Tips menentukan lokasi beriklan yang strategis di Jakarta, menarik untuk Anda simak. Iklan merupakan media promosi yang isinya berupa penyampaian pesan. Dengan tujuan untuk mengenalkan suatu produk maupun jasa, sekaligus menjangkau pasaran yang lebih luas.
Media iklan ada banyak sekali, salah satu yang paling umum digunakan para produsen untuk menawarkan produknya adalah reklame atau billboard. Biasanya, papan billboard ini lebih sering kita temukan di pinggir jalan raya, dalam kawasan kota-kota besar seperti Jakarta.
Jenisnya pun beragam, mulai dari billboard yang berdiri sendiri menggunakan tiang penyangga, atau menempel pada sisi gedung-gedung bangunan. Bahkan tak jarang sejumlah billboard terletak di tempat sempit, hingga saling berdesakan dengan reklame yang lain. Padahal, posisi yang tidak terkondisikan bisa membuat promosi produk kurang maksimal.
Simak Tips Menentukan Lokasi Beriklan yang Strategis di Jakarta
Mengingat posisi billboard yang saling berdesakan sangat tidak efektif untuk menunjang promosi produk. Anda tentu harus memperhatikan secara cermat sebelum memilih lokasinya. Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, sebut saja kondisi jalan, titik yang berpotensi besar menarik atensi masyarakat, dan masih banyak lagi.
Dalam hal ini, Anda pasti tahu jika memasang billboard juga akan dikenai biaya baik operasional maupun pajak. Sehingga pastikan uang yang dikeluarkan tersebut sebanding dengan efektivitas promosi produk. Karena itu, Anda sebaiknya menyimak tips menentukan lokasi beriklan yang strategis di Jakarta berikut ini.
1. Pilih Lokasi Jalan dengan Lalu Lintas Padat
Tips yang pertama adalah memilih lokasi jalan dengan lalu lintas padat. Pemilihan ini bukan tanpa alasan. Mengingat jalanan dengan lalu lintas padat, memungkinkan billboard yang Anda pasang semakin banyak dilihat masyarakat.
Itulah mengapa pemasangan billboard cenderung banyak dilakukan di kota-kota besar seperti Jakarta. Selain itu, jalanan dengan kondisi padat memungkinkan laju kendaraan berjalan lambat bahkan sering macet.
Potensi ini ternyata sangat baik untuk membuat billboard dilihat banyak pengguna jalan. Berbeda halnya dengan kondisi jalanan lengang, maka laju kendaraan relatif kencang. Sehingga para pengguna kendaraan menjadi tidak sempat melihat informasi yang terpampang di papan iklan tersebut.
2. Pilih Titik Tegak Lurus dengan Arah Pandang Audiens
Audiens yang dimaksud dalam hal ini adalah para pengguna kendaraan, baik roda dua maupun empat, yang akan melewati jalanan tempat Anda memasang billboard tersebut. Pemilihan lokasi tepat untuk memasang billboard, salah satunya adalah berada di titik tegak lurus dengan arah pandang para audiens.
Pasalnya, fokus utama para pengguna kendaraan adalah jalan di depannya. Dengan begitu, Anda sebaiknya memilih lokasi tepat di depan arah kemana kendaraan tersebut bergerak. Upayakan untuk tidak meletakkan di sisi kiri atau kanan jalanan, dengan kapasitas sempit dan berdesakan. Apalagi jika ukuran billboard Anda cukup kecil.
Memilih titik yang tegak lurus dengan arah pandang pengguna kendaraan, juga turut meningkatkan kemampuan mereka dalam mengenali objek di depannya. Sehingga peluang iklan terlihat oleh pengguna jalan juga semakin besar.
3. Pilih Titik-Titik Pemberhentian Kendaraan
Tips menentukan lokasi beriklan yang strategis di Jakarta selanjutnya, adalah memilih titik dimana kendaraan berpotensi akan berhenti, atau setidaknya mengurangi laju kendaraan. Seperti di kawasan lampu merah, titik persimpangan maupun lokasi penyempitan jalan.
Biasanya, di titik-titik tersebut kendaraan akan berhenti beberapa saat. Terutama untuk menunggu lampu hijau, atau kondisi jalan yang memungkinkan kendaraannya kembali melaju. Selama menunggu, para pengguna kendaraan tentu akan memperhatikan kondisi di sekelilingnya. Tak terkecuali membaca sekilas informasi dari sejumlah reklame yang berjajar.
4. Memasang Billboard di Pintu Masuk Fasilitas Publik
Pintu masuk sebuah fasilitas publik ternyata juga menjadi tempat strategis untuk memasang iklan billboard. Karena biasanya, di sekitar lokasi tersebut terjadi penurunan laju kendaraan bermotor. Terlebih ketika terdapat penumpukan kendaraan yang akan masuk ke suatu fasilitas publik.
5. Pilih Jalanan Menikung
Tips menentukan lokasi beriklan yang strategis di Jakarta satu ini cukup jarang orang ketahui. Padahal, jalanan menikung mampu membuat pandangan pengguna kendaraan langsung fokus ke titik yang ada di depannya.
Jika meletakkan media iklan secara baik, maka fokus mereka akan langsung menuju ke billboard milik Anda. Terlebih ketika tikungan tersebut didominasi padatnya kendaraan, maka potensi billboard untuk mendapat perhatian akan semakin besar.
6. Pilih Titik di Dekat Jembatan Layang
Tips menentukan lokasi beriklan yang strategis di Jakarta terakhir yaitu dekat jembatan layang. Di kota-kota besar seperti Jakarta, jembatan layang ternyata mampu menunjang efektivitas media iklan billboard. Meski demikian, Anda tetap harus cermat dalam mengatur posisinya agar mudah terlihat.
Menempatkan billboard di salah satu sisi jalan layang, memungkinkan pengguna jalan melihat informasi tersebut dari berbagai arah. Tak hanya yang berada di jembatan layang saja, namun juga pengguna kendaraan di bawahnya. Selain itu, sisi jembatan layang juga minim penghalang, sehingga informasi yang terpampang bisa semakin jelas.
Demikian tadi sejumlah tips menentukan lokasi beriklan yang strategis di Jakarta, dan kawasan kota-kota besar lainnya. Pastikan membuat billboard dengan ukuran yang sesuai, sehingga mendukung visualisasi para audiens agar semakin maksimal. Sekian, semoga bermanfaat!