Rebound Ads
Praktisi Virtual dan Augmented Reality Lebih Unik dan Interactive

Praktisi Virtual dan Augmented Reality Lebih Unik dan Interactive

24 Sep 2021

Iklan luar ruangan akan lebih menakjubkan dengan Virtual dan Augmented Reality(AR) specialist. AR merupakan teknologi yang memperoleh penggabungan secara realtime terhadap digital konten. Pembuatannya dengan komputer dan dunia nyata. Teknologi ini bukanlah hal baru. Keduanya adalah teknologi yang membuat pelanggan terhubung dengan citra dua atau 3 dimensi.

Sementara Virtual Reality (VR) merupakan citra tiga dimensi dan Anda dapat berinteraksi di dalamnya. Penjelasan detailnya VR ini membuat Anda masuk ke dalam dunia maya.

Manfaat Penggunaan Virtual dan Augmented Reality Untuk Iklan Bisnis

Sebenarnya AR dan VR hampir sama, yang membedakannya adalah perangkat untuk menangkap citra tersebut.

Bahkan untuk menikmati konten AR akan membutuhkan smartphone. Sementara VR membutuhkan headset VR yang biasanya berbentuk kacamata.

Dunia iklan terus membuntuti perkembangan teknologi dan digital. Persaingan semakin terlihat dalam memperebutkan perhatian konsumen.

Hal ini demi menyeimbangkan dengan bisingnya perang komunikasi yang akhirnya membuat dunia iklan semakin berinovasi untuk menemukan penemuan-penemuan terbaru yang semakin baik.

Terutama dengan teknologi Virtual dan Augmented Reality yang menjadi alat atau media medan perang baru bagi bisnis maupun perusahaan yang besar. Tak terkecuali Google, Facebook dan media sosial lainnya.

Iklan AR memungkinkan pengguna atau siapa saja berinteraksi secara virtual dengan beragam produk. Hal ini seperti mencoba kacamata hingga mencocokkan furniture dengan rumah. Siapa saja dapat membelinya secara online.

AR ini teknologi yang memanipulasi realitas yang ada dengan menampilkan konten maupun informasi digital melalui layar pengguna tersebut. Sehingga AR ini menciptakan ilusi yang dilihat oleh para pengguna pada dunia nyata.

Teknologi Virtual dan Augmented Reality ini membantu Anda dalam menampilkan visualisasi apapun yang diinginkan. Hal ini tanpa membatasi jenis materi yang dibawakan. Sehingga mampu menyampaikan informasi secara detaill dan lebih interaktif.

Pentingnya Pemasaran VR dan AR

Dengan perkembangan teknologi saat ini membuat perubahan baru lebih canggih dan mudah. Tentu sangat menyenangkan melihat industri periklanan serta percetakan di luar rumah. hal ini merangkul teknologi pelengkap dengan sangat antusias dan menyenangkan.

Pelanggan dapat menikmati hasil tampilan iklan yang menyuguhkan hal unik dan nyata. Terlepas dari peningkatan atau keterlibatan pelanggan dalam iklan. Namun dari perspektif manajemen iklan atau kampanye pemasaran.

Dari sisi lain terdapat manfaat untuk menambahkan Virtual dan Augmented Reality dalam keterlibatan tersebut. Pengguna dapat dilacak secara realtime.

Mulai dari lokasi hingga durasinya secara akurat. Selain itu kemudahan dalam melihat pembelian online maupun nilai dari pesanan.

Bahkan manfaat lain adalah dapat mengukur laba iklan atau kampanye secara keseluruhan. Pengguna dapat melihat investasi serta mengamati apa yang berhasil dan menguntungkan dan mana yang tidak.

Sehingga dapat menyempurnakan iklan mendatang agar penjualan semakin maksimal dan mendatangkan keuntungan yang besar.

Dengan menggunakan Facebook, Instagram dan Snapchat sebagai platform Virtual dan Augmented Reality maka konsumen tidak hanya menggunakan aplikasi yang sudah ada sebelumnya tersebut secara lebih mudah, namun iklan ini mampu mengumpulkan informasi demografis yang tak ternilai.

Tentu saja tentang peserta kampanye yang paling terlibat didalamnya. Baik usia, minat, jenis kelamin, hobi dan semua hal pentin untuk perencanaan kampanye online maupun offline sehingga dapat lebih luas kembali.

Manfaat lainnya semua dapat memiliki keterlibatan, interaktivitas hingga kuantitas pemasaran digital dan didunia nyata.

Fungsi Virtual dan Augmented Reality sendiri untuk dapat memvisualisasi suatu data pemrosesan produk secara detail. Baik menampilkan proses pembuatan hingga kerangka produk. Hal ini menjadikan visualisasi sebagai alat simulator.

Sehingga untuk periklanan akan menjadi bagian yang penting dalam promosi dan penjualan online secara nyata.

Hadirkan Dinosaurus Di Dunia Nyata Melalui AR

Berkat teknologi AR, Google sebelumnya juga telah berhasil menghadirkan dinosaurus di dunia nyata. Awalnya dengan mencari objek kemudian menampilkannya secara 3 dimensi di rumah dan dilingkungan.

Menggunakan AR ini dinosaurus juga dapat dimunculkan pada lokasi bisnis untuk iklan. Hal ini bisa digunakan untuk promosi sehingga sebagai sarana pemasaran untuk mengembangkan bisnis .

Biasanya untuk menghadirkan dinosaurus di tempat usaha maka Anda harus memiliki ponsel yang mendukung Virtual dan Augmented Reality tersebut.

Apabila Anda menggunakan HP dengan Android 7 keatas maka Anda perlu memastikan ponsel didukung AR Core.

Begitu juga yang menggunakan iPhone maka Anda pastikan menjalankan iOS 11. Tampilan Dinosaurus bergerak seperti nyata dan begitu real.

Jika di Indonesia teknologi AR ini telah digunakan oleh retail Alfa lewat AlfaMind, Yakni toko virtual yang bisa dipakai dan tertarik menjadi rekanan untuk menjual barang milik Alfa. Sehingga mereka tanpa harus membuka toko secara sungguhan.

Iklan AR ini muncul setelah diaktifkan dengan sentuhan dan membuka iklan video tersebut. maka konsumen juga dapat menutup iklan video ini. Virtual dan Augmented Reality ini menjadi teknologi yang sangat membantu pengguna bisnis dan sektor lainnya.

Sumber :  https://www.linkedin.com/posts/alex-bradt_ar-newyorkcity-augmentedreality-ugcPost-6839192946819051521-_d8Y/