Rebound Ads
Manfaat Menggunakan Billboard Dibandingkan Media Iklan Lainnya

Manfaat Menggunakan Billboard Dibandingkan Media Iklan Lainnya

13 Agu 2021

Billboard merupakan salah satu media iklan yang berbentuk papan. Pada umumnya memiliki ukuran yang besar dengan desain berupa gambar dan tulisan. Manfaat billboard sebagai media iklan yang mampu menarik perhatian khalayak umum, karena pada umumnya dipasang di lokasi yang strategis.

Kebanyakan billboard terpasangi di pinggir jalan, sudut jalan utama, dan persimpangan jalan yang ramai. Bentuk billboard berupa poster dengan ukuran yang besar, kemudian diletakkan ditempat yang tinggi dan banyak orang yang melintas.

Manfaat Billboard sebagai Media Iklan

Di era yang semakin modern seperti saat ini, desain billboard dirancang dengan desain teknologi mutakhir. Rancangan desain menggunakan komputer dan mencetaknya dengan kertas vinyl. Selain itu, manfaat billboard dalam hal cakupan pasar lebih luas.

Iklan menggunakan media billboard memang cakupannya lebih luas, namun dari segi biaya cukup mahal atau merogoh kantong lebih dalam. Akan tetapi, media yang satu ini lebih efektif daripada lainnya.

Manfaat billboard yang paling utama adalah sebagai media iklan atau alat komunikasi dari produsen ke konsumen. Dengan demikian mereka atau produk baru akan lebih mudah untuk memperkenalkannya kepada pembeli. Selain itu, dapat meningkatkan citra perusahaan, baik itu untuk produk dan jasanya.

Bahkan pemanfaatan billboard sebagai media promosi produk atau informasi lainnya bisa secara individu, jasa, lembaga, atau perusahaan. Billboard menjadi salah satu media komunikasi paling efektif antara pedagang dan pembeli.

Keuntungan menggunakan billboard selanjutnya adalah untuk menarik perhatian supaya pesan dapat diterima dengan baik. Jika pada iklan televisi biasanya antara 10 hingga 30 detik, namun pada billboard kebanyakan hanya 8 detik saja. Dengan begitu, mobil atau kendaraan lain yang bergerak cepat, masih dapat memperhatikan pesan tersebut.

Kelebihan Billboard

Billboard mempunyai ukuran yang besar dan mencolok. Sehingga akan lebih mudah menarik perhatian target. Karena terletak di luar ruangan, terutama di pinggir jalan yang ramai maka targetnya sangat luas.

Manfaat billboard akan membidik target pasar tanpa adanya pembatasan usia, pekerjaan, hobi, dan yang lainnya. Untuk menyampaikan pesan yang berulang, billboard menjadi media yang tepat.

Selain itu, cocok bila menggunakannya untuk branding merek atau produk. Bisa pula sebagai papan informasi yang dapat terlihat selama 24 jam dalam satu hari. Desain yang khas dan ukuran yang luas akan mudah menarik perhatian.

Jika banyak yang tertarik maka volume penjualan akan meningkat. Bahkan popularitas, citra produk, dan perusahaan akan meningkat pula. Lebih menariknya lagi, manfaat billboard bisa Anda gunakan untuk berbagai macam hal seperti kegiatan sosial atau penggalangan dana.

Disamping kelebihannya, billboard juga mempunyai beberapa kelemahan. Sehingga Anda dapat mempertimbangkan dengan matang pemanfaatan billboard sebagai media promosi, meningkatkan merek, citra, atau tujuan lain. Karena biaya untuk pemasangannya sangat tinggi.

Selain itu, desain dan ide cerita harus menarik supaya orang yang melihatnya mendapatkan banyak informasi. Kemudian billboard merupakan media iklan jangka pendek, bersifat pasif, dan tidak bisa menargetkan pasar tertentu.

Kemungkinan pengguna jalan hanya sedikit yang memahaminya, karena waktu melihat sangat singkat. Bahkan iklan ini tidak dapat memberikan umpan balik. Kemudian info yang diberikan sangat terbatas.

Perbedaan Billboard dan Baliho

Billboard sebuah papan pengumuman atau media pemberitahuan dalam bentuk papan besar. Pemasangan billboard di luar ruangan, terutama di pinggir jalan.

Desain dari billboard mengalami perubahan seiring berkembangnya teknologi. Zaman dulu desainnya berupa video dan animasi. Namun saat ini manfaat billboard untuk menayangkan iklan secara online dengan transformasi digital sebagai pengganti materi iklan.

Konstruksi billboard dapat berdiri sendiri memakai tiang atau dan menyatukannya secara permanen pada bangunan.

Konsrial untuk memasang billboard berupa kayu, logam, kain, kaca, plastik, kertas tahan air, dan layar datar LCD atau LED.

Sementara itu, baliho juga menjadi media iklan. Namun sifatnya semi permanen. Untuk itu, penggunaan bahannya menyesuaikan. Misalnya saja dari bambu, kayu, atau kain sablon.

Baliho merupakan media promosi yang bersifat jangka pendek atau cepat. Contohnya kampanye politik, pertandingan, konser, dan event.

Apabila pemasangan billboard tepat dan benar, maka akan memperoleh perhatian melebihi media konvensional lain. Untuk itu, sebaiknya menggunakan kata-kata yang menarik sehingga akan meninggalkan kesan yang mendalam.

Billboard mempunyai jenis yang beragam, seperti LED, painted bulletins, neon box kinetic board, poster panel, prisma text, dan lain sebagainya. Untuk ukurannya juga bervariasi, dapat terpasang secara vertikal maupun horizontal.

Pemasangan billboard yang efektif harus menyampaikan pesan secara jelas. Lokasi pemasangan tidak boleh terhalang oleh apa pun dan harus di tempat yang strategis, sehingga perlu melakukan pengujian lokasi sebelum menempatkannya. Untuk mendapatkan manfaat billboard secara optimal, sebaiknya menggunakan warna yang menarik, tipe huruf tebal, kata-kata jelas dan mudah dipahami.