Memasangkan iklan tidaklah mudah, semua butuh pertimbangan yang matang dan data yang mendukung demi kelancaran dan keberhasilan saat beriklan. Proses yang terburu-buru dan tidak matang akan berdampak pada hasil iklan yang justru tidak efektif dan menghasilkan efek positif. Terlebih iklan luar ruang, konsep pemasangan sangat dibutuhkan dan bahkan saat pembuatan iklannya pun juga ikut menentukan kesuksesan beriklan. Iklan luar ruang khususnya billboard atau videotron hanya mempunyai kesempatan setidaknya 15 detik untuk dilihat oleh target konsumen yang melewatinya, sedangkan target konsumen yang melewati iklan tersebut bisa mempunyai waktu lebih atau bahkan kurang dari 15 detik. Maka dari itu, pesan yang dimuat dan penempatan iklan yang tepat akan mempengaruhi target konsumen.
Oleh karena itu, setidaknya terdapat tiga cara yang dapat digunakan untuk mengukur suksesnya pemasangan sebuah iklan luar ruang. Berikut adalah caranya :
1. Pemilihan Lokasi Iklan Luar Ruang
Jika dihitung, mungkin di Jabodetabek ada ribuan lokasi iklan luar ruang seperti Billboard dan Videotron. Pemasangan iklan yang benar adalah yang sesuai dengan target konsumen mereka berada. Tidak boleh hanya bersandar pada lokasi iklan yang strategis dan mahal tapi ternyata target konsumen iklan yang dituju terhitung sedikit, bahkan tidak ada di lokasi tersebut, itu hanya akan membuang-buang uang saja. Pemasangan lokasi iklan yang benar adalah kehadiran iklan sebagai solusi bagi dimana target konsumen itu berada.
2. Mengadakan survei awal kepada masyarakat setempat
Bisa dikatakan cara pertama adalah yang paling mudah, namun dibutuhkan pemikiran yang tepat. Sedangkan di cara yang kedua tampaknya memerlukan biaya lebih untuk mengadakan survei kecil. Hal ini ditujukan untuk lebih meyakinkan dan menguatkan Anda dalam beriklan. Survei yang diadakan sebelum pemasangan, dengan menanyakan mengenai kebutuhan masyarakat sekitar dan permasalahan yang mereka alami (berkaitan dengan jasa atau produk yang kita miliki). Apabila terdapat kecocokan antara permasalahan mereka dengan produk atau jasa anda sebagai solusinya, maka Anda sangat pantas memasang iklan di lokasi tersebut.
3. Memantau kesadaran masyarakat.
Saat sudah mulai beriklan di lokasi yang tepat, selanjutnya Anda dapat mengadakan kembali survei kecil untuk memantau perkembangan kesadaran masyarakat akan keberadaan iklan, apalagi iklan dipasang dengan waktu yang cukup lama. Anda juga dapat memantau efektivitas iklan dari penjualan produk atau jasa yang Anda iklankan didaerah tempat Anda beriklan.