di publik. Pesan ini menyentuh secara pribadi untuk para wanita dan sudah berhasil menjadi kampanye yang ada di Paris.

Response Fearless Night Handsaway

Sejak kampanye penerangan jalan ini berjalan, sukses curi perhatian para warga Prancis. Karena lokasi yang terpilih merupakan 300 papan reklame yang tersebar dalam beberapa daerah.

Hal ini jelas membuat para perempuan yang bepergian malam hari menjadi terharu dan merasa bersyukur. Mereka selalu diselimuti perasaan was-was dan tidak nyaman kala melewati beberapa area gelap mencekam dan sendirian.

Nah dengan kampanye ini sukses membuat nyaman para wanita. Bahkan berbagai berita nasional membahas kampanye ini.

Sebagai gagasan cerdas menggunakan papan reklame sebagai penerangan otomatis mendapatkan respon positif. Fungsi ganda selain untuk promosi namun membuat orang yang lewat lebih aman.

Kredit Fearless Night Handsaway

Agensi yang menggarap ide ini adalah TBWA/Paris. Dengan manajer merek bernama Alma dan Guirao dan Lucille Dupuy.

Sedangkan Manajer Agensinya bernama Jonathan Serog dan Julia Montagu. Untuk Direktur Artistis bernama Morgane Alexandre dan Sébastien Skrzypczak, dengan El é onore Girard sebagai produser.

Kita bisa menyaksikannya dalam kanal YouTube pribadi miliki TBWA/PARIS. Mereka memberikan dokumentasi terkait dengan kampanye yang satu ini.

Ide menarik ini bisa jadi inspirasi di tanah air juga. Selain jadi media promosi, papan reklame bisa jadi penyelamat ketakutan dan kecemasan area yang gelap pada malam hari.

Sumber Foto : Instagram @tbwaparis

Pesan Positif

Ketika melihat kembali Fearless Night Handsaway ini telah mengecam adanya culture pelecehan seksual kearah pemerkosaan. Menyoroti struktural film seperti Bunch of Dicks dan komentar terkait dengan The Weight of Words.

Lembaga ini memberikan dampak nyata adanya perampasan kebebasan ruang publik bagi perempuan. Pada intinya semua orang memiliki hak yang sama bebas dari rasa cemas dan was-was atas keselamatan diri sendiri.

Sedangkan kecemasan sendiri merupakan sebuah penyerangan secara mental yang menjadi budaya bagi perempuan, menurut saya. Hal ini terjadi tidak hanya di kota namun menyeluruh ke daerah.

Maka pentingnya edukasi mengenai kesadaran akan rasa percaya dan hak untuk aman. Baik perempuan maupun laki-laki, dimanapun dan kapanpun.

Fearless Night Handsaway ini jadi promosi dan kampanye yang menarik. Patut juga kita jadikan contoh untuk kedepannya di Indonesia. Berfungsi ganda dan berdampak positif untuk sekitar, tidak hanya soal materil namun moral.