Industri OOH hadir untuk membantu para brand menyampaikan pesan kepada masyarakat luas secara mendalam dengan metode visual atraktif. Semakin atraktif suatu iklan, maka semakin mudah mendapatkan perhatian publik. Selain itu, pesan persuasif lebih mudah sampai hingga benak setiap orang yang melihat iklan tersebut.
Industri media promosi tersebut menawarkan pembuatan periklanan unik yang bisa membuat siapapun menuangkan kreativitas mereka. Terlebih saat ini Out of Home (OOH) telah bangkit dan menyulap dirinya menjadi berbasis digital. Seakan menjadi angin segar untuk investasi kejayaan brand bisnis, perusahaan pun tidak mau ketinggalan menggunakan iklan OOH advertising.
5 Layanan Cerdasnya, Buat Bisnis Makin Berjaya
OOH adalah kependekan dari Out of Home. Tak berbeda jauh dari namanya, OOH merupakan media periklanan visual yang biasa Anda jumpai di luar rumah, seperti papan reklame, iklan yang ditempel di tempat-tempat umum, atau iklan di furniture jalanan. Biasanya, OOH berukuran cukup besar supaya mudah terlihat.
Lantas, sepenting apa sih OOH advertising saat ini? Bukankan metode iklan digital lebih booming saat ini?
Meskipun metode iklan digital, seperti Facebook dan Google kian banyak peminatnya, namun tetap saja memasarkan brand dengan metode konvensional menjadi pilihan beriklan terbaik dan penting.
Belum lagi saking banyaknya iklan digital justru membuat pembeli media merasa tertekan. Ini membuat beberapa pengguna justru melakukan pemblokir iklan secara luas.
Mirisnya, ada yang mengabaikan iklan dan lebih memilih membombardirnya sehingga kesulitan tampil di halaman teratas. Jika demikian, kecil kemungkinan iklan tersebut akan dilihat pengunjung.
Memiliki dari 2 hal tadi, jelaslah bahwa metode pengiklanan konvensional tetap menjadi andalan. Tanpa khawatir ada pemblokiran, metode periklanan tertua tersebut tetap saja berjaya saat ini.
Berikut merupakan jenis layanan yang tersedia di industri OOH yang akan membantu melebarkan bisnis Anda.
Display
Point of sale display merupakan jenis OOH yang umumnya Anda temukan di dekat bagian kasir atau pintu keluar suatu toko. Area tersebut menjadi titik paling efektif untuk memasang iklan.
Pemasangan display di dekat bagian kasir memiliki peluang besar agar pembeli mengamati iklan tersebut ketika mengantri di kasir. Saat berada di barisan antrian inilah pembeli akan termotivasi untuk membaca iklan sampai selesai.
Sedangkan pemasangan display di area pintu keluar akan memusatkan perhatian para pengunjung sehingga meningkatkan level pembelian impulsif ketika mereka beranjak meninggalkan toko.
Billboard atau baliho
Billboard juga menjadi layanan industri OOH yang memiliki banyak peminat dan menjadi salah satu media periklanan cetak dengan skala besar.
Meski media iklan digital semakin marak saat ini pun, billboard masih menjadi andalan perusahaan besar. Terlebih saat ini billboard tampil berbasis digital.
Tujuan pembuatan billboard tak lain adalah jelas untuk menyampaikan pesan mengenai suatu produk atau jasa. Bahkan seiring berjalannya waktu, ada beberapa individu memanfaatkan billboard sebagai media untuk mendongkrak karir dan popularitas.
Penempatan billboard ada di lokasi ramai pengunjung dan terpampang jelas sehingga kemungkinan besar akan mendapat perhatian dari orang di sekitar keramaian tersebut.
Bila memilih billboard sebagai media marketing, pastikan di lokasi ramai. Misalnya area jalan rawan macet. Sembari menunggu lalu lintas lancar, besar kemungkinan pengguna jalan raya akan menghabiskan waktu mereka pada billboard yang terpampang di kanan kiri jalan.
Banner
Pada dasarnya, fungsi media visual marketing yang satu ini sama dengan kedua produk industri OOH pada ulasan sebelumnya, yakni mempublikasikan sekaligus menawarkan sesuatu. Lokasi yang menjadi tempat pemasangan banner adalah area pintu masuk toko, pintu masuk ruang seminar, atau pintu kantor. Penyajian banner dalam berbagai ukuran.
Iklan pada Transportasi Umum
Ternyata bodi kendaraan umum tak luput menjadi tempat pemasangan iklan OOH. Biasanya wujud iklan tersebut berupa stiker atraktif. Penempatan stiker ada pada seluruh bagian kendaraan hingga kaca belakang.
Stiker atraktif pada transportasi umum ini lebih efektif dan efisien. Ini karena iklan tersebut tidak hanya mencuri perhatian para penumpang saja, namun pengendara lain yang sedang terjebak macet atau menunggu lampu hingga menyala hijau.
Iklan di Sarana Umum
Selain transportasi umum, pemasangan iklan pada sarana umum juga menjadi tempat berpotensi baik untuk memasang iklan. Bila memperhatikan dengan seksama, maka ada kesamaan antara iklan yang terpasang di sarana umum dengan billboard. Perbedaannya hanya pada cara penempatan serta letak dan posisinya.
Ingin mengandalkan industri OOH supaya usaha digital marketing Anda mampu menjangkau massa? Pastikan Anda mendapatkan penyedia jasa OOH advertising terpercaya. Pilih mana produk layanan iklan mana yang menurut Anda paling efektif. Hal ini demi kesuksesan bisnis milik Anda supaya tetap tangguh menghadapi persaingan bisnis yang semakin hari semakin sengit. Ingatlah selalu bahwa OOH merupakan trik beriklan yang penting.