Rebound Ads
Peluang Besar Iklan Luar Ruangan dalam Menjangkau Market

Peluang Besar Iklan Luar Ruangan dalam Menjangkau Market

27 Mei 2021

Berkembangnya teknologi digital marketing ternyata masih belum bisa menggeser sepenuhnya peranan dari media iklan luar ruangan (Outdoor atau Out of Home Advertising). Terutama di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

Hal tersebut tidaklah terlepas dari peranan iklan atau promosi itu sendiri, yaitu sebuah upaya komunikasi antara pemilik brand dengan audiensnya. Melaluinya brand dapat menyusun pesan kampanye sesuai dengan fokus marketingnya.

Tujuannya tidak hanya keuntungan langsung, tetapi membangun sebuah awareness terhadap brandnya. Sehingga apabila market mengalami masalah, maka langsung terasosiasi dengan iklan yang pernah dibuatnya dan akhirnya membelinya.

Salah satu keunikan dan menjadi keunggulan dari Outdoor Advertising adalah kemampuannya menyampaikan pesan secara singkat namun efektif. Penggunaan desain estetik memberikan kesan elegan dan menjanjikan bagi audiensnya.

Seberapa Efektif Iklan Luar Ruangan Saat ini?

Perkembangan media digital termasuk populernya sosial media tentunya menggeser media konvensional sebagai alat komunikasi. Terlebih saat ini berkembang teknologi algoritma yang membantu pemilik usaha agar lebih mudah menjangkau marketnya.

Kemampuan, kecepatan, dan murahnya biaya iklan pada medsos menjadi penyebab lain cepat digemari dan berkembangnya online marketing. Meskipun demikian, ternyata efektivitas outdoor Advertising tidak memudar bahkan menguat.

Hal ini dikarenakan sebagian besar waktu dihabiskan untuk beraktivitas di luar, seperti kantor, jalan, dan tempat belanja. Intensitasnya juga meningkat seiring dengan kotanya, semakin besar kotanya semakin tinggi aktivitas di luar.

Pada kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, media iklan luar ruangan menjadi penentu kuatnya brand awareness. Berbagai medium seperti neonbox, Videotron, spanduk, wall painting, dan billboard Jakarta menjadi pilihan medianya.

Hal ini dikuatkan dengan data bahwa 5 dari 10 orang yang beraktivitas outdoor melihat dan memperhatikan iklan. Ini menunjukkan hampir separuh dari orang yang berada di luar teratensi pada iklannya.

Secara mengejutkan data menunjukkan bahwa 81% konsumsi ternyata berasal dari pengaruh outdoor advertising. Angka tersebut ternyata lebih tinggi dibandingkan online advertising yang hanya menyentuh angka 55% saja.

Data – data ini menunjukkan bahwa penggunaan OOH ternyata masih efektif, terlebih pada kota – kota besar seperti Jakarta. Mobilitas tinggi serta tingkat kepadatan lalu lintas menjadikannya cukup efektif dalam membantun awareness market.

Perkembangan Teknologi Iklan Luar Ruangan

Secara konvensional Outdoor advertising merupakan sebuah tempelan pada berbagai medium untuk mengenalkan sebuah kampanye tertentu. Awalnya untuk mampu membuatnya, harus mengecat secara manual, kini bisa menggunakan teknologi cetak.

Perkembangan proses pembuatan iklannya tersebut berdampak besar pada biaya produksi atau penyewaan iklannya. Dari yang biaya pemasangan tinggi dan lama, menjadi biaya rendah namun cepat dalam menyediakan informasi.

Selain itu ternyata juga kemungkinan mengembangkan digitalisasi terhadap iklan luar ruangan, contohnya memanfaatkan videotron. Sehingga iklan konvensional yang monoton bisa lebih bervariatif dan unik, menggabungkan unsur visual dan motion.

Perkembangan teknologi desain grafis, editing, copywriting, dan layouting juga berperan penting dalam membangun Outdoor Advertising. Kini Outdoor Advertising terlihat lebih elegan, kombinasi unsur visual dan tulisannya bisa memukau audiensnya.

Beberapa brand memanfaatkannya sebagai amplifikasi, terutama di kota besar seperti Jakarta. Tidak langsung menunjukkan brandnya, namun membuat penasaran pembacanya sehingga mereka harus mencarinya lagi melalui sosmed atau mesin pencari.

Penggunaan videotron Jakarta, ternyata mampu memberikan nuansa baru bagi masyarakat ibu kota dalam mengenal suatu produk. Diletakkan pada tempat – tempat strategis, bisa berperan sebagai iklan tanpa skip yang atraktif.

Perkembangan penggunaannya juga semakin maju, tidak hanya dimanfaatkan sebagai kepentingan komersil namun juga kepentingan edukatif atau sosialisasi. Seperti sosialisasi tentang protokol kesehatan ketika menghadapi pandemi dan sedang di luar rumah.

