Rebound Ads
Inspiratif Banget! Strategi Kreatif Kampanye Iklan Ramadhan di Billboard

Inspiratif Banget! Strategi Kreatif Kampanye Iklan Ramadhan di Billboard

27 Mar 2023

Ramadhan tidak hanya menjadi bulan yang dimanfaatkan oleh umat Muslim untuk mencari pahala dan amal kebaikan saja. Akan tetapi, juga menjadi bulan yang spesial bagi para pemilik bisnis. Pasalnya, konsumen memiliki karakteristik yang berbeda bila Anda bandingkan dengan bulan-bulan biasanya. Untuk itulah, penting dalam membangun strategi kreatif kampanye iklan Ramadhan untuk menarik perhatian konsumen.

Inspiratif Banget! Strategi Kreatif Kampanye Iklan Ramadhan di Billboard

Contoh Strategi Kreatif Kampanye Iklan Ramadhan

Salah satu contoh strategi iklan di bulan Ramadhan yang sangat kreatif dan inspiratif yakni billboard Ramadhan dengan mengumandangkan adzan sholat dan berbuka puasa. Billboard tersebut tidak hanya memperlihatkan produk iklan Ramadhan saja.

Akan tetapi, juga disertai dengan penunjuk waktu maupun mengumandangkan adzan. Baik itu adzan ketika memasuki waktu sholat Subuh, sholat Dzuhur, sholat Ashar, sholat Maghrib, hingga sholat Isya.

Tak hanya menjadi ide iklan luar ruangan yang brilian, tetapi juga memberikan banyak manfaat kepada calon konsumen maupun pengguna jalan. Dengan billboard tersebut, pengendara atau pengguna jalan tidak perlu khawatir melewatkan waktu berbuka puasa ketika masih berada di jalan.

Selain mengingatkan pengendara untuk berbuka puasa, juga mengingatkan pengguna jalan untuk melaksanakan sholat tepat pada waktunya. Menariknya lagi, billboard tersebut akan mengeluarkan suara adzan yang cukup keras karena dilengkapi dengan speaker. Sehingga, pengendara bisa mendengarnya dengan jelas.

Untuk membuat dan menerapkan strategi kreatif kampanye iklan ramadhan semacam ini, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan target pasar. Misalnya saja, pemilihan warna yang tepat, seperti hijau dan biru yang mendominasi. Kemudian, memilih huruf dan angka yang jelas, supaya orang-orang bisa melihat informasi yang bisnis Anda sampaikan. Pilih tempat yang aman dan strategis, supaya tepat sasaran.

Mencakup Perilaku Konsumen Ketika Bulan Ramadhan

Strategi kreatif kampanye iklan Ramadhan di billboard tersebut sangat efektif, karena mampu mencakup semua perilaku konsumen, yakni suka berbelanja hingga rajin beribadah.

Iklan yang mampu memahami perilaku dan kebutuhan konsumen saat bulan Ramadhan, maka akan berdampak pada pengaruh brand awareness produk atau jasa tersebut.

Untuk itulah, langkah utama dalam menerapkan strategi kreatif kampanye iklan Ramadhan, yakni dengan mengetahui perilaku konsumen. Dengan begitu, strategi kreatif yang Anda targetkan, bisa tepat sasaran.

1. Lebih Suka Belanja

Perilaku konsumen pertama kali yang mesti Anda pahami yakni lebih banyak belanja. Di bulan Ramadhan, masyarakat akan menghabiskan cukup banyak uang untuk berbelanja.

Umumnya, barang atau produk yang masyarakat beli untuk memenuhi kebutuhan Ramdhan. Baik itu untuk sahur, berbuka puasa, sedekah, dan lain sebagainya. Apalagi, pada bulan ini pula, orang-orang cenderung menyiapkan budget lebih untuk belanja.

Mengingat perilaku konsumen yang suka belanja, cobalah Anda memberikan banyak promo dan penawaran menarik kepada konsumen. Sehingga, konsumen memiliki minat yang tinggi untuk membeli kebutuhan di toko Anda.

Cara lainnya, Anda bisa menerapkan strategi kreatif kampanye iklan Ramadhan untuk menguatkan brand awareness dengan memanfaatkan berbagai macam media iklan. Misalnya saja media sosial seperti Instagram, TikTok, WhatsApp, dan media sosial lainnya.

Anda juga bisa memanfaatkan media iklan luar ruangan yang efektif seperti billboard. Pada billboard tersebut, Anda bisa memberikan informasi, penawaran, maupun promo produk yang berpotensi dan paling dicari saat bulan Ramadhan.

2. Lebih Rajin Ibadah dan Dermawan

Perilaku konsumen saat bulan Ramadhan lainnya yakni lebih rajin beribadah dan dermawan. Seperti yang sudah disinggung di awal, bulan Ramadhan merupakan bulan yang dimanfaatkan oleh orang-orang untuk mengumpulkan banyak pahala dengan rajin beribadah. 

Sebagai pelaku bisnis atau pengiklan, harus pandai-pandai memanfaatkan kesempatan ini. Ada baiknya untuk membuat strategi kreatif kampanye bulan Ramadhan yang relevan dengan perubahan perilaku masyarakat tersebut. 

Anda bisa mencari strategi iklan yang tidak hanya menawarkan produk saja. Akan tetapi, juga dapat mengajak konsumen untuk meningkatkan amal ibadah mereka. 

3. Menjadi Lebih Dekat dan Akrab

Bulan Ramadhan juga sangat identik dengan kebersamaan keluarga. Pada bulan ini, orang-orang lebih suka menghabiskan waktu dengan keluarga maupun orang-orang terdekat. 

Untuk memanfaatkan peluang ini, Anda bisa membuat strategi pengiklanan dengan menambahkan unsur kekeluargaan. Misalnya saja, Anda memasang iklan dengan billboard di jalan maupun jenis OOH lainnya di tempat umum, jalan dan lain sebagainya. 

Kemudian, Anda bisa menambahkannya dengan figur orang tua dan anak di dalam desain iklan tersebut. Atau, Anda juga bisa menambahkan quote yang berkaitan dengan kebersamaan, keluarga, maupun silaturahmi. 

Pentingnya Strategi Kreatif Kampanye Iklan Ramadhan

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia beragama muslim. Itu artinya, banyak orang yang merayakan bulan suci Ramadhan. 

Karena momen yang sangat baik dan hanya berlangsung satu bulan dalam setahun, masyarakat seringkali mengisinya dengan berbagai macam kegiatan. Hal inilah yang perlu dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk membuat strategi kreatif kampanye iklan Ramadhan guna meningkatkan brand awareness produk maupun jasa melalui pengiklanan.