Siapa yang tidak kenal dengan club Manchester City? Club sepak bola kelas dunia ini selalu saja menyita perhatian publik, terutama para penggemarnya.
Bagaimana tidak, belum lama ini santer terdengar, club sepak bola asal Inggris tersebut menyambangi Tokyo, Jepang.
Bersamaan dengan kedatangan Manchester City ke Tokyo, bus-bus dengan hologram dan layar raksasa di tengah kota yang memperlihatkan tim tersebut menjadi panorama luar biasa.
Futuristik Club Manchester City di Tokyo, Jepang
Seperti yang kita tahu, Manchester City berhasil menorehkan sejarah dengan mengangkat Liga Premier, Piala FA, hingga Liga Champions.
Pencapain mengesankan inilah, yang membuat mereka memulai pramusim untuk meraih lebih banyak kejayaan. The Citizens telah bersiap untuk musim 2023-2024 dan mulai mempersiapkan tur Asia.
Karena itulah, Manchester City datang ke Tokyo, Jepang. Dimana, mereka tinggal selama satu minggu.
Jepang dan Korea Selatan akan menjadi dua negara yang Manchester City kunjungi dalam tur Asia pramusim mereka. Hal ini akan mempertemukan mereka dengan Yokohama F. Marinos, Bayern Munich dan Atlético de Madrid.
Bus-Bus dengan Hologram dan Layar Raksasa di Tengah Kota Tokyo, Jepang
Ada satu hal menarik yang membuat kedatangan Manchester City ke Tokyo, Jepang terasa begitu berbeda. Ketika mendarat di tanah Jepang, mereka mendapatkan sambutan yang futuristik.
Bus-bus dengan hologram dan layar berukuran raksasa terpampang nyata di tengah kota. Hal ini menjadi pemandangan yang ditemukan oleh para pemain sepak bola asal Inggris tersebut.
Tampilan hologram ini, membuat mereka seperti melakukan perjalanan waktu ke masa depan. Seolah-seolah saat ini mereka tengah berada di pertengahan tahun 2050. Para fans Jepang tergila-gila melihat delegasi Manchester City melewati pusat kota Tokyo.
Manchester City akan menghabiskan waktu selama beberapa hari, setelah itu melakukan perjalanan ke Seoul. Berbeda saat di Tokyo, kedatangan club Manchester City ke Seoul hanya berlangsung selama tiga hari.
Pada 26 Juli 2023, Manchester City menghadapi Bayern di Stadion Nasional Jepang. Selanjutnya, mereka akan bertanding melawan Atletico de Madrid pada 30 Juli di Stadion Piala Dunia di Seoul.
Hologram sebagai Masa Depan Media Iklan Luar Ruangan
Hologram merupakan sebuah teknologi fotografer, yang dapat merekam cahaya tersebar dari sebuah objek. Setelah itu, akan disajikan ke dalam bentuk tiga dimensi.
Bentuk tiga dimensi ini dapat kita lihat hingga 360 derajat. Bahkan bisa bergerak dengan animasi suara, sehingga mampu menyampaikan informasi dengan sangat baik secara realtime.
Penggunaan hologram dalam kehidupan sehari-hari, memberikan pengaruh yang sangat besar. Mulai dari pemetaan militer, tempat penyimpan informasi, sebagai media pembelajaran, dunia kesehatan, bidang engineering, bidang seni hingga bidang keamanan.
Seiring dengan perkembangan teknologi yang terjadi, pemanfaatan hologram mulai merambah ke bidang periklanan dan pemasaran. Keberadaan hologram mengubah masa depan media iklan luar ruangan.
Sebelumnya, beberapa perusahaan telah menampilkan hologram di pameran elektronik Las Vegas. Inovasi ini disebut-sebut sebagai revolusi dalam industri papan iklan.
Kini, kota Tokyo turut membuktikan keefektivitasan hologram sebagai media luar ruangan. Bahkan, berhasil mendulang banyak simpati dari masyarakat. Tidak hanya masyarakat Tokyo saja, melainkan memberikan dampak secara global.
Dengan adanya terobosan ini, media luar ruangan tidak hanya berfokus pada baliho dua dimensi saja. Selain itu, teknologi hologram bisa memberikan nafas segar bagi kemajuan media luar ruang di tengah-tengah gempuran era digital seperti sekarang ini.
Antusias Khalayak Ramai Terhadap Hologram Club Manchester City
Pajangan yang digambarkan sebagai hologram oleh club tersebut, memang sangat menakjubkan. Tak heran, jika timbul banyak pertanyaan dari khalayak ramai. Apakah itu nyata atau palsu.
Hologram ini memiliki kecerahan yang tinggi. Sebagian orang merasa tidak percaya dengan apa yang mereka lihat. Bagaimana sebuah hologram dalam panjangan berukuran sangat besar bisa terpampang dengan aman.
Video pajangan hologram berukuran raksasa berbentuk kartu remi ini, telah tersebar di berbagai media sosial. Dalam setiap hologram berbentuk remi tersebut memperlihatkan wajah-wajah para pemain Manchester City.
Para warganet pun berbondong-bondong memberikan komentar dan tanggapan mereka. Video vertikal hologram bus wisata yang diposting di Twitter, telah ditonton hampir 10 juta kali dalam waktu beberapa hari saja. Sementara itu, pada postingan video TikTok telah menarik setengah juta like.
Kita bisa menilai sendiri apakah tampilan tersebut merupakan pencapaian teknis acara langsung yang luar biasa atau trik AR cerdas yang dibuat melalui smartphone.
Club Manchester City yang hadir di Tokyo dalam bentuk hologram ini tidak hanya memberikan kejutan untuk para pecinta bola saja. Melainkan, bisa menjadi inspirasi bagi para pebisnis untuk meniru inovasi tersebut sebagai media pemasaran maupun iklan luar ruangan. Dengan begitu, dapat semakin menarik minat dan antusias masyarakat untuk membeli produk maupun menggunakan jasa yang ditawarkan.