Rebound Ads
Jenis-Jenis Iklan Luar Ruangan yang Sering Digunakan

Jenis-Jenis Iklan Luar Ruangan yang Sering Digunakan

6 Feb 2023

Jika Anda sering melihat papan besar yang di dalamnya berisi konten iklan di pinggir jalan, maka itu adalah salah satu contoh sederhana dari praktik iklan OOH Advertising atau Out of Home Advertising.

Tujuan dari penggunaan atau pemasangan iklan luar ruangan, yakni untuk menyampaikan informasi, promosi, atau pesan suatu produk dan jasa kepada masyarakat.

Umumnya, iklan outdoor ini memiliki ukuran yang cukup besar dan dipasang di sejumlah tempat. Seperti pinggir jalan, depan mall, pagar tembok, gedung, dan tempat-tempat lainnya.

Jenis-Jenis Iklan Luar Ruangan yang Sering digunakan

Inilah Jenis-Jenis Iklan Luar Ruangan

Setidaknya, ada lima jenis iklan luar ruangan yang paling sering digunakan. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah pemaparannya.

1. Neon Box

Neon box merupakan suatu media luar ruang yang memanfaatkan media flexy backlite digital printing, cutting sticker, dan acrylic. Banyaknya pihak pengiklan yang menggunakan neon box sebagai media promosi dikarenakan pada malam hari neon box dapat menyala dan lebih menarik saat dilihat oleh masyarakat.

2. Poster

Berbicara mengenai jenis-jenis iklan luar ruangan, poster menjadi salah satunya. Poster merupakan desain grafis yang memuat huruf dan gambar, kemudian diaplikasikan pada media cetak seperti kertas.

Biasanya, pembuatan poster menggunakan gambar dan warna yang mencolok. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat supaya melihat dan membaca informasi yang terdapat dalam poster tersebut.

Selain itu, poster lebih sering Anda jumpai pada media datar. Seperti dinding, tembok, kaca, dan media datar lainnya. Namun, tak jarang pula poster terpampang di pohon hingga tiang listrik.

Tak sedikit perusahaan atau pebisnis menggunakan poster sebagai media promosi untuk menyampaikan, menginformasikan, dan menawarkan produk ataupun jasa kepada masyarakat. Tujuan poster sama dengan jenis iklan luar ruangan lainnya, yakni untuk kepentingan komersial.

Dengan poster, perusahaan bisa mendapatkan perhatian dan simpati dari masyarakat. Bahkan, poster dapat mempengaruhi siapa saja yang membacanya untuk membeli produk atau menggunakan jasa.

3. Billboard

Jenis-jenis iklan luar ruangan berikutnya yakni billboard. Billboard atau reklame luar ruangan hampir mirip dengan baliho.

Bedanya, billboard memiliki ukuran yang lebih besar dari baliho. Selain itu, materi iklan yang digunakan pada billboard merupakan iklan dengan format gambar bergerak atau dinamis.

Umumnya, masyarakat lebih mudah untuk mengenalinya, karena billboard menggunakan pencahayaan yang tajam, sehingga terlihat lebih kontras saat Anda lihat. Ada beberapa bagian billboard yang perlu Anda pahami. Antara lain, neon box, backlit, LED billboard, hingga frontlite.

4. Spanduk

Spanduk merupakan iklan luar ruangan yang memuat sebuah berita, informasi, slogan, hingga propaganda. Biasanya, spanduk terbuat dari kain rentang dan kemudian akan dibentangkan di sekitar jalan.

Spanduk dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk menginformasikan dan menawarkan event, produk, hingga jasa. Sehingga, menjadi salah satu jenis-jenis iklan luar ruangan yang cukup populer.

Selain itu, ada beragam manfaat lainnya yang bisa perusahaan dapatkan. Seperti membangun dan mempengaruhi citra perusahaan, menimbulkan kepercayaan masyarakat untuk membeli dan menggunakan produk ataupun jasa hingga membangun loyalitas para konsumen kepada perusahaan.

5. Videotron

Videotron merupakan jenis iklan outdoor yang menggunakan teknologi canggih untuk mempromosikan produk maupun jasa sebuah perusahaan. Tak heran, jika iklan luar ruangan ini memberikan dampak yang besar.

Sederhananya, videotron merupakan iklan outdoor yang mempromosikan produk atau jasa dalam bentuk video. Video tersebut akan diputar secara terus-menerus selama waktu tertentu.

Hal ini biasanya sesuai dengan kesepakatan pengguna iklan dan perusahaan iklan. Videotron sangat efektif, karena dapat membuat promosi on point kepada masyarakat.

Namun, supaya iklan tersebut mendapatkan banyak simpati dari masyarakat, pastikan untuk membuat konten yang unik, menarik, dan informatif. Story dan copy iklan yang baik, sangat dibutuhkan dalam pembuatan konten video. Dengan begitu, orang-orang tidak akan mengabaikannya.

Iklan luar ruangan memang menjadi pilihan yang tepat bagi perusahaan Anda untuk melakukan promosi. Dengan adanya beragam pilihan iklan luar ruangan, Anda bisa semakin mudah dalam melakukan promosi.

Namun, pastikan Anda memilih salah satu jenis-jenis iklan luar ruangan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Selain meminimalisir kerugian, hal tersebut juga bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan media iklan untuk meraup keuntungan serta mengembangkan dan memajukan bisnis.