Rebound Ads
Memilih Brand Ambassador Sebagai Marketing Influencer

Memilih Brand Ambassador Sebagai Marketing Influencer

9 Feb 2022

Tentunya penting bagi sebuah perusahaan untuk memilih brand ambassador, tujuannya untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Selain itu brand ambassador ini juga berperan untuk mempengaruhi konsumen agar tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Misalnya saja yang baru-baru ini dilakukan sebuah produk kopi yakni Kopi Lain Hati, produk ini mengundang Pak Muh sebagai brand ambassadornya. Tentu siapa yang tidak kenal dengan Pak Muh, pemilik nama asli Muhammad Jaidi sempat trending pada saat tampil di Indonesia Youtube Rewind 2020 lalu.

Hingga beberapa saat lalu Pak Muh ini ditawari menjadi brand ambassador dari Kopi Lain Hati, berita ini pun juga sempat viral. Setelah Pak Muh menjadi brand ambassador dari brand Kopi Lain Hati, tidak butuh waktu lama untuk brand awareness Kopi Lain Hati untuk meningkat.

Semenjak saat itu banyak netizen hingga influencer tertarik untuk membeli produk Kopi Lain Hati ini. Hal ini juga terjadi pada perusahaan startup Tokopedia yang memilih brand ambassador boy grup asal Korea Selatan yakni BTS.

Pihak Tokopedia juga mengungkapkan bahwa ada peningkatan penjualan setelah pihaknya menggandeng boy grup BTS ini. Bahkan semenjak saat itu setiap bulannya sekitar lebih dari 100 juta orang Indonesia mengunjungi platform Tokopedia.

Tokopedia sendiri sudah berkolaborasi dengan BTS semenjak tahun 2019 lalu, dan semenjak sangat itu BTS menjadi sangat berpengaruh pada jumlah kunjungan di Tokopedia. Bahkan semenjak resminya BTS menjadi brand ambassador Tokopedia, pengunjung berhasil menyaingi Shopee pada kuartal 1 di 2021.

Kedua kasus ini jelas membuktikan bahwa brand ambassador memang berpengaruh cukup penting dalam peningkatan penjualan produk. Apalagi jika dalam menyeleksi brand ambassador ini Anda menggunakan seseorang yang cukup berpengaruh dan dikenal banyak orang.

Cara Memilih Brand Ambassador

Karena semakin banyak produk atau jasa yang ditawarkan oleh berbagai brand, mengharuskan setiap brand untuk bisa menarik minat konsumen. Salah satu caranya dengan menggunakan brand ambassador, tentunya brand ambassador ini sangat berbeda dengan bintang iklan.

Karena brand ambassador memegang tanggung jawab untuk membawa citra baik terhadap produk yang ditawarkan. Makanya saat memilih brand ambassador sebaiknya perhatikan juga citra dari artis atau orang yang akan dijadikan brand ambassador.

Jangan asal memilih artis atau selebgram karena akan berhubungan dengan produk Anda,  semakin baik citra mereka maka semakin banyak keuntungan yang didapat. Misalnya saja seperti contoh Tokopedia dan Kopi Lain Hati tersebut, mereka menggunakan Pak Muh dan BTS sebagai brand ambassador.

Sudah tentu keduanya ini banyak dikenal orang dan memiliki citra yang baik, sehingga memungkinkan untuk membuat peningkatan penjualan. Karena pelanggan pasti akan tertarik dan percaya bahwa produk yang mereka tawarkan memang berkualitas.

Dalam memilih brand ambassador ini bukan hanya soal cantik dan ganteng saja yang bisa meningkatkan penjualan. Namun juga kepintaran seorang brand ambassador dalam menarik hati konsumen menjadi hal yang tidak kalah pentingnya.

Dengan memilih seorang brand ambassador yang baik tentunya akan membuat citra dari produk maupun perusahaan juga akan baik. Produk akan dikenal masyarakat dengan citra yang positif sehingga lebih muda diterima masyarakat.

Dengan ini tentunya akan membantu meningkatkan penjualan produk, karena banyak konsumen yang akan tertarik dengan produk tersebut. Perusahaan juga harus pandai memilih seorang brand ambassador yang memiliki citra baik di kalangan masyarakat terutama netizen.

