Reklame jenis billboard termasuk salah satu media periklanan outdoor yang paling banyak digunakan. Fungsinya mencakup media promosi dan media penyebaran informasi yang memudahkan khalayak luas mengenali produk atau mengetahui informasi penting. Jenisnya cukup banyak, berkat teknologi modern membuat papan iklan ini semakin canggih. Seperti interaktif billboard dari FIAT membantu parkirpara pengunjung.
FIAT bersama Leo Burnett membuat papan iklan di Jerman yang memberikan informasi waktu kepada para pengunjung tentang seberapa jauh mereka dapat mencadangkan. Billboard ini menggunakan perangkat lunak khusus, sensor, dan pilihan segmen video pemberi saran agar tidak saling menabrak kendaraan lain.
Teknologi Interaktif Billboard dari FIAT Membantu Parkir
Kemajuan teknologi dan penemuan saat ini seakan tak dapat dibendung. Setiap saat dapat muncul penemuan baru penuh inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Seperti yang terjadi pada billboard, papan iklan untuk media promosi dan informasi ini telah mengalami banyak perubahan dari segi tampilan dan kegunaan.
Tak hanya berbentuk poster tulisan dan foto, sekarang kita dapat menemukan billboard interaktif yang membantu parkir. Temuan ini tentu sungguh luar biasa bermanfaat memberikan panduan kepada pengunjung yang ingin memarkirkan kendaraannya. Dengan mengintegrasikan sebuah teknologi, billboard bisa menjadi interaktif.
FIAT bersama Leo Burnett telah menghadirkan sebuah inovasi billboard yang cukup menarik. Melalui papan iklan ini, diharapkan para pemasang iklan bisa mengetahui seberapa efektif iklan yang ditayangkan.
Contoh Interaktif Billboard Lain yang Menarik Seperti FIAT
Billboard memiliki ukuran yang besar dan mencolok, sehingga lebih mudah menarik perhatian target. Manfaat dari papan iklan ini adalah membidik target pasar tanpa ada batasan usia, hobi, pekerjaan, dan lainnya. Beberapa pihak bahkan menggunakan billboard untuk menyampaikan pesan yang berulang. Desain dari billboard mengalami perubahan seiring berkembangnya teknologi.
Kalau dulu hanya berupa animasi dan video, maka kini di era modern jauh lebih interaktif. Billboard yang sekarang lebih melibatkan interaksi dengan target audiens. Berikut beberapa contohnya.
Living Interaktif Billboard dari Tumbuhan dan Bunga
Sebuah billboard interaktif dibuat dari 800 bunga liar, muncul di pusat perbelanjaan Westfield London ini berhasil menarik perhatian publik. Lebih dari 14 spesies tanaman digunakan untuk membentuk papan iklan wine yang bisa memicu sistem penyiraman kabut semprot yang kemudian menyirami tanaman tersebut.
Interaktif Billboard Penerbangan London
Papan iklan dipasang di Piccadilly Circus London ini dibuat oleh Ogilvy 12th Floor. Para pejalan kaki dan pengendara dapat melihat informasi penerbangan yang melintasi langit London melalui layar billboard besar secara jelas. Mungkin sebelumnya banyak orang bertanya-tanya dari mana pesawat tersebut datang atau pergi. Hingga muncul papan iklan baru keren yang menampilkan informasi digital tentang pesawat yang lewat di atas kepala.
Billboard dengan Teknologi Augmented Reality
Di New York Time Square terdapat beberapa interaktif billboard yang menerapkan teknologi augmented reality. Ini dilakukan pada produk Tic Tac. Biasanya teknologi tersebut diaplikasikan pada game, namun kali ini sudah dijalankan pada papan iklan. Tidak tanggung-tanggung, tiga buah papan iklan langsung yang memakai teknologi ini. Billboard tersebut menjadi lebih interaktif karena dapat dikombinasikan dengan sistem operasi Android dan iOS.
Kemajuan teknologi yang semakin canggih akan membuat model teknologi billboard yang seperti ini lebih inovatif di masa depan. Bagi para pemasar, kami sarankan untuk segera memikirkan inovasi billboard masa depan yang berorientasi teknologi. Seperti interaktif billboard dari FIAT membantu parkir.