Anda memiliki brand dengan kualitas bagus, namun masih sepi konsumen? Berarti ada yang salah dengan sistem marketing perusahaan Anda.
Jika Anda memiliki brand yang bagus namun tidak ada yang mencoba, maka perusahaan akan segera rugi. Namun, jika Anda memiliki suatu produk bagus dan mampu mendatangkan konsumen maka itu adalah suatu kesempatan bagus.
Ketika konsumen merasa produk yang Anda miliki bagus, maka kesempatan mereka mencoba atau membeli kembali akan besar kemungkinannya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendatangkan konsumen. Salah satu caranya dengan memperkenalkan produk yang Anda miliki kepada konsumen.
Mengenalkan brand kepada masyarakat luas menjadi suatu keharusan. Mulai dengan tujuan pembuatan produk yang dimiliki. Produk tersebut pangsa pasarnya siapa, apa kesibukan mereka, kebutuhan, kepedulian, dan sebagainya. Jika sudah tahu, mulailah untuk menentukan desain iklan.
Salah satu cara untuk mengenalkan brand atau produk adalah melakukan kerja sama dengan Smart Out of Home Media & Creative OOH Media.
Mengapa harus dengan OOH?
Mengapa harus melakukan strategi promosi melalui OOH? OOH ternyata masih menjadi salah satu sarana promosi yang efektif, efsien, dan dipercaya oleh konsumen.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Outdoor Advertising Association of Amerika (OAAA) menyatakan bahwa sekitar 71% orang merasa lebih positif menyikapi sebuah brand yang terpampang pada OOH.
OOH sasaran konsumennya adalah mereka yang sedang berada di luar rumah. Banyak juga yang menyebutnya ‘on going’. Pengguna jalan tersebut seperti ‘dipaksa’ untuk melihat iklan yang dipampang dalam media OOH tersebut.
Media OOH memang dibuat semenarik mungkin. Tujuannya untuk menarik perhatian pengguna jalan dan kemudian mampu diingat.
Lalu media apa yang paling banyak digunakan dalam OOH? Ada banyak sekali media yang bisa digunakan, mulai dari billboard, neon box, videotron, dan poster. Semuanya bisa menjadi sarana OOH advertising yang menarik jika dibuat sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Trik Membuat OOH Efektif
Beriklan menggunakan media OOH memang tidak murah. Namun, imbas dari promosi tersebut pun sepadan dengan budget yang dikeluarkan. Apalagi jika iklan yang dimuat pada OOH mampu membuat konsumen ‘jatuh cinta’ pada pandangan pertama.
Berikut beberapa trik yang bisa dilakukan untuk membuat iklan OOH Anda bisa lebih efektif dan mampu mendatangkan konsumen yang banyak.
1. Harus Mampu Membuat Orang Tertarik
Iklan OOH harus mampu membuat orang tertarik. Tidak hanya tertarik untuk melihat, namun juga membuat penasaran. Pada era milenial seperti saat ini, iklan OOH dianggap berhasil jika mampu membuat orang memfotonya kemudian membagikannya pada media sosial.
Iklan OOH yang mampu dilihat banyak orang baik langsung maupun lewat unggahan media sosial, maka akan membuat brand Anda diingat. Apalagi jika brand atau produk yang dijual memang bisa diperoleh dengan mudah dan memiliki mutu yang baik.
2. Lakukan Riset
Sebelum membuat materi iklan, lakukan beberapa riset kecil-kecilan. Coba perhatikan beberapa iklan OOH yang sudah banyak dimuat. Terutama lokasi yang akan dijadikan untuk tempat memajang iklan OOH.
Selain itu, perhatikan juga iklan OOH yang banyak dibagikan ke media sosial. Anda juga bisa melakukan konsultasi dengan perusahaan yang bergerak di bidang Smart Out of Home Media & Creative OOH Media. Selain membantu Anda dalam menentukan materi iklan, juga bisa memberikan rekomendasi lokasi strategis.
3. Tentukan Lokasi Strategis
Menentukan lokasi yang strategis juga menjadi suatu yang penting dalam promosi melalui OOH. Jalan yang sibuk, banyak dilewati orang merupakan beberapa kriteria yang baik. Ketika memilih jalan yang sibuk, padat, dan banyak dilewati orang, maka akan banyak mata juga yang memperhatikan iklan Anda.
Selain jalan yang sibuk, tempat-tempat yang biasa digunakan untuk menunggu, beristirahat, atau nongkrong bisa dijadikan tempat untuk memajang iklan OOH Anda. Misalnya saja halte bus, stasiun, pusat jajanan, atau tempat perbelanjaan.
4. Isi Iklan Efisien
Materi yang digunakan untuk beriklan di OOH sebaiknya memang tidak terlalu banyak teks atau tulisan. Ini supaya sasaran konsumen bisa langsung tahu maksud, tujuan, dan brand yang akan diiklankan. Apalagi banyak pengguna jalan yang hanya lewat sekilas. Materi iklan dibuat singkat, padat, dan menarik akan mudah diingat calon konsumen.
Banyak sekali pengguna media OOH yang bermain pada gambar, dengan teks yang singkat dan efisien. Desain yang akan menjelaskan apa, bagaimana brand yang ingin Anda kenalkan.