Jenis – Jenis Iklan Luar Ruangan yang Populer

OOH atau outdoor advertising memiliki beberapa medium yang dapat dipilih agar mampu mengenalkan dan menyampaikan pesan kampanye sesuai dengan kebutuhannya. Mulai dari model konvensional, hingga memanfaatkan perkembangan teknologi digital.

Memahami peluang dan manfaat masing – masing medium tentunya membantu pengoptimalan penggunaannya. Terutama apabila Anda ingin memasang iklan outdoor sebagai bentuk kampanye brand Anda dan meningkatkan penjualannya.

1. Jenis Billboard

Billboard sendiri merupakan sebuah iklan berukuran besar dengan ciri khas gambar yang menarik dan kata – kata singkat namun mudah diingat. Biasanya dipasang di pinggir jalan, sehingga pengguna jalan mampu membacanya dan tumbuh ketertarikan terhadapnya.

Kota besar seperti Jakarta memanfaatkan Billboard tidak hanya kepentingan profit saja, melainkan juga kepentingan edukasi. Banyak Billboard Jakarta yang menampilkan sosialisasi atau pengenalan produk dan kampanye tertentu.

2. Jenis Spanduk dan Banner

Fungsi dan kedudukan dari Banner atau spanduk tidak jauh berbeda dari Billboard, yaitu sebagai media iklan luar ruangan. Meskipun ukurannya lebih kecil, tetapi memiliki kelebihan yaitu lokasi penyebarannya lebih banyak dan luas.

Pemasangan di area jalan atau ramai kendaraan lewat memberikan keunggulan mudahnya mendapatkan atensi dari pengendara. Namun kelemahannya adalah informasinya sangat terbatas dan kurang menampilkan kesan serius atau elegan.

3. Jenis Videotron

Menggabungkan unsur visual dengan motion grafik sebagai media pemasarannya di ruang publik. Penggunaan kedua unsur tersebut mampu menciptakan gambaran iklan yang lebih menarik, ukik, serta menghibur bagi masyarakat yang melintas di dekatnya.

Penempatannya beragam, mulai dari di sekitar lampu merah, pada gedung – gedung, dan di beberapa ruas ruang publik. Sehingga memungkinkan orang melihat iklannya lebih lama dan lebih membekas dalam benak marketnya.

Tips Optimasi Iklan Luar Ruangan bagi Bisnis Anda

Meskipun tingkat efektivitas dalam menggait audiens dan pasar, ketika tidak dioptimalkan secara maksimal tentunya juga kurang maksimal hasilnya. Sebelum Anda memesan jasa pemasangan outdoor advertising ketahui dulu cara optimasinya.

1. Memilih Penyedia Layanan yang Kredibel

Pertama tentunya harus memilih penyedia layanan dengan tingkat kredibilitas tinggi. Untuk mengetahuinya bisa melihat dari pengalaman dan kesan dari pengguna layanannya. Apabila cenderung positif, maka cenderung kredibel.

Memiliki budaya profesional dan komunikasi yang responsif juga menjadi nilai tambah. Mengingat ketika terjadi suatu hal terhadap iklannya, Anda bisa dengan cepat mengadukan serta mencari pemecahannya bersama – sama.

2. Meriset Lokasi Strategis

Lokasi menjadi perhatian kedua, iklan luar ruangan mampu optimal apabila banyak orang yang melihatnya secara jelas. Tidak hanya itu, audiens juga harus mampu memiliki waktu untuk mencerna informasi pada iklannya.

3. Mengembangkan Desain Menarik

Pastikan memiliki desain menarik atau unik, terutama ketika hendak digunakan di Kota besar seperti Jakarta. Memanfaatkan Videotron Jakarta harus mampu memunculkan desain komunikasi visual yang unik dan mencolok.

Apabila Anda hendak menguatkan atau menaikkan kesadaran market terhadap kampanye Anda, Kami sangat menyarankan mencoba menggunakan ourdoor advertising. Mengingat potensinya besar serta tingkat efisiensinya masih tinggi.

kami memahami kebutuhan pelanggan agar produk atau kampanyenya semakin dikenal oleh masyarakat. Karenanya kami menyediakan layanan billboard atau videotron di Jakarta pada posisi – posisi strategis sesuai kebutuhan pelanggan.

Memiliki konsep globalize city friendly advertising, membantu berkolaborasi antara iklan dengan tata ruang kota. Sehingga memungkinkan memperoleh spot terbaik, estetis, dan menjangkau banyak penonton.

Memanfaatkan outdoor advertising tentunya mampu meningkatkan awareness dan branding dari sebuah produk. Karenanya segera pesan iklan luar ruangan Anda di MediaMove melalui nomor 08111 – 24 – 0116.