Peluang media OOH kali ini cukup meningkat dan menarik banyak konsumen. Menurut penelitian terbaru, Covid tidak lagi menjadi halangan sebagian besar perjalanan para konsumen pada musim dingin selanjutnya.
Pasalnya dengan melihat iklan, hampir setengah dari wisatawan mengatakan bahwa mereka telah membuat rencana perjalanan untuk paruh pertama di tahun 2022. Hal ini membuktikan bahwa peran iklan meyakinkan niat mereka untuk melakukan perjalanan dalam waktu singkat setelah mereka memutuskan tujuan.
Manfaatkan Peluang Media OOH Untuk Mengambil Resonansi Baru Saat Orang Bepergian
Media iklan mempelajari kesempatan dan peluang dari temuan kepercayaan pelanggan untuk melakukan perjalanan liburan. Hal tersebut hanyalah beberapa dari wawasan utama OOH Media Opportunities yakni Consumer Insights and intent early 2022.
Ini merupakan laporan dari penelitian terbaru Out of Home Advertising Association of America atau OAAA yang dilakukan dalam kemitraan bersama The Harris Poll. OAAA ini merupakan asosiasi perdagangan nasional untuk seluruh ekosistem media out of home atau OOH serta digital OOH.
Dari studi menunjukkan bahwa kepercayaan dalam perjalanan udara semakin meningkat. Terlebih jumlah wisatawan atau pelancong yang ingin naik pesawat tahun 2022 meningkat
2 kali lipat lebih. Hal ini terjadi sejak musim liburan 2020 yang naik dari 24 persen menjadi sekitar 51 persen. Sehingga kesempatan dan peluang ini dapat dipergunakan untuk menaikkan periklanan baik di bandara maupun jalan-jalan menuju ke tempat liburan. Agar menjangkau setiap orang yang melakukan perjalanan tersebut.
Kabar baiknya juga terjadi di tingkat lokal.Bahwa 43 persen orang Amerika merencanakan perjalanan lokal semakin normal dan turut meningkat. Bahkan lebih dari 27% rencana perjalanan mereka akan sama seperti sebelum adanya COVID. Meskipun nantinya fokus pada perjalanan atau keluar rumah untuk perjalanan yang lebih dekat. Hal ini meningkat 19% yang menyatakan hal sama selama musim dingin 2021.
Sementara 11 %berencana meningkatkan jumlah perjalanan yang mereka lakukan dengan jarak tempuh 9% daripada tahun lalu.
Setidaknya memanfaatkan momen tersebut, periklanan di luar rumah tetap dapat sepenuhnya terpasang untuk memaksimalkan peluang media OOH.
Hal ini menjadi hal yang menyenangkan, semakin banyaknya orang yang melakukan perjalanan dan berpindah-pindah selama musim liburan. Maka peran iklan OOH semakin memberikan peluang yang cukup menarik pada pemasar atau merek dalam menjangkau konsumen yang baru keluar di pandemi.
Orang hadir dengan pandangan segar serta selera yang meningkat untuk mendapatkan pengalaman luar ruangan maupun berbagi pengalaman. Bahkan banyak orang yang mengatakan begitu banyak iklan OOH yang terpasang bahkan naik secara signifikan mulai dari September 2020 dalam lonjakan 9 poin.
Kenaikan Signifikan Penggunaan Iklan OOH di Lingkungan
Informasi khusus, para konsumen menemukan iklan rumahan tentang terkait retail mencapai 63%, makanan dan minuman mencapai 60%, makanan cepat saji sekitar 62% yang paling relevan dengan minat orang.
Terlebih pada urbanites yang berada di kota-kota besar setidaknya 1 jutaan terbuka untuk pengalaman OOH tersebut. Sedangkan pada Oktober 2021, sebanyak 64 persen yang mengatakan bahwa banyak yang melihat Peluang media OOH papan reklame, papan nama poster, video luar ruangan, Billboard dan bentuk OOH lainnya.
Selain itu secara keseluruhan terdapat 85 % dari mereka yang mengatakan iklan OOH ini sangat bermanfaat. Termasuk mencari tahu terkait penawaran serta promosi khusus 42%. Sedangkan belajar bisnis atau layanan baru sebanyak 29%.
Faktanya, iklan OOH ini lebih tepat sasaran dan menjadi media iklan paling berguna. Pasalnya meskipun konsumsi digital yang tumbuh selama pandemi meningkat, namun 60% dari orang Amerika mengatakan mereka masih sering melewatkan iklan online karena perangkat digital sering kehabisan tenaga.
Adanya peluang media OOH, akan banyak pelancong yang memesan perjalanan dan melakukannya secara nyaman untuk bepergian jauh. Anna Bager Selaku Presiden dan CEO OAAA menjelaskan bahwa dari survei memperjelas bahwa pengiklan perlu memperhatikan iklan OOH tersebut. Karena perjalanan konsumen kembali pada kondisi sebelum Covid. Namun hal ini juga dengan unsur tambahan kesadaran OOH lebih besar lagi.
Tak hanya siap bepergian namun juga siap mengkonsumsi serta belajar tentang produk baru. Orang Amerika tetap fokus pada iklan OOH. Menurut John Gerzema CEO The Harris Poll, menerangkan itulah mengapa OOH memiliki peluang yang sangat besar untuk mengambil resonansi baru saat orang bepergian baik secara jarak jauh maupun lokal saja.
Orang akan banyak menghabiskan waktu diluar rumah serta berpindah-pindah. Para pemasar harus memperhatikan tren ini terutama saat menjelang musim liburan tiba. OAAA mewakili 800 anggota termasuk pengiklan, perusahaan media, penyedia teknologi iklan, agensi, pemasok terkemuka lebih dari 90 persen di Industri.
Media OOH mencakup perabot jalan, papan reklame, media berbasis tempat, serta format digital DOOH pada setiap sektor saluran.Peluang media OOH yang ada haruslah dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen.
Sumber: How To Maximize Out-Of-Home Advertising Campaigns In Time For The Holiday Season (forbes.com)