Rebound Ads
Saat Pandemi Ini KFC Stop Slogan It’s Finger Lickin Good

Saat Pandemi Ini KFC Stop Slogan It’s Finger Lickin Good

30 Jun 2021

KFC stop slogan untuk sementara waktu. Kentucky Fried Chicken atau KFC tersebut sebelumnya telah menggunakan slogan yakni it’s finger Lickin’ Good. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti rasanya membuat ingin menjilat jari.

Dari slogan tersebut dinyatakan bertolak belakang dengan situasi pandemi Covid-19 kali ini. Terutama tengah menyerang semua negara di dunia. Hal ini bertolak belakang, pasalnya setiap orang diharuskan menjaga kebersihan dan cuci tangan untuk mengurangi penularan virus Corona yang tengah melanda ini.

KFC Stop Slogan dan Meminjam Slogan Lain Sementara Waktu

Source : https://www.itsnicethat.com/news//

Melansir dari Reuters, dari pihak KFC mengatakan saat semua orang harus menggunakan masker serta mencuci tangan, slogan KFC tersebut memang dirasa kurang tepat.

Dari keterangan pada siaran pers KFC, slogan tersebut sudah digunakan selama 64 tahun, dan akan dihentikan sementara waktu. Hal ini tentu di seluruh iklan promosi KFC seluruh dunia mulai hari Senin 24 Agustus 2020.

Sedangkan kepala pemasaran global KFC yakni Catherine Tan Gillespie menyatakan bahwa mereka mendapati dalam situasi unik lalu memiliki slogan ikonik yang tidak sesuai dengan lingkungan dan situasi saat ini. Itulah mengapa KFC stop slogan.

Bahkan salah satu iklan dalam video pendek pada saluran channel YouTube KFC Inggris beserta Irlandia, kata “Finger Lickin” telah disamarkan sehingga tidak begitu jelas. Bahkan iklan tersebut kemudian berakhir dengan tagline “Hal itu yang selalu kami ucapkan? Abaikanlah untuk kini”.

Source : https://www.itsnicethat.com/news//

Alasan Mendasar Pemberhentian Slogan Sementara

Sebelumnya beberapa pihak telah memberi kritikan iklan KFC tersebut. Karena menampilkan perilaku yang tidak sesuai dengan standar kesehatan pada masa pandemi Covid-19 saat ini. Iklan ini yang beredar menunjukkan orang-orang menjilati jari mereka sendiri serta jari teman setelah mereka memakan ayam.

Tagline tersebut memang dianggap sangat tidak cocok digunakan saat ini. Perubahan terjadi karena dunia sedang pandemi. Perwakilan peninggi KFC memberikan pernyataan bahwa penangguhan akan mempengaruhi penggunaan tagline iklan secara global untuk sementara waktu saja hingga keadaan membaik.

Beberapa langkah-langkah keamanan untuk mencegah penyebaran virus Corona dari Pusat Pengendalian dan pencegahan penyakit CDS AS telah menyerukan untuk menghindari dalam menyentuh mata, mulut dan hidung terutama dengan tangan yang tidak dicuci dengan bersih. Sehingga KFC stop slogan mereka.

Perusahaan yang merupakan anak perusahaan YUM! brands yang berpusat di Louisville, KFC itu memberitahukan kepada para pelanggan setia untuk tak khawatir terhadap penggantian slogan. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa slogan tersebut akan kembali pada waktu yang tepat nantinya.

Beberapa Slogan Lain

Karya seni menunjukkan slogan ayam KFC yang diberikan caption dengan berbagai tagline yang dapat dikenali dan dipinjam dari Nike ” Just Do it”, Snickers “You’re Not You When You’re Hungry”, Sampo Bayi Johnson “Tidak Ada Lagi Air Mata”, Tesco “Setiap Sedikit Membantu”, Marmite “Anda menyukainya atau membencinya”, dan bahkan saingan dekat McDonald’s “I’m Lovin It”. Red Bull “Gives You Wings”, dan L’Oreal “Because You’re Worth It” nampak hampir semua sempurna.

Namun secara teknis hukum tetap harus dijunjung. KFC stop slogan yang merupakan bentuk sanjungan tertinggi dan tampak baik sesuatu menunjukkan betapa terkesannya slogan merek lainnya.

Source : https://www.itsnicethat.com/news//

Pada siaran pers KFC mengatakan bahwa mereka hanya bersenang-senang serta tak memiliki apa-apa selain rasa hormat terhadap merek yang sudah ditampilkan tersebut. Namun apakah mereka akan menggunakan slogan-slogan mereka jika tidak menyukainya.

Direktur pemasaran menambahkan bahwa mereka berharap manajer merek tersebut tidak keberatan jika KFC meminjam slogan mereka selama 48 jam kedepan, bahkan mereka berjanji akan mengembalikannya.

Tindakan Perubahan Slogan

Mereka mengumumkan kampanye pemasaran terbaru yang cerdas dan mengaburkan slogan yang ditampilkan di papan reklame lama dan tanda-tanda dalam iklan rilis di halaman YouTube.

Begitu juga dengan restoran cepat saji lainnya, KFC stop slogan dan menutup sementara ruang makan dan mendorong pelanggan untuk memesan melalui drive thru atau bahkan pengiriman. Selain itu, memasang pelindung meja Plexiglas antara karyawan dengan pelanggan.

Bahkan KFC mewajibkan para pekerjanya untuk memakai masker dan menerapkan pemeriksaan kesehatan sebelum shift. Perusahaan juga menampilkan tampilan baru melalui video YouTube yang menunjukkan slogan Pixelates dan pada wadah makanannya dengan kata “Hal itu yang selalu kami katakan? Abaikan saja untuk saat ini.”

Namun memang dalam beberapa komentar yang ada di media sosial menyebutkan slogan tersebut tidak berbahaya untuk kesehatan karena mereka telah makan dengan tangan mereka sendiri. Namun dari kata menjilati jari tersebut yang justru menimbulkan kekhawatiran sejak pandemi ini dimulai.

Otoritas Standar Periklanan menerima 163 keluhan tentang iklan TV KFC yang menampilkan orang menjilati jari mereka. Bahkan para pelapor menilai iklan tersebut tidak bertanggung jawab karena mendorong perilaku yang dapat meningkatkan peluang penyebaran Covid-19. Akhirnya KFC stop slogan mereka sementara waktu.