Jakarta sebagai salah satu pusat bisnis Indonesia menjadi kawasan potensial untuk beriklan. Hampir di setiap sudut kota Jakarta iklan-iklan mulai dari ukuran kecil hingga sebesar baliho dapat kita saksikan dimana-mana. Iklan visual ini dapat dibilang telah menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat menjadi pengguna jalan Kota Jakarta. Namun, pernahkah kita menyadari bahwa dalam iklan visual seperti baliho atau billboard ada elemen kreatif yang menjadi daya tarik iklan tersebut? Yap, elemen ini adalah fotografi.
Pengertian fotografi sendiri adalah kegiatan atau proses menghasilkan suatu gambar/foto melalui alat yang biasa kita sebut kamera. Seni utama dalam sebuah fotografi adalah suatu komposisi. Dengan komposisi yang baik maka foto yang di hasilkan akan mempunyai makna dan cerita yang bisa disampaikan. Untuk menggambil gambar dengan sebuah kamera dengan hasil ya memuaskan atau bagus.
Ada beberapa faktor unsur utama yang sangat berperan penting dalam dunia fotografi diantaranya adalah faktor pencahayaan tanpa cahaya akan sulit untuk mendapatkan hasil karya foto yang bagus. Faktor kedua adalah fotografer factor ini juga penting karna tanpa fotograper proses foto tidak akan terjadi. Faktor ketiga adalah kamera , tanpa kamera proses fotografi tidak akan terjadi karna kamera adalah alat pokok pada kegiatan fotografi. Tidak perlu menggunakan kamera yang mahal untuk menciptakan sebuah karya seni fotografi. Dan sebuah foto yang bagus itu adalah relative dan foto yang jelek adalah mutlak. Sebuah foto dapat menjelaskan suatu cerita atau unsur kuat yang di gambarkan
Banyak berita beredar yang cukup membuat masyarakat ingin mengetahui informasi ini, sebagai fotografer jurnalis media cetak ini merupakan momen yang di tunggu. Dapat kita lihat dari foto ini terdapat unsur kenapa,bagaimana,apa dan siapa. Walaupun tidak ada keterangan tempat yang cukup jelas atau kapannya kejadian ini terjadi. Tetapi sebuah foto dengan mengandung cukup 3 unsur dari 5 w 1 h sudah dapat menceritakan suatu kejadian.
Lalu bagaimana kaitannya dengan dunia iklan luar ruang?
Tentu saja fotografi menjadi hal mendasar yang mendekatkan antara pengusaha iklan dengan klien melalui sebuah Foto. Foto saat klien mencari atau memilih lokasi yang diingin maupun laporan ke klien. Dengan komposisi yang pas antara titik iklan dengan pengguna jalan maupun keadaan sekitar media Iklan memberikan informasi serta daya tarik sehingga menjadikan foto tersebut memiliki nilai jual. Membuat foto yang bagus serta memiliki bobot seni yang tinggi memang merupakan sebuah pekerjaan yang melelahkan, selain harus mengerti berbagai teknik dalam fotografi. Kita dituntut juga dapat mengambil peran dalam mengarahkan obyek yang dapat berupa benda maupun orang ke sebuah situasi yang kita inginkan agar dapat menghasilkan gambar sesuai dengan kreasi yang kita inginkan.