Brand awareness penting dibangun dan menjadi sebuah investasi jangka panjang. Hal ini berhubungan dengan rasa familiar yang dimiliki oleh pelanggan atas sebuah produk maupun jasa.
Kesadaran merek ini merupakan kemampuan konsumen dalam mengenali dan mengingat suatu merek. Pengaruh dari kesadaran merek ini sangat penting untuk kesuksesan bisnis.
Peran Pentingnya Brand Awareness Hingga Cara Meningkatkannya
Pada dasarnya konsep kesadaran merek cukup abstrak. Mengevaluasi seberapa besar awareness pelanggan terhadap brand memang cukup sulit dilakukan. Namun hal ini bukan berarti tidak perlu penanganan dan peningkatan.
Brand awareness ini dapat mempengaruhi konsumen membeli produk atas layanan jasa. Selanjutnya membuat konsumen melakukan pembelian.
Hal inilah yang digunakan sebagai alat ukur kinerja suatu merek terhadap pelanggan.
Awareness ini tidak sekedar untuk meningkatkan kemampuan daya beli pelanggan saja. namun lebih kepada kepercayaan serta loyalitas konsumen terhadap suatu produk bisnis Anda.
Maka dari itu penting mengetahui tingkatan awareness yang perlu dilalui merek bisnis yakni:
Pertama, unaware brand atau tingkatan pertama yang harus dilalui dimana konsumen masih asing dan belum menyadari adanya value atau keberadaan merk.
Kedua, brand awareness disini adalah kemampuan konsumen mengenali suatu produk saat melihat atau brand recognition. Umumnya mengenali setelah melihat merk, slogan, visual produk, serta warna identitas yang telah digunakan.
Selanjutnya brand recall atau unaided recall. Pada tingkatan ini mengacu pada kemampuan konsumen dalam mengingat merk berdasar kategori produk.
Konsumen cukup mendengar kategori produk maupun melihat sekilas produk untuk mengingatnya. Konsumen memiliki ingatan yang cukup lekat terkait merek Anda.
Terakhir adalah top of mind awareness atau mengacu pada merk tertentu yang muncul pertama kali pada pikiran konsumen. Konsumen ini memikirkan kategori produk dan diingat secara spontan tanpa bantuan apapun.
Sebagai contoh di tingkatan ini yakni AQUA. Hampir semua orang mengasosiasikan merk ini saat membeli produk air mineral kemasan. Sementara untuk mencapai tingkat paling tinggi ini sangat dibutuhkan effort besar dan dalam waktu lama.
Cara Meningkatkan Brand Awareness dengan OOH
Untuk meningkatkan awareness ini perlu adanya strategi yang tepat dalam meningkatkan dan mempercepat kesadaran merek konsumen secara efektif. Banyak cara atau strategi promosi yakni bisa dengan iklan konvensional.
Iklan ini umumnya hard selling dengan media konvensional berupa reklame, billboard dan masih banyak lagi.
Iklan ini mampu memapar audiens secara luas dan menjadi andalan dalam menciptakan dan meningkatkan kesadaran merek. Salah satu strategi terbaik yang perlu diterapkan adalah dengan OOH atau Out of Home.
Salah satu media yang menciptakan peluang bagi merek sehingga mampu menampilkan diri secara fisik pada lingkungan yang sama dengan pelanggan atau konsumen.
Hal ini brand awareness untuk membuka lebih banyak jalan untuk merk atau produk berinteraksi secara dekat dengan mereka.
OOH ini dirancang untuk menarik audiens maka pengiklan perlu menyadari pentingnya peran OOH dalam alur beli konsumen.
Hal ini dapat dilakukan dengan kampanye OOH dan menjadi bagian dari strategi omni channel. Peluang besarnya konsumen menjelajahi lebih dari satu channel penjualan berupa ecommerce, toko fisik, serta media sosial sebelum konsumen membelinya.
Manfaat media iklan luar ruangan ini memberikan peluang untuk pengiklan mensinergi kampanye merk antara platform online dengan OOH. Sehingga mendapatkan wawasan penargetan ulang para audiens.
Pertama penempatan OOH yang cukup menonjol di lokasi sibuk. Upaya menghubungkan merk dengan audiens dalam rutinitas luar ruang secara rutin setiap harinya.
Sebagai contoh branding eksklusif Pegipegi di Bandara Kualanamu Medan. Hal ini bagian visibilitas tinggi yang menghasilkan brand awareness dan menjadikan audiens pembeli potensial.
Kedua konsumen sendiri mengharapkan merk besar beriklan dengan media OOH. merk hadir dengan media utama berkaitan dengan kualitas dan citra merek premium.
Kampanye pada platform OOH memberikan prestise nilai suatu merek serta kepercayaan bagi perspektif konsumen itu sendiri.
Ketiga, OOH merupakan media dominan yang mempengaruhi konsumen dalam waktu singkat atau 30 menit sebelum melakukan pembelian.
Biasanya branding ini lebih banyak di restoran yang menampilkan brand awareness untuk pembelian cepat dan memberikan informasi yang berguna.
Memenangkan momen dari jalur belanja konsumen menjadi penting dalam mempengaruhi keputusan pelanggan. Konsumen sendiri merasa bahwa iklan OOH terletak di dekat tempat belanja sangat efektif.
Keempat dengan kampanye OOH dinamis yang memberikan benefit tak terbatas untuk pengiklan. Hal ini mengeksplor kreatifitas iklan mereka untuk mendorong keterlibatan audiens.
Sebagai contoh iklan OOH tokopedia di bandara Soekarno Hatta dan bandara kualanamu Medan. Mari ciptakan keberadaan merk yang kokoh dengan iklan luar ruang dengan kampanye OOH.
Apapun jenis bisnis yang dijalankan, Anda bisa meningkatkan brand awareness di seluruh titik iklan OOH digital serta statis mulai dari billboard jalan raya hingga deretan LCD screen, lightbox area bandara, terminal feri dan masih banyak lagi.