Rebound Ads
Iklan Dalam Games Jadi Solusi Efektif Promosi Virtual Masa Pandemi

Iklan Dalam Games Jadi Solusi Efektif Promosi Virtual Masa Pandemi

10 Jun 2021

Iklan dalam games semakin hari menjadi pilihan yang cukup efektif. Hal ini bermula ketika maraknya penggunaan game pada semua kalangan, baik dari anak-anak hingga orang dewasa.

Tidak adanya batasan umur inilah yang menjadi pemicu utamanya. Apalagi produk bermerek yang mampu membayar dengan jumlah tidak sedikit ini akan membawa resolusi ekonomi digital.

Sama seperti dampak perkembangan positif dunia digital. Maka tidak salah jika kita mulai mendalami dunia game dan prospek kedepannya.

Saat kita tahu seluk-beluknya, maka akan memahami bagaimana meraup keuntungannya. Sama seperti pasangan iklan game ini.

Hadirnya Iklan Dalam Games Jadi Pertimbangan

Ketika game seluler atau permainan yang bisa diakses dengan smartphone secara mudah, maka akan ada yang tetap mengikutinya seperti halnya iklan berbayar dalam platform lainnya.

Semakin banyak penggunanya, maka juga akan semakin banyak yang berseliweran. Berawal dari iden ad Execs yang berimajinasi bahwa iklan dunia nyata masuk dunia game.

Grand Theft Auto pun mencoba merealisasikannya dengan menggunakan program yang cukup serius. Penempatan iklan dalam billboard game, halte bus, gudang sampah, mural, etalase generik, atau power up.

Pemasangan iklan dalam billboard ini bisa menggunakan visual seperti kartun. Hanya saja, pembeliannya secara digital bisa menargetkan secara langsung, dalam laporan minoritas berbeda dengan OOH (out-of-home).

Jadi Apa Itu OOH?

Out-of-home sendiri merupakan kepanjangan dari OOH. Memiliki maksud dari iklan luar ruang yang tidak selalu terbatas.

Menggunakan teknologi secara digital dengan inovasi yang semakin luas. Masuk dalam digital billboard, vehicle advertising, bahkan programmatic advertising.
Menggunakan kesempatan masa pandemi Covid-19 ini. Para penggerak teknologi saling memacu inovasi dalam dunia teknologi yang bersifat awam tadinya.

Memaksimalkan penggunaan setiap platform dengan menyisipkan iklan. Pada game salah satu yang banyak mendapatkan perhatian akhir-akhir ini.

Visi Untuk Kedepannya

Iklan dalam games ini kabarnya bisa menjadi kesempatan yang cukup baik. Bayangkan saja dengan pengguna game yang ada di seluruh dunia dan mengaksesnya setiap hari.

Menjadi salah satu media yang cukup komparatif, Samule Huber merupakan pendiri dan kepala eksekutif platform iklan in-pay. Pemasangan iklan dalam games yang awalnya diabaikan justru menjadi boomerang.

Lama-kelamaan mereka akan menyadari ini sebagai tantangan. Dengan bersama inventaris penerbit untuk mewujudkan permintaan pengiklanan.

Adopsi format IAB dan mengukur dampak dari Integral Ad Science. Iklan getaway membuat iklan yang pasar butuhkan dalam rangka menyesuaikan merek dengan game.

Hal ini sama saja mengoreksi saluran media dan mengembangkannya dalam format asli dengan visi kedepannya. Bergerak menuju perubahan baru yang semakin halus dan tidak terkesan seperti sedang mencari pasar.

Strategi Marketing

Jika menggunakan iklan dalam games tentu saja akan membuat sebagaimana produk bisa berbaur dalamnya. Maka hal ini menjadi titik adaptasi dan menyesuaikan yang cukup pelik, namun menantang.

Selain itu, jika misalnya sebuah game menggunakan suatu produk secara terprogram membelinya dalam permainannya, hal ini akan menunjukkan manfaat suatu produk.
Karakter dalam game ini akan menjadi influencer virtual. Dengan awal inilah, lama-kelamaan para pengguna game juga akan tertarik mencobanya.

Apalagi jika penggunaan dalam pertandingan esports yang ditayangkan secara publik luas. Akan banyak ribuan pasang mata yang ikut melihat dan mempertimbangkan untuk mencobanya sendiri.

Akan ada manfaat secara tidak langsung pada produk yang diiklankan. Minimal tujuan untuk melebarkan pasar dan meningkatkan eksistensi cukup berhasil.

