Rebound Ads
Tahun 2023 Menjadi Potensi Popularitas Media Iklan Luar Ruang Melambung

Tahun 2023 Menjadi Potensi Popularitas Media Iklan Luar Ruang Melambung

16 Mar 2023

Popularitas media iklan luar ruang pada tahun 2023 semakin melambung. Menyambut awal tahun 2023 terdapat insight-insight menarik yang perlu marketers ketahui. Salah satunya yaitu potensi popularitas Out of Home atau OOH. OOH merupakan media iklan untuk luar ruang yang nantinya diperkirakan jadi tren pengiklanan secara global termasuk Indonesia.

Tahun 2023 Menjadi Potensi Popularitas Media Iklan Luar Ruang MelambungGambar oleh StockSnap dari Pixabay

Potensi Popularitas Media Iklan Luar Ruang akan Melambung pada Tahun 2023

Harvard Business Review menghasilkan penelitian yang menyatakan bahwa perikanan konvensional akan populer kembali. Hari itu ditandai dengan adanya audience TV yang semakin menurun serta biaya iklan digital juga semakin mahal.

Media iklan luar ruang dipercaya bisa memberikan pertumbuhan bagi brand awareness untuk para marketers. Saat ini mayoritas konsumsi iklan berada pada ranah personal salah satunya melalui gadget.

Hadirnya media iklan luar ruang bisa menjadi jembatan pada pribadi dan ranah publik. Media iklan luar ruang bikin populer karena tujuh pendorong utama. Berikut merupakan faktor pendorong dari popularitas media iklan luar ruang yang semakin melambung tahun 2023:

1. Konsumen Percaya pada Iklan Konvensional

Sebuah survei menemukan fakta lain bahwa 5 media paling terpercaya yaitu media iklan luar ruang, sedangkan ikan digital hanya masuk pada peringkat 8 ke bawah. Media iklan luar ruang dan media iklan area publik telah mendapatkan kepercayaan 69% dari konsumen. Berbeda dengan pop up ads yang hanya mendapatkan kepercayaan 25% saja.

Maka dari itu, para marketers perlu beralih ke periklanan konvensional. Hal itu perlu marketing lakukan untuk membangun kepercayaan brand dan kredibilitas dengan konsumen.

2. Iklan Digital Bisa Dilewati

Faktor pendorong popularitas media iklan luar ruang semakin melambung selanjutnya yaitu iklan digital bisa dilewati. Sebuah telah menemukan bahwa sebanyak 57% audiens tidak menyukai iklan digital sebelum video diputar. Bahkan 43% audiens telah mengklik tombol skip untuk tidak menonton iklan tersebut.

Bagi sebagian orang iklan digital sebelum video bisa mengganggu kenyamanan ketika melakukan streaming. Maka dari itu, para marketers perlu melakukan iklan pada media iklan luar ruang yang kontennya bisa terlihat oleh para audiens. Hal itu karena media iklan luar ruang karena bersifat unskippable.

3. Dengan Memanfaatkan Podcast

Podcast menjadi salah satu bentuk dari media digital. Walaupun begitu, podcast tidak sama dengan iklan pada media sosial yang sering muncul. Hal itu karena podcast menggunakan pendekatan sesuai dengan kebutuhan.

Podcast menjadi salah satu media yang memungkinkan dikonsumsi ketika bepergian keluar rumah. Dengan begitu bisa bersinergi atau menyerap dengan konten iklan luar ruang. Hal ini bisa disebut penargetan iklan omnichannel.

4. Dapat Berkolaborasi dengan Media Digital

Popularitas media ikan luar pada tahun 2023 melambung karena bisa berkolaborasi dengan media digital. Teknologi digital bisa semakin memperkuat media konvensional. Hal itu terjadi pada awal tahun 2020 yang lalu.

Media fungsional akan membentuk pondasi campaign yang bisa mendorong interaksi audiens pada media digital. Masih keduanya bisa terukur untuk mengembangkan data analitik pasaran yang kuat terkait dengan ROI.

5. Untuk Mempersiapkan Hilangnya 3D Party Cookies

Media iklan luar ruang melambung pada tahun 2023 sebagai persiapan hilangnya 3D party cookie. Marketers sering mengandalkan 3D party cookie untuk menargetkan dan melacak konsumen selama ini. Tetapi, Google memiliki kebijakan baru yaitu 3D party cookie dengan bertahap. Selain itu, Apple juga menerapkan pada sistem operasi iOSnya.

Maka dari itu, bisa menjadi perubahan baru pada industri pasar 2023 yang akan datang. Sebuah survei CMO menemukan bahwa 19,8% marketers Amerika Serikat setuju apabila mereka memfokuskan untuk memperluas jangkauan berikan sekaligus investasi lebih banyak pada iklan konvensional.

6. Media Iklan Luar Ruang Diperkirakan Akan Berlipat Ganda

Popularitas media iklan luar ruang akan melambung pada 2023 diperkirakan akan berlipat ganda. Digitalisasi industri media iklan luar ruang telah membuka jalan untuk kemajuan fleksibilitas teknologi baru dan kreativitas. Data dan teknologi sudah ada dan memiliki dukungan dengan matrik kinerja canggih.

Maka dari itu masa depan omnichannel sangat kuat pada 3 sampai 4 tahun ke depan. Hal ini bisa marketers manfaatkan untuk menarik minat para konsumen.

7. Dapat Menyempurnakan Eksistensi dari Brand

OOH atau media iklan luar ruang memiliki potensi untuk melambung pada tahun 2023. Hal itu karena media iklan luar ruang sangat cocok untuk menyempurnakan eksistensi brand. Sebagai contoh, TV menawarkan platform content yang emosional, sedangkan media iklan luar ruang akan menawarkan kualitas yang ideal supaya dapat berkoneksi dengan relevan.

Misalnya sebuah perusahaan merayakan kemenangan dengan menayangkan konten pada seluruh aset media iklan luar ruang digital. Hal itu merupakan pilihan yang tepat karena sifatnya penuh makna relevan dan dapat ditempatkan pada waktu yang tepat.

Nah, itu tadi ulasan tentang mendorong popularitas media iklan luar ruang. Media iklan luar ruang memiliki potensi melambung pada tahun 2023. Hal itu bisa marketers manfaatkan untuk melakukan peningkatan dari brand.