Out of Home Advertising menjadi kampanye yang luar biasa hingga memboyong penghargaan. Pertama kali oleh Caught form CBC yang menghubungkan layar digital dan menjadi format Billboard.
Dengan kemampuan yang tidak bisa diragukan lagi. Karya digital yang mulus ini mampu menampilkan tokoh secara nyata dan bahkan kini menjadi kampanye berbagai film animasi.
Seperti Toy Story 4 dan Onward film animasi yang milik Disney. Memenangkan penghargaan sebagai Billboard Digital Format Besar dari AdClub Awards.
Berkembangnya kemajuan zaman ini sungguh mengagumkan dan semakin pesat. Tidak bisa dipungkiri bahwa semakin kesini semua serba praktis dan efisien.
Source : https://www.instagram.com/p/CQOnO9qAm_A/
Out of Home Advertising atau OOH
Jadi apa sih OOH itu? Kita pasti sering bukan memperhatikan berbagai jenis advertising atau iklan dalam berbagai jenis bentuk atau produk.
Nah sasaran dari iklan yang satu ini adalah audin atau mereka yang berada diluar rumah. Mungkin sedang beraktivitas, dalam perjalanan dan semacamnya.
Biasa disebut sebagai iklan outdoor atau berada diluar rumah. Dengan target “on the go” artinya sedang bergerak dengan kecenderungan yang fleksibel.
Yang bisa kita manfaatkan dari iklan jenis ini dalam semua bisnis. Untuk memperkenalkan brand kepada masyarakat lebih luas.
Contoh Jenis Out of Home Advertising
OOH sendiri memiliki berbagai jenis yang bisa client pilih. Dengan nilai sama dan bertujuan diluar ruangan dengan target audiens orang yang lalu lalang.
Jenis ini memiliki beberapa yang paling populer. Biasanya terpasang di ruang publik dengan target keramaian yang jelas akan menguntungkan promosi.
Billboard
Jenis pertama yang jelas pasti sudah bisa kita tebak atau setidaknya jumpai. Ketika berada di jalan-jalan besar kita pasti pernah bahkan sering melihat berbagai baliho besar berbentuk kotak persegi panjang.
Media yang satu ini paling terkenal dan efektif digunakan dalam promosi produk ataupun sebuah event. Tidak jarang iklan layanan masyarakat terpampang secara jelas dan menarik perhatian pengguna jalan.
Biasanya dengan menampilkan visual mencolok yang akan menarik audiens. Kita dibuat mau tidak mau secara otomatis melihatnya dan terpaku penasaran.
Seiring berkembangnya teknologi bahkan kini penambahan LED untuk advertising semakin beragam. Dari yang berawal static kini sudah mulai menunjukkan perkembangan secara pasti.
Retail Advertising
Out of Home Advertising jenis ini juga tidak kalah populer daripada sebelumnya. Menggunakan tempat atau sarana yang memiliki potensi keramaian dan menjadi pusat perhatian.
Sebagai contoh berbagai iklan yang berada di sarana umum. Kita mungkin sering melihatnya ketika sedang berada di sebuah tempat belajar, menempel pada pintu, eskalator, dinding dan lainnya.
Kita bisa dengan mudah membaca atau memperhatikannya secara lalu lalang. Ini mungkin terkesan sepele, namun lama kelaman ketika kita sering melihatnya otak akan merekam memori tersebut.
Secara tidak langsung hal ini akan menjadi traffic yang baik sebuah brand. Ketika kita melihat brand tersebut akan kembali teringat memori bahwa di mall A atau B terdapat iklan serupa.
Seperti sedang mengalami bawah sadar yang membawa rasa penasaran. Terkadang orang akan secara sukarela mencari tahu sendiri brand tersebut.
Vehicle Advertising
Out of Home Advertising yang terpopuler ketiga ini juga dinilai efektif. Karena bertujuan pada audiens yang berada diluar rumah atau jalanan.
Kita pasti sering melihat jenis iklan ini, biasanya tertempel pada sebuah kendaraan. Beberapa produk makanan bahkan dengan terang memberikan logo bahkan desain full pada mobil box pengantar.
Ini akan menjadi strategis marketing yang bagus meskipun cukup terbatas dalam suatu rute. Selain produk dalam beberapa jenis instansi bahkan pendidikan menggunakan cara ini.
Mobil milik dinas suatu sekolah biasanya terdapat desain gambar yang mencantumkan nama tersebut. Ini akan membuat orang langsung teringat sebuah sekolah yang menampilkan branding tersebut.
Kita terbiasa memperhatikan berbagai mobil dengan stiker khus ini bukan? Bahkan sebagai contoh kecil, taxi atau layanan ojek online pada helm dan jaketnya.
Keunggulan Menggunakan Out of Home Advertising
Banyak kalangan yang sering mempertanyakan seberapa efektif iklan jenis ini. Padahal secara tidak sedar kita sendiri sering terpengaruh dengannya.
Brand Awareness
Hal yang paling terasa adalah meningkatnya brand awareness. Jika menggunakan jenis ini secara otomatis akan memperkenalkan sebuah brand lebih luas.
Apalagi jika memilih lokasi strategis yang ramai. Dengan visual dan desain menarik akan membuat pengendara yang lewat paling tidak menengok.
Efektif
Menggunakan jenis ini akan membantu kita promosi secara efektif. Orang yang silih berganti akan membuat promosi menjangkau lebih luas.
Kita bisa membayangkan sendiri dalam satu jam saja berapa orang yang lewat. Ini bisa kita kira-kira sendiri bukan?
Ketika target pasar meluas secara otomatis brand akan lebih terkenal. Maka hal ini membuat promosi berjalanan dengan baik.
Jenis iklan ini sering sekali terpasang di jalan raya besar. Dengan pengguna jalan sibuk setiap harinya, juga kita bisa melihatnya di luar negeri yang menggunakan hal serupa, Time Square New York misalnya.
Out of Home Advertising ini bisa menjadi pilihan solusi promosi efektif. Jadi apakah sudah memiliki gambaran lebih jelas dari iklan yang satu ini?