Rebound Ads
Terkecoh; Iklan Luar Ruang Bikin Netizen Berdebat

Terkecoh; Iklan Luar Ruang Bikin Netizen Berdebat

3 Apr 2022

Setelah perdebatan tak berujung antara bubur diaduk dan nggak diaduk, kini jagad maya kembali dihebohkan soal perdebatan Makan Nasi Padang Pakai Tangan VS Pakai Sendok. Hal ini bahkan sampai menjadi trending topic di Twitter setelah diprakasai oleh Arief Muhammad melalui akun Instagram pribadinya.

Makan Nasi Padang Pakai Tangan VS Pakai Sendok terus berlanjut hingga sebuah papan billboard dipasang pada titik padat kota Jakarta. ‘MAKAN NASI PADANG HARUS PAKAI TANGAN!’, begitulah tulisan putih di atas backgroundhitam ditambah dengan sosok Arief Muhammad berpakaian dan berpose layaknya seorang politikus.

Babak Baru dalam Menjangkau Perhatian Publik

Akhirnya, perdebatan  Makan Nasi Padang Pakai Tangan VS Pakai Sendok menemukan titik temu setelah sebuah postingan Arief Muhammad (6/3) di akun Instagramnya. Hayooo, ada yang ikutan kegocek juga?

Yash! Perdebatan tersebut ternyata adalah strategi di balik sebuah iklan sabun cuci tangan. Netizen terjebak, penggagas iklas wajib dapet bonus yang layak! Sebenarnya, selain popularitas artis dan tema yang diusung, keberhasilan iklan tersebut dalam menarik audiensi publik tidak lepas dari promosi iklan di luar ruang.

Melalui promosi iklan di luar ruang, pemilik brand bisa fokus menjangkau target pasar mereka. Sehingga topik ‘hangat’ yang sedang ramai dibicarakan bisa dikaitkan dengan promosi brand tersebut. Tidak hanya soal keuntungan materi, iklan luar ruang yang dipakai lebih mengarah pada kesadaran merek (brand awareness).

Iklan Luar Ruang Ternyata Masih Efektif

Salah satu keunggulan dari iklan di luar ruang adalah menyampaikan pesan dengan singkat, padat, dan menarik perhatian. Kian efektif ketika ditambah dengan visual yang menohok. Ternyata popularitas media digital tidak sepenuhnya menggeser iklan luar ruang sebagai tempat promosi.

Karena, selain gadget, masyarakat di kota-kota besar juga menghabiskan sebagian waktunya terjebak di jalanan. Nggak heran kalau kampanye Makan Nasi Padang Pakai Tangan VS Pakai Sendok, iklan luar ruang sampai difoto dan dijadikan status media sosial.

3 Jenis Iklan Luar Ruang yang Paling Populer

  1. Billboard atau Baliho

Ciri utama billboard adalah visual yang menarik dengan kata-kata singkat dan gampang diingat. Biasanya dipasang di pinggir jalan besar yang ramai, atau gedung-gedung tinggi dengan jalanan padat di depannya.

Jadi, walaupun berada di tengah titik keramaian, baliho tetap eye catching bagi pengguna jalanan untuk melihat sekilas.

  1. Videotron, LED dan LCD Screen Display

Keunggulan videotron adalah Iklan digital yang menggabungkan efek visual dan motion graphic sebagai media promosi di ruang publik. Iklan luar ruang jenis ini menciptakan iklan yang lebih atraktif dan menarik perhatian. Lokasi penampatannya beragam, seperti di tepi jalan, di sekitar lampu merah, gedung-gedung, atau area perbelanjaan.

  1. Spanduk

Melalui kain rentang, promosi suatu brand biasanya dikaitkan dengan informasi, peristiwa, propaganda, atau slogan yang tengah hangat menjadi perbincangan publik. Selain brand, spanduk juga sering dipakai oleh perusahaan dan  lembaga tertentu untuk promosi event.

 

Selain 3 jenis tersebut, iklan luar ruang yang juga masih digunakan sampai hari ini ada poster, neon box, dan wall painting untuk sarana promosi.

Nah, udah tau kan sekarang seberapa efektifnya iklan luar ruang ini. Promosi tapi butuh lokasi strategis dan iklan luar ruang yang menjangkau khalayak, yuk! Segera pesan pilihan iklan luar ruang kamu lewat #MediaMove dengan klik link ini