Billboard atau papan iklan kreatif merupakan strategi pemasaran yang sudah diperkenalkan sedari lama. Penempatan billboard biasanya kerap kita temukan pada jalan raya atau jalan tol dengan berbagai ukuran sehingga setiap orang bisa melihatnya dari jarak jauh. Billboard juga kerap dikenal sebagai reklame dimana di dalamnya tidak hanya berupa informasi komersial, namun juga bisa berupa pengumuman non-komersial. Sebagian besar konten dari reklame adalah slogan atau gambar berukuran besar yang bisa diingat publik.
Untuk itu perlu dipertimbangkan konten singkat yang bisa membekas di pikiran para pengendara maupun pejalan kaki jika billboard ditempatkan pada persimpangan. Uniknya bahkan contoh papan reklame ini dapat dijadikan sarana promosi sponsor di televisi juga. Biasanya dengan mengambil latar tempat persimpangan jalan, diperlihatkan reklame dengan gambar dan kalimat produk tertentu. Secara tidak langsung, di samping berperan sebagai media iklan offline, juga berperan serta atas kolaborasinya dengan kemajuan teknologi digital.
Beberapa referensi material yang kerap dijadikan bahan pembuatan papan iklan kreatif meliputi fiberglass, kain, kaca, logam, dan juga kayu. Masing-masing material memiliki keunggulan tersendiri yang pastinya turut mendukung periklanan berbagai produk.
Fungsi Media Iklan Luar Ruangan Billboard
Secara sederhana kita sudah diperkenalkan lebih jauh dengan papan iklan kreatif atau billboard. Bukan hanya papan biasa, namun memiliki sejumlah fungsi, seperti:
1. Berperan sebagai media promosi yang diletakkan pada luar ruangan sehingga jangkauan audiens bisa lebih luas.
2. Dapat dijadikan sebagai perkenalan, penguat, dan pengingat suatu brand maupun informasi di dalamnya kepada siapapun yang membaca atau sekadar melihat.
3. Terbilang selaku informasi paling ampuh, selain videotron Jakarta karena walaupun orang sekelebat melirik, apabila desain dan kalimat penegas dicetak jelas maka informasi utuh akan diterima utuh pula.
4. Strategi perusahaan untuk mendapatkan perhatian masyarakat, meskipun isinya mengandung kontroversi atau membuat pembaca mengernyitkan kening.
Garis bawahi poin nomor 4, terkadang ketika membaca papan reklame, kita dibuat terheran-heran dengan slogan maupun kalimat di dalamnya. Terkesan tidak masuk akal atau konyol, namun justru hal aneh tersebut yang melekat di ingatan hingga kita susah lupa. Iklan luar ruangan berupa papan iklan kreatif bisa dibilang sebagai media promosi sekejap mata sebab sebentar saja orang bisa paham apa isinya. Tidak heran jika penempatannya kebanyakan di jalan raya dan persimpangan karena dari jauh orang sudah bisa menangkap maknanya.
Jenis-jenis Reklame Berdasarkan dari Desainnya
Bicara soal papan iklan kreatif, nampaknya kita akan berfokus pada reklame yang kerap dipasang di jalan raya. Padahal jenis-jenis billboard sendiri ada banyak, diantaranya:
1. Inflatables
Jenis inflatables ini cukup unik karena konsepnya menambahkan sedikit bagian 3 dimensi pada bidang 2 dimensi. Contohnya iklan cat dengan objek 3d-nya adalah orang yang seolah sedang memegang kuas sehingga terkesan papan billboard seperti tembok.
2. Poster Panel
Poster panel ini secara kasat mata seperti banner, namun yang membedakan adalah ukuran dari poster panel jauh lebih besar dibandingkan banner. Selain itu ditempatkan pada media kokoh, seperti kertas flexy yang akan berdiri tegak meskipun diterjang angin dan hujan.
3. Neon Box
Neon box berbentuk kotak, bundar, atau lainnya dengan tulisan atau gambar menyala dari efek lampu di sekitar media. Biasanya identik dengan media pemberitahuan atau informasi suatu toko agar pelanggannya tahu di mana lokasi toko mereka, meskipun dari kejauhan.
