Di era serba digital seperti sekarang ini, sudah tidak heran lagi apabila OOH membentuk persepsi premium pada brand. OOH itu sendiri memiliki kepanjangan Out of Home Advertising. Hal ini berarti iklannya berada di luar ruangan.

Contohnya pun beragam. Mulai dari baliho, billboard, LED screen dan lain sebagainya. Saat memasang iklan OOH, popularitas brand bisa semakin unggul di pasaran.
Iklan OOH Membentuk Persepsi Premium pada Brand
OOH bisa membentuk persepsi premium pada brand saat ditempatkan di lokasi yang tepat. Lokasi tersebut terbilang premium dan eksklusif. Mulai dari Bundaran CPI, pusat kota, GBK sampai dengan landmark.
Penempatan OOH di lokasi eksklusif tersebut bisa memberikan efek psikologis dan visual. Efek ini bisa membuat tingkat penjualan produk maupun penggunaan jasa jadi semakin meningkat. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Untuk informasi selengkapnya, bisa cek uraian berikut.
Efek Psikologis
Saat memasang iklan, lokasi memang menjadi salah satu pertimbangan yang harus diperhatikan secara matang. Apabila lokasinya salah pilih, tentu hasilnya tidak memuaskan. Maka dari itu, penempatan iklan di lokasi eksklusif tadi memang menguntungkan.
Hal ini karena iklan tersebut mampu memberikan efek psikologis. Karena lokasinya strategis, siapa saja jadi lebih mudah untuk melihat iklannya. Ketika melihat iklan tersebut, audiens sulit untuk melupakannya.
Berkaitan dengan hal itu, lingkungan yang ada di sekitar iklan memang bisa mempengaruhi bagaimana persepsi bawah sadar audiens. Iklan yang diletakkan di lokasi eksklusif bisa turut membawa citra premium. Hal inilah yang membuat iklannya lebih melekat di hati dan pikiran audiens.
Pada dasarnya, efek psikologis ini juga terasa karena pemasangan iklan di lokasi eksklusif sering kali minim gangguan. Baik itu distraksi seperti halnya iklan pop up ataupun notifikasi. Hal ini memungkinkan fokus pandangan jadi lebih maksimal.
Iklan OOH bisa semakin mempengaruhi psikologis karena termasuk bagian dari lanskap kota. Brand yang memanfaatkan iklan OOH sering dianggap premium karena dipercaya sebagai brand besar dan terkemuka. Memori kolektif tersebut bisa memperkuat kehadiran brand secara psikologis.
Dari sini bisa kita ketahui bahwa iklan OOH nyatanya tak hanya sekedar komunikasi saja. Akan tetapi, iklan OOH tersebut juga bisa mempresentasi status sekaligus eksistensi brand. Semakin menambah daya ingat karena iklan OOH kerap berpadu dengan teknologi mutakhir. Sebut saja QR code, Augmented Reality hingga sensor gerak.
Efek Visual
OOH bisa membentuk persepsi premium pada brand karena efeknya tidak hanya sekedar psikologi saja. Iklan OOH nyatanya juga berkaitan dengan efek visual. Bagaimana tidak, iklan ini memiliki ukuran lebih besar dari media iklan lainnya.
Lebih dari itu, iklan ini juga memiliki visual yang dominan. Di dunia pemasaran, visual iklan yang besar sekaligus mencolok menawarkan dampak neurologis lebih tinggi. Respon otak manusia cenderung lebih cepat pada stimulus visual yang ukurannya besar dengan warna kontras tinggi.
Melihat pentingnya visual dominan tersebut, iklan OOH sering memanfaatkan warna-warna mencolok. Walau warnanya mencolok, namun desainnya minimalis sehingga imbang. Saat melihat iklan di media OOH tersebut, audiens bisa lebih mudah untuk mengenalinya.
Efek visual yang berkaitan dengan ooh ini semakin kuat karena letaknya strategis. Hal ini memungkinkan audiens bisa melihat iklannya secara konsisten dan rutin. Misalnya saja saat pulang kantor, pergi ke pusat perbelanjaan dan lain sebagainya.
Audiens juga tidak bisa melewatkan iklan dengan media OOH ini. Hal ini jelas berbeda dengan iklan digital yang bisa di-skip sewaktu-waktu. Dalam hal ini, OOH memang bersifat unskippable.
Manfaat Menggunakan Iklan OOH
Karena mampu memberikan efek psikologis dan visual, tentu terasa sayang jika tidak memanfaatkan iklan OOH. Iklan ini bisa membentuk persepsi premium pada brand. Ketika audiens melihat brand tampil di lokasi eksklusif tadi, maka akan muncul persepsi penilaian bahwa brand tersebut kredibel dan terpercaya.
Tak sedikit audiens menilai bahwa hanya brand-brand besar saja yang bisa tampil di lokasi eksklusif. Hal inilah yang membuat brand authority sehingga sulit ditandingi oleh media iklan lainnya. Pemanfaatan iklan ini pun bisa lebih mencuri perhatian audiens dan mampu bersaing secara ketat dengan kompetitor.
Tak kalah penting untuk diketahui bahwa OOH di lokasi eksklusif tidak sekedar memperlihatkan visibilitas saja. Akan tetapi, iklan OOH tersebut juga bisa membangun kepercayaan dan menciptakan kesan kekuatan. Lokasi eksklusif mampu mengubah awareness jadi authority. Brand pun ikut terdampak sehingga semakin populer dari hari ke hari.
Dari uraian di atas, terlihat jelas bahwa OOH memang bisa membentuk persepsi premium pada brand. Hal ini karena tak sembarang brand bisa muncul di lokasi eksklusif. Menyadari hal itu, jangan ragu untuk segera bangun citra brand premium lewat lokasi iklan strategis bersama Rebound Ads.