Dalam menjalankan sebuah bisnis membutuhkan media promosi yang tepat. Pasalnya, saat ini persaingan bisnis semakin ketat, sehingga pentingnya iklan, slogan, dan poster dengan berbagai inovasi. Namun, Anda perlu mengetahui secara detail mengenai iklan, slogan, dan poster. Simak ulasan lengkap berikut ini hingga akhir artikel!
Pentingnya Iklan, Slogan, dan Poster sebagai Media Promosi Bisnis
Baik iklan, slogan, maupun poster merupakan sarana promosi dengan tujuan untuk membujuk khalayak agar menggunakan sebuah produk atau jasa. Ketiga media promosi tersebut sama-sama mengandung teks persuasif. Pentingnya iklan, slogan, dan poster untuk memberikan pesan dan mengajak audiens.
Poin-poin di atas menunjukkan jika iklan, poster, dan slogan menjadi satu kesatuan yang tidak tampak. Poster merupakan salah satu dari bagian iklan yang mempunyai slogan. Kemudian slogan dimasukkan dalam poster maupun bentuk iklan yang lain.
Sementara itu, iklan menjadi hal utama dalam slogan dan poster. Ketiganya saling berkaitan dan penting dalam hal bisnis. Pentingnya iklan dikombinasikan dengan poster dan slogan untuk hasil yang terbaik. Sehingga memiliki nilai promosi tinggi dan mampu mewujudkan kesuksesan yang optimal.
Anda perlu mengenal iklan dan mengetahui artinya supaya dapat mengaplikasikan lebih baik dalam bisnis. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan mempunyai dua arti.
Pertama, iklan merupakan berita pesanan untuk mendorong, merayu, dan membujuk khalayak ramai. Supaya tertarik dengan barang dan jasa yang Anda tawarkan.
Sedangkan arti iklan yang kedua adalah pemberitahuan kepada publik mengenai barang dan jasa yang dijual. Kemudian di pasang di tempat umum atau pada media massa seperti majalah dan surat kabar.
Dapat ditarik kesimpulan dari kedua arti di atas, iklan merupakan payung berbentuk promosi yang mengandung informasi barang atau jasa yang dijual. Selain itu, pentingnya iklan dapat membangun rasa penasaran dan keingintahuan untuk melakukan atau membeli barang serta jasa tersebut.
Teks iklan sebaiknya menggunakan kalimat fakta dan pendapat. Selain itu berisikan tentang pengenalan dan penjelasan produk atau jasa kepada khalayak umum. Sehingga akan memberikan pengaruh pada pikiran atau membuatnya tertarik untuk membeli atau memakai produk.
Bentuk Poster dalam Bisnis
Mungkin Anda sudah sering melihat poster berjajar di pinggir jalan. Poster merupakan plakat yang ditempel di tempat-tempat publik.
Pada poster terdapat dua unsur utama, antara lain kata-kata atau teks dan gambar. Hampir sama seperti slogan, poster mengandung pesan kepada masyarakat yang melihat dan membacanya. Hal itulah yang menyebabkan kata-kata slogan di poster harus dibuat sedemikian rupa agar menarik perhatian dengan cepat dan mengingat pentingnya iklan.
Begitu pula dengan gambar yang digunakan. Harus menarik dan berkualitas, agar pemirsa bisa langsung melihat dan memahami secara jelas. Bahasa poster sebaiknya dilengkapi dengan gambar, foto, warna, atau ilustrasi agar semakin menarik.
Untuk penempatan poster sebaiknya selalu berada di tempat umum. Karena semakin banyak yang melihatnya maka promosi melalui poster akan berhasil.
Sebenarnya penggunaan poster tidak harus selalu berukuran kecil. Billboard dan baliho yang mempunyai ukuran besar juga termasuk dalam bagian poster. Di samping itu, poster bisa dikatakan sebagai bagian dari iklan. Hendaknya poster dibuat dengan bahasa yang singkat, padat, jelas, dan komunikatif. Penggunaan bahasa persuasif juga menjadi solusi terbaik. Kemudian tempelkan di tempat-tempat umum yang strategis dan banyak lalu lalang orang-orang.
Apakah Pemasaran Membutuhkan Slogan?
Slogan merupakan kata-kata atau kalimat pendek yang menarik. Kemudian mudah diingat, tersusun rapi, serta mempunyai kandungan atau isi tertentu.
Ciri-ciri khusus dari slogan adalah kata-katanya singkat dan menarik. Lalu mempunyai bentuk klausa, frase, motto, atau kalimat. Selain untuk media promosi barang atau jasa, slogan yang berupa semboyan biasanya banyak digunakan oleh organisasi, kelompok, atau masyarakat. Hampir sama dengan pentingnya iklan, slogan juga berpengaruh besar dalam hal promosi.
Banyak orang yang memanfaatkan slogan untuk berbagai tujuan. Mulai dari iklan, menggambarkan produk atau jasa secara tetap. Bahkan hal-hal yang berbau politik kadang memanfaatkan slogan untuk menghimbau, mempengaruhi, dan memotivasi khalayak ramai.
Faktanya, slogan memerlukan kepadatan makna dalam jumlah kata yang sedikit. Hal tersebut menjadi hal yang utama ketika akan membuat slogan.
Sebenarnya membuat slogan merupakan hal yang mudah dan sederhana. Namun yang harus diperhatikan adalah tuntutan dalam membuat slogan.
Pentingnya iklan maupun slogan, supaya mudah diingat bagi orang yang telah membaca atau melihatnya. Selain itu, harus mampu mendeskripsikan produk tersebut. Dengan kata lain, slogan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan begitu saja dari iklan.
Setelah anda menyimak ulasan pentingnya iklan, slogan, dan poster. Selanjutnya dapat mengaplikasikan ketiganya untuk kemajuan bisnis dan menghadapi persaingan yang semakin ketat. Apabila merasa kesulitan membuatnya sendiri, maka dapat memanfaatkan jasa yang menyediakan media promosi tersebut.