Dalam dunia berkendara, terutama di jalan tol, billboard adalah elemen yang tak terpisahkan. Billboard menjadi salah satu iklan luar ruangan yang sangat efektif. Dampak yang diberikan untuk mempromosikan brand atau produk akan semakin besar, jika Anda memahami dengan baik lokasi billboard strategis di dalam tol.
3 Lokasi Billboard Strategis di Dalam Tol
Sejak dulu, jalan tol telah menjadi fasilitas publik yang memiliki peran penting. Jalan tol menghubungkan daerah satu dengan daerah lainnya.
Memudahkan perjalanan pengguna kendaraan untuk sampai ke tempat tujuan. Namun, keberadaan jalan tol tidak hanya sebatas untuk memperlancar mobilitas saja.
Anda bisa memanfaatkannya untuk kepentingan bisnis dengan memasang iklan luar ruangan seperti billboard. Pemasangan billboard di jalan tol, memberikan pengaruh besar untuk membangun brand, pemasaran produk, hingga meningkatkan image perusahaan.
Demi memaksimalkan iklan luar ruangan ini, Anda harus memilih lokasi tol yang strategis. Berikut ini beberapa rekomendasi lokasi billboard strategis di dalam tol yang dapat Anda pertimbangkan.
1. Pinggir Jalan Tol dan Atas Jalanan
Pinggir jalan told an atas jalanan menjadi lokasi pemasangan billboard yang strategis. Pasalnya, merupakan jalan utama dan jalur lalu lintas yang cukup padat.
Jumlah kendaraan yang melewati jalan utama bisa mencapai lebih dari 23.000. Hal ini menjadikan lokasi tersebut sangat ideal untuk pemasangan billboard.
2. Gerbang Tol, Pintu Masuk dan Keluar Jalan Tol
Gerbang tol adalah lokasi yang terletak di ujung jalan tol atau di kota-kota besar. Fungsinya untuk mengatur aliran lalu lintas jalan tol dan penarikan biaya kepada pengemudi yang ingin memasuki atau meninggalkan jalan tol.
Sebagai lokasi pertama dan terakhir, pemasangan billboard di dekat gerbang tol dapat menjadi pusat perhatian. Pandangan pengguna jalan tol akan langsung tertuju pada billboard. Bahkan, sembari menunggu antrian masuk jalan tol, mereka akan membaca informasi iklan yang tertera pada billboard sebagai pengisi waktu luang.
3. Rest Area
Lokasi billboard strategis di dalam tol selanjutnya yakni rest area. Rest area adalah lokasi jalan tol yang memungkinkan pengemudi untuk berhenti sejenak.
Biasanya, rest area dilengkapi dengan fasilitas toilet, warung makan, dan tempat parkir. Sebagai tempat pemberhentian, rest area seringkali dipenuhi dengan pengguna jalan tol. Hal ini memberikan peluang lebih besar pada iklan billboard untuk diketahui oleh banyak orang.
Manfaat Menggunakan Lokasi Billboard Strategis di Jalan Tol
Mungkin, sebagian orang atau perusahaan meragukan efektivitas iklan billboard di dalam tol. Justru sebaliknya, pemilihan lokasi yang strategis mendatangkan banyak manfaat, berikut ulasannya.
1. Menjadi Pusat Perhatian
Billboard yang Anda posisikan secara taktis di pinggir jalan tol, gerbang tol, maupun rest area, memastikan tampilan besar yang selalu terlihat dan menarik perhatian. Meskipun orang memiliki kemampuan untuk mengabaikan iklan online atau mengganti saluran saat iklan ditampilkan, mereka tidak dapat menghindari melihat billboard sepanjang hari.
2. Promosi Efektif yang Berkelanjutan
Anda bisa mengeluarkan biaya besar untuk iklan radio atau TV, tetapi hanya menjamin iklan ditayangkan beberapa kali sehari. Sebaliknya, billboard bekerja nonstop 24/7.
Pelanggan mungkin hanya melihat suatu merek atau layanan sekali dua kali melalui media lain, tetapi billboard memberikan paparan berulang saat orang terus melewatinya. Walaupun pesannya lebih singkat dibanding bentuk iklan lain, pesan tersebut memiliki daya ingat yang lebih baik karena selalu hadir tanpa memandang waktu.
3. Strategi Lokasi yang Sesuai
Ketika berbicara tentang billboard, pilihan lokasi sangat vital. Anda memiliki kendali penuh dalam memilih lokasi yang sesuai untuk menyampaikan pesan. Manfaatkan lokasi billboard strategis di dalam tol untuk menargetkan segmen pelanggan.
4. Meningkatkan Kesadaran Merek
Billboard mungkin tidak secara langsung menghasilkan respons instan, seperti mengarahkan pelanggan ke situs web atau mendorong panggilan ke toko. Namun, billboard memiliki kemampuan yang kuat dalam membangun kesadaran merek.
Sebagian besar orang sering melihat billboard yang sama berkali-kali di jalan tol. Hal ini dapat menciptakan ingatan yang kuat dan mengaitkannya dengan merek serta perusahaan yang ada di baliknya.
Desain papan reklame yang menarik dan berkesan, memberikan peluang terbaik bagi calon pelanggan untuk memahami bisnis dan menjadikannya sebagai kenangan yang tahan lama.
5. Menggapai Berbagai Pelanggan
Penggunaan billboard memungkinkan perusahaan mencapai pelanggan dalam jumlah besar melalui satu pendekatan periklanan. Daripada memerlukan upaya dan biaya tambahan untuk mengidentifikasi dan menargetkan kelompok pelanggan khusus, billboard di jalan tol memungkinkan Anda untuk mencapai beragam populasi umum.
Selain itu, billboard secara proaktif membawa pelanggan kepada Anda, menghemat waktu dan anggaran iklan yang mungkin Anda keluarkan untuk mencapai calon pelanggan. Hal ini sangat menguntungkan untuk bisnis dengan jangkauan layanan yang melibatkan berbagai demografi. Selain itu, pemanfaatan lokasi billboard strategis di dalam tol juga membantu menjangkau pelanggan yang mungkin tidak terduga tertarik pada perusahaan Anda.