Rebound Ads
Iklan digital kini tumpul. Benarkah ? 

Iklan digital kini tumpul. Benarkah ? 

19 Jun 2022

Dengan perkembangan dunia periklanan di Digital dan kebutuhan terhadap metode periklanan yang efekttif memunculkan inovasi inovasi dalam beriklan. 

di dunia digital dapat kita temui metode tracking terhadap perilaku pengguna yang dapat merekam semua tindakan dan membuat kesimpulan untuk menciptakan “Audience Profiling” yang bisa digunakan oleh para pengiklan untuk mencari audience yang tepat. 

Dan ini berjalan dengan baik hingga tahun 2019 – 2020, perusahaan teknologi besar dunia, Apple Inc mengumumkan untuk tidak mengizinkan pihak ketiga melacak bagaimana pengguna Produk Apple menggunakan atau berselancar di dunia internet. 

Hal ini mengacu pada Hak Privasi pengguna yang diklaim dilanggar oleh para penyelenggara Platform Periklanan, seperti Google dan Facebook. 

Di Eropa pun sebagian besar masyarakat menolak untuk dilacak kegiatan mereka selama di Sosial media maupun di platform platform internet lainnya. Hasilnya hampir 70% pengguna produk Apple melakukan setting agar para aplikasi atau pembuat tracking code untuk tidak melacak kegiatan mereka di gadget tersebut. 

Dan langkah ini juga diumumkan oleh Raksasa teknologi, Google, yang juga akan mulai memberikan pilihan kepada para pengguna produk Google untuk mengatur agar kegiatan mereka tidak dilacak pada tahun 2023.

Akhirnya ini mengubah pola dan cara sebagian besar pengiklan digital. Platform Platform Iklan digital tersebut juga dengan cepat mengubah berbagai kebijakan terkait pelacakan. 

Apakah keputusan ini berpengaruh terhadap efektifitas iklan ? 

Ya.. ! 

Saat ini iklan digital yang semula mengunggulkan keterarahan iklan yang ditayangkan kepada audience, kini berangsur berkurang, karena tidak lagi tersedianya fitur pelacakan dan proiling berdasarkan kebiasaan pengguna yang mendalam. 

Pun begitu iklan digital masih bisa efektif jika kampanye kampanye iklan digital tersebut diarahkan kepada metode Narrowcasting, yang memang lebih mengarah kepada sebuah kumpulan user yang memeiliki kesamaan kebutuhan, minat dan demografi. 

Dan akan menjadi lebih mendapatkan exposure yang lebih kuat jika dibarengi dengan perikalanan Luar Ruang dan beberapa kegiatan brand activation yang dapat menciptakan interaksi langsung antara brand dan user serta menciptakan Citra Brand yang kuat di benak masyarakat. 

sebagai contoh, Mediamove menyediakan Layanan Komplit tersebut. Untuk anda brand brand Produk Minuman Kesehatan maupun olahraga. Mediamove menyediakan Platform Kampanye lengkap Mulai Dari periklanan Luar Ruang, Digital Marketing dan Brand Activation melalui program Bogor City of Runners. 

Program yang memiliki audience para pegiat Olahraga mulai dari kalangan umum dan atlit. 

penasaran dengan program Bogor City of Runners ? tunggu di artikel berikutnya ya.