Rebound Ads
Mengenal Definisi Pull Marketing dalam Dunia Bisnis dan Contohnya

Mengenal Definisi Pull Marketing dalam Dunia Bisnis dan Contohnya

12 Feb 2022

Dalam dunia bisnis, maka mengenal apa itu Pull Marketing sangatlah penting untuk Anda. Sebab teknik pemasaran yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan karena bisa meningkatkan nilai penjualan.

Jadi Pull Marketing dalam dunia pemasaran lebih berfokus terhadap penggunaan alat promosi serta komunikasi dengan tujuan menarik konsumen. Lalu apa bedanya dengan Push Marketing? Nah Push Marketing sendiri merupakan strategi pemasaran yang menarik konsumen dengan memotivasi agen, ritel dan distributor agar mendistribusikan produk bisnis Anda.

Selain itu, bisnis juga harus lebih berfokus untuk membangun tim manajemen dan menawarkan berbagai produk serta mengontrol pengiriman. Nah bagi Anda yang masih bingung tentang kedua definisi tersebut maka bisa menyimak artikel kali ini sampai selesai.

Kenali Apa Itu Definisi Pull Marketing dan Bagaimana Cara Penerapannya Ini

Dalam dunia bisnis sudah pasti akan dibanjiri dengan jargon atau slogan yang berguna untuk menggambarkan berbagai tindakan berbeda. Tidak terkecuali pemasaran, termasuk di era digital yang mana banyak merek mempunyai saluran promosi untuk dipilih.

Pada dasarnya pemasaran juga sudah pasti akan dorong dan tarik, ini merupakan contoh yang lebih relevan seab kedua strategi ini bekerja dengan cara berbeda. Sementara iu tujuan akhir dari kedua strategi tersebut adalah sebagai menarik pelanggan hingga mendorong penjualan.

Nah kedua strategi itu bernama Push Marketing dan Pull Marketing, dan setiap masing-masing memiliki manfaat tersendiri. Meski demikian mengetahui dan memahami perbedaan keduanya juga sangat penting untuk Anda ketahui. Namun pada pembahasan kali ini kita akan lebih membahas ke seputar Pull Marketing dulu.

Mengenal Pull Marketing

Definisi Pull Marketing merupakan metode pemasaran yang sering digunakan para pemilik bisnis guna menciptakan permintaan (demand) untuk sebuah produk. Jadi kesimpulannya bahwa strategi yang satu ini adalah untuk menarik pelanggan terhadap produk yang kita jual.

Selain itu metode yang akan dilakukan dengan strategi marketing ini lebih berfokus pada membuat pelanggan yang ingin mencari produk. Dengan demikian Anda tidak harus lagi mendorong produk tersebut kepada para konsumen melalui jaringan distribusi.

Dengan adanya strategi ini, maka Anda cukup membuat suatu produk yang dicari secara sendiri atau mandiri oleh para pelanggan.

Dari definisi Pull Marketing ini dan contoh paling mudah yang sering menggunakan strategi ini adalah konten dengan SEO yang baik. Pasalnya SEO sudah terbukti menjadi suatu tipe marketing yang mempunyai ROI yang bisa diandalkan dengan mudah.

Biasanya Pull Strategi ini juga berguna untuk tujuan long-term, misalnya saja untuk meningkatkan loyalitas pelanggan hingga membangun basis konsumen. Selain itu juga mampu untuk meningkatkan revenue dan sale secara bertahap tanpa harus mengeluarkan biaya iklan yang sangat besar.

Sehingga sebuah bisnis bisa menemukan titik kesuksesan ketika mereka ebih fokus terhadap pendekatan multi strategi, multi channel dalam keduanya. Memang dalam bisnis harus ada untuk melakukan strategi Push Strategi dan Pull Strategi.

Tujuan Pull Marketing

Setelah mengetahui sejumlah definisi Pull Marketing kini saatnya Anda harus paham dan tahu apa sebenarnya tujuan dari strategi ini. Pada dasarnya Pull Marketing ini merupakan kebalikannya dari Push Marketing. Bagaimana bisa?

Sebab tujuannya adalah untuk menarik konsumen potensial ke produk perusahaan. Itu artinya bahwa Pull Marketing lebih berfokus untuk menemukan bagaimana cara agar bisa membuat konsumen datang lagi ke bisnis maupun merek.

Sehingga jenis pemasaran yang satu ini lebih sering digunakan saat konsumen telah mengetahui apa yang akan mereka butuhkan. Nah apabila kedua strategi tersebut digabungkan, maka Anda akan lebih mudah untuk membangung customer reltionship yang lebih erat serta meyakinkan pelanggan.

Kelebihan

Pull Marketing merupakan salah satu strategi yang mampu memberi Anda banyak keuntungan dalam berbisnis. Salah satunya adalah mampu untuk menciptakan kontak langsung dengan para calon pelanggan maupun konsumen.

Tentunya ini begitu penting karena dapat membangun hubungan yang lebih baik supaya mereka juga dapat tertarik dengan berbagai macam produk Anda.

Lebih menariknya lagi produk value dan brand equity yang Anda miliki pun akan terbentuk dengan mudah. Apabila kedua hal ini telah terbentuk, makaka yang Anda jual juga akan lebih bermakna lagi di setiap mata pelanggan.

Dengan demikian Anda dapat mempunyai bargaining power yang jauh lebih kuat serta mampu untuk menyakinkan dengan ditrsibutor dan rtailer yang bekerja sama.

Kekurangan

Pull Marketing, ternyata tidak hanya memiliki kelebihan saja, melainkan ada kekurangannya. Tidak heran pula, karena semua jenis strategi maupun hal lan sudah pasti akan memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri.

Khususnya untuk strategi yang satu ini hanya bisa berhasil lebih maksimal apabila terdapat brand loyalty yang cukup tinggi.

Selain itu Anda juga harus bisa menunggu mereka untuk membandingkan alternatif pembelian dengan barang atau produk yang lain. Nah, agar dapat membuat pelanggan lebih tertarik dan mencari produk Anda maka harus membutuhkan upaya marketing yang sangat serius.

Pentingnya Pull Marketing dan Push Marketing

Baik itu Pull Marketing dan Push Marketing, ternyata keduanya sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Untuk memulainya maka Push Marketing bisa menghasilkan penjualan yang jauh lebih cepat sebab adanya kekuatan Anda dalam mempresentasikan produk.

Meski demikian Push Marketing juga berkaitan dengan tingkat penjualan dalam waktu yang lebih cepat atau jangka pendek. Jadi taktik strategi pemasaran ini sering mengabaikan untuk membangun hubungan dengan pelanggan.

Sementara itu Pull Marketing tentu bisa berhasil dalam membina loyalitas merek serta hubungan konsumen dalam waktu jangka panjang. Hal ini karena strategi ini lebih fokus terhadap menciptakan suatu merek.

Meski demikian, strategi pemasaran ini juga terkadang harus membutuhkan waktu untuk bisa menghasilkan penjualannya. Setelah mengetahui definisi Pull Marketing, kini saatnya Anda bisa menerapkannya dalam bisnis Anda agar lebih maju.

Keyword 2: definisi pull marketing