4. Prismatext
Prismatext ini tidak ubahnya seperti neonbox, namun yang membedakan adalah ada pergantian objek pada beberapa waktu. Objeknya tidak bergerak, seperti pada videotron Jakarta, melainkan seperti slide yang berganti dari satu bagian ke bagian lain.
5. Geometrics
Sekilas orang akan melihat jenis billboard geometrics seperti papan 3 dimensi yang memberikan informasi tertentu. Namun, faktanya visualisasi tersebut hanya ilusi sehingga memberikan kesan lebih menarik, meskipun faktanya bukan 3 dimensi.
6. Neonsign
Neonsign tidak jauh berbeda dengan neonbox, namun dari segi bentuk jelas memiliki perbedaan. Neonsign berbentuk huruf atau ikon tertentu yang bisa mengeluarkan cahaya dari lampu ketika dilakukan pengaturan papan billboard Jakarta.
Untuk meningkatkan strategi pemasaran, pemasangan papan iklan kreatif bisa digunakan oleh perusahaan besar maupun bisnis yang baru dirintis. Bisa ditempatkan pada persimpangan maupun jalan raya atau di depan toko tempat berdagang atau menjual jasa.
Ide Kreatif Papan Iklan Luar Ruangan
Apakah Anda salah satu orang yang butuh ide referensi papan iklan kreatif untuk memperkenalkan produk atau bisnis kepada khalayak?
Berikut ini ada beberapa ide desain papan iklan luar ruangan dari beberapa negara yang terbilang kreatif. Ada diantaranya dari Indonesia, apa saja? ini dia:
1. Allstate Car Insurance, AS
Perusahaan asuransi mobil asal Amerika Serikat ini memiliki cara unik untuk mengiklankan produk jasanya. Mereka memilih lantai tinggi suatu gedung untuk memasang billboard dilengkapi dengan ilustrasi seolah sebuah mobil akan jatuh dari lantai gedung tersebut.
2. Formula, Indonesia
Billboard Jakarta tidak kalah unik dari segi ide untuk menunjukkan kreativitas marketing. Salah satunya kerap kita temui di jalan raya, iklan Formula dengan seorang pria menggigit papan billboard hingga terlihat besi-besinya ikut terlepas, namun tentu saja ini ilusi.
3. Oldtimer, Austria
Sebuah restoran di Austria mengiklankan restorannya dengan cara memasang billboard pada terowongan sehingga semua kendaraan yang lewat seolah tertelan oleh objek pada media iklan tersebut. Hal ini mengindikasikan semua hal dapat dimakan dari menu resto Oldtimer.
4. Panasonic, Indonesia
Hal yang tidak kalah unik dari nomor 2 di Indonesia, yang diiklankan adalah alat pemangkas bulu hidung. Uniknya, iklan dibuat seolah seorang pria dengan bulu hidung super panjang terpasang pada media reklame dan membutuhkan alat pemangkas tersebut segera.
Tentu saja Anda tidak perlu meniru gaya iklan di atas secara persis, namun ide kreatifnya dapat dijadikan sebagai referensi ketika membutuhkan papan iklan kreatif. Semakin unik desainnya maka semakin mudah dan lama orang akan mengingat produk yang diiklankan.
Bentuk-bentuk Papan Iklan di Indonesia
Lebih luas, billboard sendiri memiliki 4 macam bentuk, diantaranya ada horizontal front light, horizontal back light, vertikal front light, dan vertikal back light. Sesuai dengan penamaannya, papan iklan kreatif horizontal berbentuk lebih panjang ke samping. Sementara yang vertikal akan membentuk lebih panjang ke atas. Kemudian untuk posisi lampu, front light artinya lampu ditempatkan pada bagian depan reklame. Sementara itu untuk back light, lampu ditempatkan pada bagian belakang reklame, baik vertikal atau horizontal.
Penggunaan lampu ini amat mendukung efektivitas iklan, terutama ketika malam hari atau dalam cuaca gelap. Juga mendukung tersampaikannya pesan kepada pengendara maupun khalayak dari kejauhan, meskipun sedang berkendara dalam kondisi jalanan lancar. Butuh media papan iklan kreatif bergaya unik untuk mendukung pemasaran produk? yuk, hubungi Mediamove di nomor WhatsApp 08111240116 sekarang juga. Atau jika sudah mengunjungi web tinggal lirik sebelah kanan bawah dan klik ikon WhatsApp yang tersedia.