Rebound Ads
OOH atau Out of Home Advertising di Tanah Air dan Cara Beriklannya

OOH atau Out of Home Advertising di Tanah Air dan Cara Beriklannya

6 Sep 2021

OOH atau Out of Home Advertising merupakan salah satu media promosi yang berada di luar rumah. Menggunakan ruang publik dan berbagai fasilitas umum yang memiliki audiens luas.

Salah satu tren yang sedang berkambang akhir-akhir ini. Tidak hanya dalam negeri namun juga berbagai belahan negara maju dunia.

Hal ini membuktikan eksistensi media ini meningkat. Berbeda dengan media masa atau media sosial yang menggunakan algoritma tidak tertebak.

Media yang satu ini lebih terarah dengan target audiens atau kliennya. Maka tidak heran jika semakin banyak kalangan memanfaatkanya untuk promosi.

OOH atau Out of Home Advertising di Tanah Air

Indonesia menjadi negara berkembang yang mulai memanfaatkan media ini. Khususnya di beberapa kota besar dan ramai lalu lalang.

Contohnya di daerah Bekasi, billboard besar yang terpasang pada jalan raya. Bertuliskan slogan “BEKASI BARU, BEKASI BERSIH”. Lalu terdapat foto salah satu pejabat yang menjelaskan mengenai delapan program yang akan ia jadikan janji ketika maju ke sebuah jabatan tertentu.

Hal ini menunjukkan bahwa media promosi seperti ini sudah mulai masuk tanah air. Pertimbagnan menggunakan papa besar di berbagai lokasi strategis ini cukup tepat.

Tidak hanya promosi berupa produk dari sebuah brand saja. Kini kampanye berbagai tujuan mulai menggunakan media yang satu ini.

Bagaimana Cara Beriklan OOH?

Nah kami akan memberikan referensi ketika Anda mempertimbangakn untuk menggunakan media yang satu ini. Caranya mudah dan tidak ribet akan sangat efektif untuk apapun yang akan Anda iklankan.

Pertama adalah menentukan jenisnya terlebih dahulu. Karena media ini menggunakan lokasi luar ruangan dan strategis maka terdapat beberapa pilihan untuk Anda pilih.

Billboard

Pertama dan paling banyak orang gunakan adalah papan besar yang sering terpampang di jalanan. Kita sering menyebutnya sebagai baliho atau bahkan reklame.

Pemasangannya di lokasi strategis dan ramai lalu lalang akan membuat audiens yang menguntungkan. Selain itu kini mengikuti perkembangan teknologi, hadirnya dengan layar LED yang lebih menarik. Semakin banyak orang yang akan secara otomatis ikut memperhatikannya.

Retailer

OOH atau Out of Home Advertising yang satu ini menggunakan lokasi strategis. Misalnya pada etalase toko atau mall yang sedang populer.

Kita pasti sering melihat langsung pada berbagai dinding, eskalator dan apapun media yang berpotensi ramai lalu lalang. Hal ini cukup efektif, karena untuk orang yang berkunjung lama kelamaan akan terpengaruh dan dalam alam bawah sadarnya menjadi hafal dengan iklan tersebut.

Oleh karena itu pemasangan ini seakan mengganggu. Namun lama kelamaan justru menjadi familiar di dalam memori ingatan orang yang sering melihatnya secara tidak langsung.

Vehicle

OOH atau Out of Home Advertising selanjutnya menggunakan berbagai kendaraan. Kita bisa memanfaatkan mobil, bus atau bahkan truk untuk media promosi.

Sebagai identitas kala sedang dalam perjalanan, orang akan mengenalinya. Lakukan hal ini pada jenis usaha atau mempromosikan produk Anda.

Pada dasarnya kendaraan akan meraih banyak audiens yang lebih baik. Karena untuk mobil distribusi akan menuju berbagai daerah yang jauh. Sambil menyelam lalu minum air, sambil mengirim pesanan sekalian berpromosi.

Pepatah yang satu ini bisa kita ibaratkan dalam media ini. Bahkan bisa juga bermitra dengan sebuah perusahaan bus lalu ikut beriklan secara efektif akan menyiarkan pemasaran.

Sarana Publik

OOH atau Out of Home Advertising yang satu ini hadir di berbagai fasilitas umum. Misalnya pada halte, stasiun atau bahkan pada bandara. Menggunakan tempat yang jadi sarana umum akan memberikan kesempatan orang yang lalu lalang memperhatikannya.

Apalagi di ruang publik untuk menunggu, orang akan cenderung memiliki waktu membaca sesuatu. Jadi manfaatkan dengan membuatnya semenarik mungkin, baik desain atau kalimatnya.

Nah setelah menentukan beberapa jenis media ini. Pertimbangkan dengan menyesuaikan target yang akan Anda sasar tentunya. Misalnya kalangan kawula muda atau dewasa ke atas.

Semua ini bisa jadi meningkatkan promosi yang semakin baik kedepannya. Oleh karena itu jangan asal memilihnya.

Mencari Perusahaan Terpercaya

OOH atau Out of Home Advertising kini semakin luas pilihannya. Para perusahaan atau agensi yang menyediakan media ini dengan berbagai penawarannya.

Pastikan apakah mereka akan memberikan desain dan tampilan menarik untuk kita. Cari perusahaan yang menawarkan lokasi strategi dengan harga terbaik.

Karena terkadang jika kita tidak membahasnya sedari awal akan merugikan salah satu pihak. Misalnya harga yang tiba-tiba naik karena tidak ada kesepakatan dari awal.

Komunikasikan desain yang akan Anda inginkan untuk terpasang. Usahakan sudah melakukan konfirmasi desain sebelum terpasang dan menyebabkan tidak puas.

Media ini semakin mendapatkan lokasi strategis dan ramai akan semakin efektif. Dalam menarik perhatian orang yang lewat baik secara langsung atau tidak langsung.

OOH atau Out of Home Advertising jadi media yang cukup menjanjikan. Jangan lewatkan media yang satu ini.