Di era digital yang semakin maju, industri periklanan terus menciptakan inovasi kreatif untuk menarik perhatian konsumen. Salah satu perubahan dinamis dalam media periklanan yaitu industri Out of Home (OOH). Inovasi dalam OOH bertujuan untuk menyebarluaskan informasi suatu produk atau iklan tertentu kepada masyarakat melalui sebuah media yang penempatannya berada di luar rumah.
OOH atau banyak yang menyebutnya outdoor advertising kini melibatkan mobilitas masyarakat dan sudah marak menggunakan teknologi digital. Media iklan menggunakan digital billboard atau videotron lebih menarik perhatian konsumen daripada media iklan jaman dulu yang menggunakan baliho kertas atau poster. Penggunaan teknologi digital memungkinkan konten yang interaktif, sehingga terciptanya pengalaman imersif bagi konsumen.
Inovasi dalam OOH Ciptakan Iklan Kreatif
Digital Out of Home Advertising kini menjadi media iklan yang populer di berbagai instansi perusahaan. Media promosi iklan tersebut dapat meningkatkan eksistensi dan branding dari suatu perusahaan, sehingga menciptakan daya tarik yang tinggi. Sebab, selain sifatnya yang lebih fleksibel, juga dapat menjangkau target pasar lebih luas.
Perkembangan media dan strategi dalam dunia periklanan memerlukan perpaduan antara teknologi dengan kreativitas untuk menghasilkan pengaruh yang signifikan. Kreativitas media promosi luar ruang juga tidak hanya mengandalkan teknologi saja, melainkan tergantung pada konsep dan inovasinya. Beberapa penerapan inovasi dalam OOH untuk memikat perhatian konsumen antara lain:
1. Layar Digital
Salah satu inovasi terkini dalam industri periklanan adalah penggunaan media layar digital beresolusi tinggi, yang mampu menampilkan gambar, video, dan animasi dengan kualitas superior. Layar digital ini memungkinkan pembaruan konten secara real-time, menyesuaikan dengan data dan kondisi terkini.
Sehingga iklan dapat selalu relevan dan menarik. Dengan keunggulan visual yang tajam dan konten yang orisinal, iklan yang ditampilkan di ruang publik menjadi lebih efektif dalam menarik perhatian audiens, meningkatkan keterlibatan, dan memperkuat citra merek.
2. Programmatic Advertising
Programmatic advertising menjadi salah satu terobosan baru dalam dunia pemasaran digital. Media ini menggunakan sistem pemrograman dan otomatisasi guna mengoptimalkan pengelolaan mengenai pembelian ruang iklan secara real-time. Adanya sistem otomatisasi ini lebih efektif dibandingkan dengan sistem sebelumnya, yang mana memerlukan proses perencanaan secara manual dan memerlukan waktu lama.
Tidak hanya itu, periklanan digital dapat memanfaatkan perangkat lunak dengan sistem analitik. Sistem ini dapat mengukur engagement suatu iklan dengan sasaran audiens. Sehingga pengiklan dapat melakukan pemantauan terhadap data penayangan, interaksi, dan segmen pasarnya.
Penayangan iklan yang potensial kepada konsumen yaitu memanfaatkan preferensi, algoritma yang canggih, serta data demografis. Hal ini tidak hanya meningkatkan efektivitas dan efisiensi periklanan, tetapi juga mencapai sasaran atau target konsumen yang tepat. Kelebihan lainnya seperti lebih menghemat anggaran pemasaran, hingga dapat meningkatkan Return on Investment atau probabilitas dalam investasi.
3. Instalasi Rumah Stylish
Saat ini banyak affiliate marketing yang mengincar media pemasaran efektif melalui berbagai layanan inovasi dalam OOH. Di Indonesia sudah banyak penyedia layanan OOH Advertising yang berkolaborasi dengan berbagai mitra perusahaan besar. Kolaborasi tersebut menciptakan sebuah terobosan baru dalam dunia periklanan dan menghasilkan inovasi berupa Instalasi Rumah Stylish yang terpajang di tempat umum.
Rancangan Instalasi Rumah Stylish yaitu dengan memberikan pengalaman visual yang unik dalam kampanye pemasaran. Inspirasi desainnya bermacam-macam, salah satu contohnya yaitu ide desain ruangan rumah yang terdiri dari ruang tamu, kamar, ruang makan, dapur, dan lain sebagainya. Untuk menciptakan visual yang unik dan menarik perhatian konsumen, maka dapat membuat desain instalasi yang modern, stylish, dan colorful.
Efektivitas Digital Out of Home Advertising
Penggunaan media iklan digital sebagai metode pemasaran yang kreatif dan inovatif dapat secara signifikan meningkatkan efektivitas penyampaian informasi. Dengan visual yang menarik dan konten yang dinamis, media ini mampu menarik perhatian audiens dengan lebih baik.
Untuk mencapai target pemasaran yang maksimal, perlu strategi yang matang, seperti otomatisasi konten berdasarkan lokasi, waktu, dan kondisi cuaca. Pendekatan ini memastikan bahwa pesan yang disampaikan selalu relevan dan tepat sasaran, meningkatkan peluang untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam kampanye pemasaran.
Misalnya ketika musim kemarau dan cuaca sedang panas, maka kondisi tersebut merupakan waktu yang tepat untuk menampilkan iklan minuman dingin. Begitu juga dengan berbagai keadaan lainnya yang secara otomatis sesuai dengan setting perangkat otomatisasi. Sehingga, dengan kemampuan tersebut iklan bersifat lebih responsif dan relevan bagi konsumen.
OOH Advertising bisa menghadirkan layanan pesan singkat dengan memanfaatkan teknologi scan barcode yang dapat menciptakan interaksi antara pengiklan dengan konsumen. Media iklan dengan layar digital yang dilengkapi sensor wajah juga merupakan strategi periklanan dengan memanfaatkan teknologi. Pemanfaatan media tersebut juga dapat memastikan bahwa iklan bisa relevan dengan sasaran audiens.
Inovasi dalam OOH mencerminkan perubahan besar terhadap strategi interaksi dengan dunia luar. Dalam rangka menyongsong era digital namun tetap ramah lingkungan, pentingnya menggunakan bahan yang hemat konsumsi energi. Sehingga, pemanfaatan teknologi terbaru dengan pendekatan kreatif dapat memperluas dampak pemasaran yang efektif dan dinamis bagi konsumen.