Profit Suatu Produk

Iklan dalam games sendiri dapat merujuk suatu genre secara khusus. Game tidak menjadi permainan terakhir saat masih membangun.

Maka jika model bisnis menggunakan dunia 3D dan Metaverse akan ada realitas secara virtual. Terjadi pelatihan manufaktur dan edukasi pembelajaran pendidikan untuk berbagai produk iklan 3D.

Dengan saling mengembangkan dan menguntungkan, baik dari pihak penyedia dan penerima jasa. Semakin saling bahu-membahu melebarkan bisnis untuk era kedepannya.

Cheat Codes

Seorang direktur penjualan Adverty, Alex Ginn mengungkapkan mengenai dunia yang lurus antara merek dan orang. Maka akan perlunya data untuk melakukan efektivitas iklan dengan kode curang untuk pemain.

Jika iklan dalam menu dan permainan akan jelas, maka perlunya data dan wawasan yang cukup luas. Pastinya berpengaruh jika menempatkan iklan secara ngawur dan justru tidak efektif.

Para pengguna biasanya akan senang hati untuk menyimak iklan dalam games demi bermain secara gratis. Hal ini agaknya harus dimanfaatkan dengan baik bukan?

Memasang iklan dalam games bahkan memberikan 31% pengalaman pada pengguna secara positif. Menggunakan bahasa yang cenderung memberikan pengalaman ono-obsesif menghibur atau bersifat informatif.

Tingkat sensitivitas kontekstual menjadi hal yang penting. Maka menggunakan pengalaman dan tidak terlalu menonjolkan kesan produk, namun lebih kepada manfaat jangka panjang yang ada.

Contoh Sebelumnya

Dalam kampanye tahun 2020 sempat bekerja sama dengan sebuah agensi media bernama the7star. Promosi album milik Twenty One Pilots yang terbaru, menggunakan iklan OOH.

Distribusi ada FPS Critical Ops yang menargetkan sang rocker pria. Dengan menggunakan teknologi AI dan menjamin bahwa tayangan akan dilihat sepenuhnya.

Programmatic menjadi perwakilan menuju bisnis iklan yang lebih maju. Sedangkan mobile adalah mainstream dan mewakilkan peluang land-grant untuk merek.

Games

Pada permainan tidak terstruktur kabarnya memiliki ekosistem yang terbuka dalam perkiraan 202 juta pengguna. Sama seperti ketika sebuah platform iklan yang memungkinkan pengembang penayangan iklan dalam games secara sukses.

Samuel Drozdov sendiri merupakan kepala eksekutif pendiri Bloxbiz. Dalam platform pengembang iklan yang sukses bernama Roblox.

Ia terinspirasi membawakan beberapa game Fortnite ke pasaran. Setelah sebelumnya bekerja di Facebook untuk merancang alat analitik iklan, hingga akhirnya berpikir bagaimana membantu mereka menciptakan kehadiran dunia maya.

Maka Bloxbiz yang akan hadir untuk kebutuhan tersebut. Ketika pengguna akan lebih memahami bahwa game bukan hanya permainan namun memiliki jaringan sosial.

Peluang Konten

Iklan dalam games sendiri sangat efektif. Bahkan peluang konten bermerek dapat diwujudkan seorang desainer terkemuka dengan “KFC’s Animal Crossing Island”.

Karena penggunanya kebanyakan anak-anak, maka mereka tidak mengumpulkan data pribadi pemain. Dengan mendorong efektivitas tanpa kesulitan tambahan untuk navigasinya.

Lalu memanfaatkan peluang untuk berbagi suara yang tinggi. Sebelum semua orang berjuang menjangkau dari para audiens yang sama.

Game sendiri masih menjadi platform media yang dibentuk dan berkembang. Seperti film keluarga Roblox yang memiliki pengguna anak-anak asal Inggris sebanyak 1,5 juta.

Seperti sedang mengatasi ruang bawah tanah yang tidak mudah dan rumit. Penyedia game sendiri perlu untuk mengadopsi inventaris untuk alat dan taktik.

Iklan dalam games sejauh ini masih menjadi pilihan media buyer. Apalagi dalam masa pandemi Covid-19 seperti ini akan banyak sekali keuntungan lebih dari iklan virtual. Tidak melibatkan kontak langsung dan akses yang sedang naik daun pada pengguna game mobile.