Rebound Ads
Iklan Commuter Line, Desain Kreatif dan Lebih Menguntungkan

Iklan Commuter Line, Desain Kreatif dan Lebih Menguntungkan

17 Jun 2021

Commuter Jabodetabek atau KRL Commuter Line adalah jalur kereta rel listrik dan dioperasikan oleh PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), merupakan anak perusahaannya dari PT Kereta Api Indonesia (PTKA). Iklan commuter line sangat menguntungkan karena KRL ini telah beroperasi sejak tahun 1976.

PT KCJ mulai tahun 2011 memulai proyek modernisasi angkutan KRL. Kemudian menyederhanakan rute menjadi 5 rute utama. Selain itu, menerapkan gerbong khusus wanita, penghapusan KRL ekspress, serta mengubah nama KRL ekonomi-AC menjadi kereta commuter. Disamping itu, terdapat perubahan sistem tarif dan penerapan sistem elektronik COMMET.

Berbagai Keuntungan Menggunakan Iklan Commuter Line

Kemacetan lalu lintas di Jabodetabek tak kunjung selesai dan menjadi permasalahan yang komplek. Fasilitas moda transportasi yang handal diperlukan seiring tingginya mobilitas masyarakat wilayah tersebut. Commuter line menjadi salah satu solusi yang terbaik.

Transportasi berbasis rel ini mempunyai waktu tempuh yang terukur. Selain itu, ramah lingkungan, tarif terjangkau dan tidak membutuhkan space yang besar. Apalagi kapasitas penumpang yang tinggi, sangat tepat dijadikan sebagai iklan commuter line.

KRL commuter line mempunyai misi mengutamakan keselamatan, kenyamanan, pelayanan, dan ketepatan waktu. Disamping itu, berwawasan lingkungan juga menjadi targetnya.

Commuter line sebagai penunjang lini bisnis utama. Maka dari itu, mengusahakan sarana dan prasarana serta produk lainnya sebagai media iklan.

Fakta KRL Jabodetabek

Para pengguna moda KRL commuter line Jabodetabek tentu sudah tidak merasa asing lagi akan iklan yang bertebaran. Produk-produk yang telah masuk mempunyai penilaian jika pengguna commuter line sangat banyak, bahkan mencapai ratusan ribu orang tiap harinya.

Fasilitas yang terdapat di stasiun sangat lengkap. Antara lain toilet, parkiran luas, ATM center, ruangan menyusui, dan charge gratis. Selain itu, ada mushola, mini market, coffee shop, cafe, resto, dan bakery.

Rute KRL 70 stasiun operasional seperti Bogor, Jakarta, Bekasi, Tangerang, Tanjung Priok, dan lainnya. Jumlah penumpang pada hari kerja 800 ribu. Sementara akhir minggu mencapai 700 ribu penumpang. Sehingga sangat cocok bila beriklan di stasiun atau iklan commuter line.

Iklan di luar maupun dalam kereta menjadi pilihan tepat. Berbagai kenyamanan yang terus dilakukan membuat para produsen banyak menggunakan commuter line untuk target sasaran iklan.

Banyaknya Pengguna Commuter Line

Perkembangan tuntutan masyarakat akan transportasi dapat diandalkan dan efektif. Maka KRL telah menjadi primadona transportasi masyarakat di wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari.

Jumlah penumpang KRL terus meningkat dengan pesat. Hingga saat ini telah mencapai 800 ribu per hari. Bahkan jumlah tersebut diproyeksikan akan terus mengalami penambahan sampai 1,2 juta tiap harinya. Hal tersebut membuat iklan commuter line lebih efektif. Karena akan banyak orang yang memperhatikannya.

Pengguna commuter line yang mencapai hingga ratusan ribu tiap harinya sesuai dengan target pasar. Sehingga iklan suatu produk atau jasa kemungkinan dapat tersampaikan secara tepat. Dengan demikian, iklan lebih efisien dan efektif.

Lebih menariknya lagi, iklan commuter line mempunyai unsur kreativitas yang sangat kental. Mulai dari poster dinding hingga layar yang tergantung di langit-langit gerbong.

Spot Iklan Variatif

Desain iklan di KRL sangat kreatif. Selain itu, penempatannya di lokasi yang strategis. Sehingga akan banyak mata yang melihatnya. Iklan commuter line pada body wrapping dengan ukuran 2000 cm x 360 cm, 2 muka (2 spot) memakai material sticker vinyl.

Pada iklan ini sangat aman, karena pada kaca kereta bebas dari stiker. Hand grip ukuran 10 cm x 10 cm, 2 muka (80 spot) memakai material approval needed. Kemudian ada wall branding ukuran 45 cm x 80 cm (16 spot), material sticker vinyl.

Selain itu, terdapat ceiling panel berukuran 170 cm x 27 cm (14 spot), material sticker vinyl, dan infra board. Lalu pada standing panel juga tidak luput sebagai tempat iklan commuter line dengan ukuran 0,66 mx 0,49 m (16 spot) sticker vinyl. Setelah itu, pada cover seat berupa print fabric berukuran 1,30 m x 1,79 m.

Interior door kereta bisa digunakan untuk beriklan dengan material sticker vinyl. Ukurannya 1,3 m x 1,81 m (8 spot). Dengan catatan kaca bebas dari sticker demi keselamatan dan keamanan. Selanjutnya pada hangling alley ukuran 100 cm x 27 cm, 2 muka (16 spot) dengan material sticker vinyl dan mica film.

Iklan yang terakhir menggunakan LED Digital Alley. Ukurannya 98 cm x 27 cm. Terdapat 924 layar dan total spot 1224 setiap harinya. Waktu menyala mulai pukul 5 pagi hingga 10 malam. Untuk video format MP4 H.264 Frame Rate 25fps. Selain itu, ada Audio Format/Codec: AAC 48 khz 16 bit STEREO.

Iklan commuter line sangat menguntungkan karena begitu kreatif. Selain itu, mempunyai spot strategis di berbagai tempat. Banyaknya pengguna KRL Jabodetabek yang mencapai ratusan ribu per hari menjadi target pasar yang tepat, sehingga banyak produk dan jasa yang berlomba-lomba beriklan di commuter line.

Bila anda ada keperluan untuk beriklan di dalam commuter line, jangan ragu untuk hubungi kami atau whatsapp di 08111 -24 -0116. Kami akan memberikan penawaran terbaik untuk anda beriklan di commuter line.