Kemajuan teknologi di sektor OOH dapat membantu memperkuat media dengan menargetkan audiens dan mengukur dampak iklan secara keseluruhan. Industri periklanan out-of-home (OOH) mencakup periklanan digital out-of-home (DOOH) dan programmatic digital OOH (PDOOH). Teknologi modernisasi iklan OOH sangat diperlukan untuk mendapatkan manfaat lebih banyak.
Sebelumnya penggunaan DOOH selama pandemi Covid-19 tumbuh pesat, namun pada akhirnya memperburuk kepentingan penerbit dalam meningkatkan strategi transformasi digital. Bahkan sangat sulit untuk mengeksplorasi cara inovatif dan kreatif untuk mempertahankan pembelanjaan iklan di masa sebelumnya.
Kemajuan teknologi telah meningkatkan proses dari iklan OOH, DOOH, PDOOH, serta membawa inovasi, transparansi, dan akuntabilitas di seluruh tingkatan. Perubahan lainnya adalah cara OOH direncanakan, hingga cara audiens ditargetkan dengan mengukur dampak iklan secara menyeluruh.
Pentingnya Teknologi Modernisasi Iklan OOH
Kemajuan teknologi meliputi hardware dan software yang meningkatkan tiap proses dari iklan OOH. Perspektif tentang pentingnya teknologi sebagai media untuk pengiklanan, sehingga suatu brand dapat memanfaatkan teknologi dalam periklanan OOH dan menyebarkan kampanye yang ditargetkan di berbagai aset dengan berbagai kemudahan.
Teknologi modernisasi iklan OOH saat ini langsung dari statis menjadi dinamis melalui DOOH. Sebelumnya tidak dapat diukur, kini menjadi bisa diukur. Kemudian dari yang lebih luas pada kehidupan menjadi pengalaman dan inovatif.
Peluang Baru Akibat Teknologi Periklanan OOH
Teknologi berperan penting dalam menciptakan peluang baru untuk kampanye. Untuk mencapai inovasi di industri OOH, sebuah brand harus mengambil beberapa jalur.
Pasalnya saat ini teknologi semakin canggih, sehingga siapa saja bisa membuat bermacam-macam hal spektakuler. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melakukan pertunjukan dibantu drone, lampu laser, AI, realitas virtual, dan masih banyak lagi. Ini akan meningkatkan visibilitas brand dan mewujudkan beberapa ide inovatif.
Teknologi modernisasi iklan OOH terprogram, misalnya sebuah brand dapat menyinkronkan pemicu waktu nyata berbasis kampanye. Selain itu, skor olahraga, cuaca, iklan dengan jadwal penerbangan, atau yang lainnya. Brand tersebut juga dapat memaksimalkan kampanye berdasarkan pergerakan audiens atau kendaraan dan rentang waktu. Keuntungan tambahan lainnya adalah penayangan iklan kontekstual dan dinamis dalam hal teknologi terprogram di DOOH.
Dengan demikian, brand tersebut mempunyai interaksi penuh makna dengan konsumen di ruang terbuka dengan menggunakan data dan inovasi, tentu saja berkat dukungan teknologi canggih. Peningkatan teknologi ini akan membantu menentukan target, target ulang, keterlibatan audiens, dan pengukuran.
Penggunaan papan reklame digital merupakan upaya pemanfaatan teknologi modernisasi iklan OOH. Lalu pengiklan harus membuat konten dinamis yang bisa berubah sepanjang masa kampanye tersebut dan meningkatkan dampak dari iklan.
Bahkan, bila perlu melibatkan audiens dengan memberikan penawaran elemen augmented reality agar berinteraksi dengan iklan memakai perangkat seluler mereka. Mengukur dan mengintegrasikan pengalaman pelanggan online dan offline dengan tepat juga sangat penting.
Efek Perubahan Teknologi dalam Strategi Pemasaran
Teknologi modernisasi iklan OOH lebih akuntabel dalam hal memberikan tayangan dan evolusi kampanye. Pergeseran dasar yang diusung teknologi adalah dari screen buying beralih ke audience buying.
Saat ini, strategi pemasaran menggunakan titik data untuk mempengaruhi konsumen di beberapa tingkatan. Materinya sangat relevan dan cocok memakai DOOH.
Bahkan, teknologi menerapkan strategi multi saluran dengan memanfaatkan data. Sehingga memungkinkan suatu brand menargetkan audiens di seluruh DOOH dan seluler melalui brand paralel dan penargetan ulang. Teknologi berbasis data lokasi memungkinkan merek untuk mengaktifkan kampanye hiperlokal dan menayangkan iklan terarah.
Pergeseran teknologi yang paling menonjol di industri OOH adalah mengintegrasikan strategi pemasaran untuk melengkapi saluran seluler, ritel sosial, atau sejenisnya. Dengan seluler, pemasar lebih paham kapan, dimana, dan bagaimana menjangkau audiens target di waktu dan lokasi terbaik dengan memakai kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin.
Kemajuan Teknologi Terbaru di OOH
Sekarang ini, banyak DOOH terpasang di semua titik kontak, mulai jalanan hingga papan iklan furniture. Kemudian di beberapa titik transit seperti bandara, terminal, stasiun, dan lain sebagainya. Iklan berbasis lokasi dan terprogram ini fleksibel bagi pengiklan, pasalnya dapat memutuskan siapa target dan bagaimana menargetkan ulang.
Teknologi modernisasi iklan merupakan katalis utama dalam kemajuan OOH. Kemajuan teknologi hardware antara lain kualitas layar, sensor gerak, hingga layar sentuh. Sementara itu, terdapat teknologi terprogram pada perangkat lunak yang menjadi pelopor revolusi cara pengayangan iklan DOOH.
Selain membawa modem ke media tradisional, kemajuan software menjadi media perencanaan cerdas dan platform manajemen data. Lalu menjadi solusi perencanaan kampanye, pengiriman, pengoptimalan, dan pengukuran segala hal yang turut berkontribusi pada kemajuan dalam OOH.
Teknologi modernisasi iklan OOH juga memungkinkan merek untuk menjalankan kampanye omnichannel di semua perangkat dengan mulus. Harapan klien dan agensi OOH adalah terdapat sebuah teknologi yang memanfaatkan pembelajaran mesin tidak hanya untuk memodernisasi saja. Namun dengan tujuan lain seperti meratakan bidang untuk semua peserta.