Memanfaatkan media luar ruang merupakan salah satu keharusan bagi para pelaku bisnis. Pasalnya, media luar ruang memiliki peran yang sangat penting dalam strategi marketing.
Media luar ruang seringkali kita sebut sebagai OOH (Out of Home), iklan luar ruang, hingga media luar rumah. Fungsi utama dari media luar ruang yakni sebagai salah satu jenis iklan untuk memperkenalkan, memasarkan, dan menawarkan produk maupun jasa dari sebuah bisnis.
Target media luar ruang adalah orang-orang yang tengah berada di luar rumah. Umumnya, media luar ruang memiliki ukuran yang besar.
Selain itu, penempatan atau pemasangan media luar ruang berada di lokasi-lokasi yang strategis. Misalnya saja, pusat keramaian, pinggir jalan, hingga tempat-tempat khusus (gedung, pagar, bus kota, tembok, dan tempat khusus lainnya).
Ada banyak jenis media luar ruang yang bisa kita jumpai, seperti halnya billboard atau baliho, spanduk, poster, neon box, videotron, hingga wall painting.
Buttonscarves, Memanfaatkan Media Luar Ruang dengan Membuat Giant Pop-Up Berbentuk Tas
Banyak brand-brand asal Indonesia yang memanfaatkan media iklan tersebut untuk mengembangkan bisnis. Salah satunya adalah Buttonscarves.
Buttonscarves merupakan salah satu brand lokal Indonesia yang berhasil mencapai kesuksesan dengan menembus pasar internasional. Di tengah ketatnya persaingan bisnis, brand fashion tersebut mampu bertahan dan terus berkembang dengan mengusung konsep luxurious lifestyle product berupa produk utamanya scarf atau kerudung.
Buttonscarves pertama kali berdiri pada tahun 2016. Sebelum menjadi besar seperti sekarang ini, Buttonscarves mengawali bisnisnya dengan menawarkan dan menjual produk secara online melalui situs resminya, buttonscarves.com.
Karena permintaan pasar yang terus meningkat, Buttonscarves memberanikan diri untuk membuka toko fisik dan menjangkau pasar internasional. Saat ini, Buttonscarves telah mengekspor produknya hingga ke beberapa negara, seperti Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, dan beberapa negara lainnya.
Linda Anggreaningsih, selaku pemilik bisnis Buttonscarves telah melakukan beberapa strategi pemasaran untuk mengembangkan bisnis miliknya hingga berhasil menembus pasar internasional.
Beberapa diantaranya, melakukan analisis pasar, membuat produk universal, up to date dengan segala perubahan, produk fokus pada DNA merek, free shipping, KOL internasional, hingga mengelola keuangan bisnis.
Selain itu, Buttonscarves tak lupa memanfaatkan media luar ruang pula sebagai salah satu strategi bisnisnya.
Belum lama ini, Buttonscarves telah berpartisipasi dalam kegiatan New York Fashion Week: The Show, dengan membuat giant pop up berbentuk tas di Times Square, New York.
Giant Pop-Up Berbentuk Tas di Times Square, New York Berhasil Menyita Perhatian
New York Fashion Week: The Show merupakan salah satu ajang terbesar dalam industri mode dunia. Belum lama ini, ajang bergengsi tersebut diselenggarakan di jantung kota New York pada bulan Februari lalu.
Dalam rangka memeriahkan sekaligus sebagai langkah untuk menjangkau pasar global, dalam ajang tersebut Buttonscarves membuat giant pop up berbentuk tas di tengah Times Square.
Time Square sendiri merupakan salah satu lokasi pusat kemeriahan dan keramaian kota New York. Selain itu, juga menjadi salah satu destinasi wisata utama dari seluruh penjuru dunia.
Giant pop-up berbentuk tas tersebut memiliki ukuran tinggi lima meter dan lebar delapan meter dengan warna merah memukau. Instalasi tas raksasa itu diberi nama “Hold Me Bag”.
Hadirnya Hold Me Bag ini merupakan salah satu upaya untuk memanfaatkan media luar ruang sebagai rangka kampanye #ButtonscarvesGoesGlobal untuk melebarkan sayap ke kancah internasional.
Sebelumnya, Buttonscarves telah memanfaatkan OOH tersebut di Jakarta. Bahkan, giant pop-up berbentuk tas tersebut berhasil mengantongi rekor MURI sebagai Replika Tas Tangan Terbesar di Indonesia.
Harapannya, dengan hadirnya media luar ruang itu, Buttonscarves dapat menambah brand awareness serta memperkenalkan produk-produk Buttonscarves ke pasar yang lebih luas lagi.
Dampak Positif dari Media Luar Ruang
Sejatinya, media luar ruang memberikan dampak yang besar bagi perkembangan bisnis. Pasalnya, media luar ruang mampu memberikan pengaruh kepada masyarakat untuk tertarik membeli atau menggunakan produk maupun jasa yang ditawarkan.
Begitu pulalah yang dirasakan oleh Buttonscarves. Sejak tampil di NYFW dengan memperlihatkan giant pop-up berbentuk tas, Buttonscarves mendapatkan respon yang sangat baik.
Tak sedikit pelanggan baru langsung antusias mengunjungi website. Bahkan, produk-produk yang telah dipamerkan sangat cocok dengan pasar yang ada di New York.
Pencapaian global baru Buttonscarves sebagai salah satu instalasi tas terbesar yang pernah dibuat, Hold Me Bag telah berhasil muncul di area tersibuk dan paling ramai di dunia. Hal ini memberikan Buttonscarves untuk bisa menciptakan pencapaian global lainnya dan memperkenalkan brand kepada dunia.
Berkaca dari apa yang dicapai oleh Buttonscarves, ide untuk memanfaatkan media luar ruang mampu memberikan dampak yang luar biasa dalam mengembangkan dan memajukan bisnis. Itu artinya, media luar ruang tak kalah efektif bila kita bandingkan dengan pemasaran melalui media online.
Sumber Foto : Buttonscarves