Rebound Ads
Repetisi, Salah Satu Unsur Penting Dalam Iklan

Repetisi, Salah Satu Unsur Penting Dalam Iklan

22 Jan 2021
Menonton Televisi. Sumber : Addiction.id, Klikdokter.co

Banyak unsur – unsur yang perlu diperhatikan dalam perencanaan iklan, pembuatan iklan, hingga penayangan iklan. Salah satu yang terpenting dalam proses penayangan iklan adalah unsur repetisi. Repetisi adalah banyaknya pengulangan atau penayangan materi iklan secara berkala kepada pembaca atau penonton, dengan harapan mereka dapat memahami dan mengingat pesan iklan yang diperlihatkan. Seperti pada iklan ditelevisi, kita mungkin pernah melihat suatu iklan yang ditayangkan secara berulang – ulang secara beruntun. Hal ini menandakan pentingnya repetisi agar pesan yang ingin disampaikan pengiklan benar-benar sampai di benak penerima pesan iklan. Begitu juga yang terjadi pada media iklan luar ruang, semakin banyak iklan tertayang di videotron atau semakin banyak lokasi iklan billboard maka akan semakin baik repetisinya.

Terlebih kondisi yang terjadi pada iklan luar ruang tentu berbeda tingkat kesulitannya dengan kondisi iklan dalam ruang. Pada kondisi dalam ruang keadaan cenderung kondusif dan jarang terjadi banyak gangguan (noise), sehingga peluang perhatian penonton pada iklan lebih tinggi. Bahkan dalam keadaan yang normal biasa terjadi kita seolah seperti bersedia menerima iklan karena kita sedang menggunakan media yang memang memuat iklan. Seperti menonton acara Televisi yang tentu terdapat sesi iklan komersial dan bermain media sosial yang sering kali juga bermunculan iklan-iklan.

Tidak Kondusifnya Kondisi di Jalan Raya. Mediaindonesia.com, Liputan6.com

Namun pada kondisi luar ruang, iklan tidak begitu saja mudah dilihat sebab banyak gangguan (noise) yang dihasilkan dari tidak kondusifnya suasana yang ada. Banyak pengguna jalan yang teralihkan atau fokus terhadap tujuan mereka masing-masing. Seperti beberapa ada yang fokus menantikan lampu lalu lintas, beberapa ada yang memilih bermain telepon, ada yang fokus menyeberang jalan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu mendapatkan perhatian pengguna jalan merupakan prioritas utama dalam beriklan di luar ruang.

Sebab itu pula, sering kali kita melihat dan mendengar tentang iklan-iklan luar ruang yang unik dan kreatif. Karena pada dasarnya iklan tersebut berusaha menjadi pusat perhatian di tengah banyaknya noise yang ada di jalan raya. Namun nyatanya mengemas iklan luar ruang dengan unik tidak mudah diaplikasikan, bahkan iklan yang unik sekalipun tidak jadi jaminan menjadi pusat perhatian karena repetisinya yang rendah. Tentunya untuk mengatasi kendala tersebut  dibutuhkan repetisi yang tinggi untuk sebuah iklan luar ruang.

LED Videotron Ornamen Kujang Bogor. Sumber : Mediamove

Mediamove menjawab solusi kekhawatiran tersebut dengan hadirnya serangkaian LED Videotron Ornamen Kujang yang berlokasi di Jl. Raya Padjajaran, Bogor, Jawa Barat. LED Videotron dengan konsep serangkai seperti ini biasanya kita temui dapat berjumlah empat hingga 10 LED. Namun LED Videotron Ornamen Kujang memiliki sejumlah 15 LED Videotron dengan ukuran 1,5m x 3m yang berjejer sepanjang Jl. Raya Pajajaran, dimulai dari RS. Siloam sampai dengan Botani Square.

Repetisi yang dihasilkan tentunya akan sangat tinggi, mengingat LED Videotron tersebut dipasang sepanjang 500m. Lokasinya pula sangat premium, berdekatan dengan Mall, Rumah Sakit hingga Istana Negara Bogor. Hal ini menjadikan Jalan ini banyak dilalui pengguna jalan yang bahkan hariannya menyentuh ratusan ribu kendaraan. Karena jalan ini pula akses yang biasa dilalui wisatawan yang akan ke Puncak dan juga jalan ini menerapkan sistem satu arah.

LED Videotron Ornamen Kujang ini menayangkan sebanyak 432 tayangan untuk satu slot dalam seharinya dan ditayangkan sebanyak 15 LED, sehingga tentunya impresi dan repetisi yang dihasilkan akan sangat baik. Hadirnya 15 LED sepanjang jalan juga menambah peluang iklan menjadi diperhatikan oleh pengguna jalan. Namun di atas tingginya repetisi sebuah media iklan, tetap diperlukan materi iklan yang unik, mudah dipahami, dan menarik. Agar menghasilkan daya beli dan mencapai tujuan dalam beriklan itu sendiri.

Bagi Anda yang memiliki ide beriklan unik seperti ini, MediaMove memiliki sejumlah billboard dan videotron dengan lokasi premium dan strategis. Untuk interaksi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami di 0813-1301-0116 dan Anda juga dapat mengikuti akun media sosial kami untuk mengetahui perkembangan seputar dunia iklan luar ruang.