Selain itu masih banyak lagi hal yang perlu diperhatikan saat memilih seseorang yang akan menjadi brand ambassador. Nah berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih brand ambassador yang akan memberikan keuntungan bagi Anda.

Sesuaikan Karakteristik Produk

Cara memilih brand ambassador yang pertama adalah dengan memilih seseorang yang memiliki kesesuaian dengan karakteristik brand tersebut. Selain itu utamakan orang tersebut juga bebas dari sensasi, karena tentu hal ini akan berpengaruh pada tingkat penjualan brand tersebut.

Sebaiknya jika brand yang ingin Anda tawarkan adalah untuk anak muda maka Anda bisa mencari seorang brand ambassador yang disukai anak muda. Misalnya seperti Tokopedia yang menggandeng BTS sebagai brand ambassadornya, karena diminati banyak kaum milenial.

Cerdas

Seorang brand ambassador juga dituntut untuk cerdas dalam memahami produk, memahami pelanggan hingga mengatasi masalah. Karena seorang brand ambassador ini merupakan seseorang yang menjadi wajah dari brand yang ditawarkan.

Bahkan di era seperti sekarang ini seorang brand ambassador sering kali menjadi tempat kritik dan saran pelanggan tentang produk. Nah disinilah manfaat pentingnya brand ambassador memiliki kecerdasan agar bisa menjawab semua kritikan dengan baik kepada konsumennya.

Rendah Hati

Cara memilih brand ambassador yang berikutnya adalah pilihlah seorang brand ambassador yang rendah hati, mengingat posisinya berada di garda terdepan pemasaran. Sehingga sangat penting memilih public figure sebagai brand ambassador yang rendah hati dalam semua hal, seperti memulai pembicaraan dengan konsumen.

Mereka juga harus selalu siap dalam kondisi apapun untuk berdiskusi dengan konsumen, dan menjawab semua pertanyaan mereka dengan ramah. Karena diterima atau tidaknya sebuah produk di tengah masyarakat juga dipengaruhi oleh baik dan tidaknya seorang brand ambassador.

Sehingga sikap kerendahan hati dan murah senyum menjadi modal utama untuk membangun sebuah hubungan baik antar konsumen dengan produk. Jika seorang brand ambassador sebuah produk sangat ramah dan membuat konsumen nyaman maka konsumen pasti akan lebih mudah tertarik.

Memiliki Keahlian Berbicara Yang Baik

Brand ambassador ini juga bisa diartikan sebagai suara dari sebuah produk, makanya seorang brand ambassador harus memiliki kemampuan berbicara yang baik. Seorang brand ambassador harus bisa mempresentasikan produk mereka dengan sebaik mungkin.

Meskipun sebaik apapun produk yang ditawarkan jika brand ambassador salah bicara maka bisa jadi citra produk tersebut juga menjadi buruk. Makanya sangat penting untuk memilih brand ambassador yang pandai berbicara apalagi di depan umum.

Apalagi seorang brand ambassador ini masuk kedalam lingkaran pemasaran sudah jadi tugasnya untuk mempresentasikan manfaat suatu produk. Mereka juga harus membicarakannya berulang kali agar konsumen tertarik dengan produk tersebut.

Mampu Bekerja Dalam Tim

Seorang brand ambassador tidak boleh memiliki ego yang besar, mereka juga tidak boleh beranggapan bahwa keberhasilan suatu produk adalah berkat popularitasnya. Karena meskipun popularitas mereka juga dibutuhkan, namun keberhasilan ini tidak hanya berasal dari hal itu saja.

Mereka juga harus sadar bahwa mereka tidak bekerja sendirian melainkan dengan tim dari perusahaan brand tersebut. Jika seorang brand ambassador tidak memiliki ego yang tinggi, tentu mereka akan lebih mudah diajak bekerja sama dalam sebuah tim.

Makanya memilih brand ambassador ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan, mengingat pentingnya mereka dalam keberhasilan suatu produk. Mereka harus mampu bekerjasama dengan tim untuk menghadapi semua masalah dan tantangan.