Rebound Ads
10 Perusahaan dengan Belanjaan Iklan Terbesar di RI

10 Perusahaan dengan Belanjaan Iklan Terbesar di RI

10 Des 2024

Indonesia memiliki sejumlah perusahaan yang mencatat rekor belanjaan iklan terbesar di RI. Perkembangan teknologi, termasuk ekonomi digital dan juga penetrasi internet ini terus meningkat begitu pesat. Salah satunya adalah belanja iklan mampu menunjukkan adanya lonjakan yang signifikan.

Perusahaan dengan Belanjaan Iklan Terbesar di RI Menurut Nielson

Menurut laporan dari Nielsen semester I tahun 2024 ini, tercatat sebanyaknya 10 perusahaan yang memiliki belanjaan iklan terbesar di Indonesia. Sektor FMCG atau Fast Moving Consumer Goods yang mendominasi dengan 3 industri yang memimpin.

Adanya peningkatan ini tidak hanya mencakup berbagai brand global, melainkan adanya pemain lokal yang begitu kuat. Tren serupa dapat terlihat dengan adanya pengeluaran iklan yang kian tumbuh. Terutama di wilayah Asia Tenggara, seperti Filipina, Thailand, dan juga Malaysia.

Pengiklan pada Periode Januari – Juli 2024

Dalam periode bulan Januari hingga Juli 2024 lalu, tercatat adanya 10 perusahaan teratas. Unilever menjadi pemain utama dengan menduduki posisi pertama, lalu disusul dengan nama perusahaan di bawahnya, yakni Mayora, Garena, serta Nestle.

Tidak terungkap berapa besar belanjaan iklan terbesar di RI yang pihak Unilever serta yang lainnya keluarkan. Nielsen sendiri hanya membeberkan adanya kategori masing-masing belanjaan, seperti dairy. Misalnya, pada kategori diary menghabiskan sekitar US$ 950 juta atau setara dengan Rp. 15,1 triliun.

Dalam hitungannya, Nielsen menyatakan bahwa 10 perusahaan telah menghabiskan sebesar US$ 5,22 miliar untuk belanja iklan. Hal tersebut menunjukkan bahwa  FMCG mendominasi pasar iklan.

Adapun kategori produknya seperti, minuman dan makanan hingga produk perawatan diri. Total mencapai triliun dari 10 perusahaan tersebut mampu menggarisbawahi adanya persaingan di dalam industri, terkhusus di Tanah Air.

FMCG Menguasai Iklan di Berbagai Negara

Melansir dari laman cnbcindonesia.com, secara global, perusahaan FMCG, seperti Unilever dan juga Procter & Gamble (P&G) ini tidak hanya mendominasi belanjaan iklan terbesar di RI, melainkan di berbagai negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Unilever menempati posisi teratas di negara Filipina dan juga Thailand. Sementara itu, di Singapura sendiri perusahaan dan perbankan memiliki porsi iklan digital yang jauh lebih besar ukurannya.

Indonesia sendiri ada di jalur yang sama dengan adanya tren global. Nielsen juga melaporkan adanya 72% pemasar global telah memperkirakan anggaran untuk iklan mereka akan meningkat di tahun 2024 ini.

Daftar 10 Perusahaan

Adanya 10 perusahaan yang menjadi pemegang kategori belanjaan iklan terbesar di RI ini juga diunggah oleh @wartaekonomi di platform Instagram pada 12 November 2024 lalu.

Unilever

PT Unilever Indonesia adalah anak perusahaan dari Unilever yang telah berdiri sejak tahun 1933. Industri ini menghadirkan banyak produk ternama. Produksi dari PT Unilever Indonesia terbagi menjadi dua kategori.

Pertama adalah kebutuhan rumah tangga, seperti sabun dan detergen. Kedua adalah produk kosmetik, yaitu deodorant hingga perawatan untuk tubuh. Tak hanya itu, Unilever juga menciptakan bahan dapur, seperti margarin, perasa makanan, kecap, dan lainnya.

Mayora

PT Mayora Indah Tbk adalah salah satu industri manufaktur yang menciptakan produk makanan dan minuman terkenal. Perusahaan ini tidak hanya mengedarkan produknya di Indonesia saja, melainkan di banyak negara juga.

Garena

PT Garena sendiri menjadi penyedia dengan platform terkemuda bagi personal computer (PC) online serta mobile konten digital yang sudah ada sejak tahun 2009. Perusahaan ini menjadi salah satu yang tercatat dalam data Neilsen dengan belanjaan iklan terbesar di RI nomor 3. Garena sendiri telah meluncurkan banyak sekali game online yang populer.

Nestle

PT Nestle adalah perusahaan yang beroperasi di bidang produk makanan. Nestle Indonesia merupakan anak perusahaan dari Nestle SA yang berpusat di Vevey, Swiss. Sebagai informasi, Nestle menjadi perusahaan dengan produksi makanan terbesar di dunia.

Wings

PT Wings merupakan perusahaan yang bergerak untuk memproduksi kebutuhan rumah tangga, seperti sampo, sabun, pasta gigi, dan lain-lain.

Wings Food

Wings Food sendiri bergerak di bidang produksi dan juga memasarkan berbagai produk makanan dan minuman ringan, seperti Eko Mie, Floridina, Isoplus, Kecap Sedaap, Ale-Ale, dan masih banyak lagi.

Aqua

Perusahaan ini merupakan industri yang bergerak untuk memasarkan produk air minum di dalam kemasan. Tak hanya di Indonesia, Aqua sendiri telah melayani penjualan produk di beberapa negara, yaitu Singapura, Malaysia, dan juga Brunei Darussalam.

Procter & Gamble

Procter & Gamble ini juga tercatat sebagai perusahaan dengan belanjaan iklan terbesar di RI. Ini merupakan industri internasional yang memproduksi barang dari sejumlah merek, yaitu Head & Shoulders, Pantene, Rejoice, Pampers, dan lainnya.

Indofood

PT Indofood telah berdiri sejak tahun 1990 dan berevolusi menjadi pemimpin pasar pada kategori produk makanan, seperti mie instan, penyedap makanan, minuman, hingga bahan olahan yang lainnya.

Frisian Flag

Perusahaan ini menciptakan adanya produk dengan kandungan nutrisi berbasis susu di Indonesia dengan merek Frisian Flag atau yang terkenalnya adalah sebagai Susu Bendera.

Daftar Kategori Produk Pengiklanan

  • Diary sebesar US$ 953.3
  • Minuman dingin (non alkohol) sebesar US$ 852.4
  • Penyiaran media sebesar US$ 744.3
  • Telekomunikasi sebesar US$ 578.8
  • Saus & bumbu dapur sebesar US$ 434.4
  • Perawatan rambut sebesar US$ 371.7
  • Produk pencuci sebesar US$ 371.2
  • Obat bebas & pertolongan pertama sebesar US$ 350.5
  • Perawatan kulit sebesar US$ 303.6
  • Politik & pemerintahan sebesar US$ 262.1

Para pemasar tampak melihat adanya alokasi anggaran dari iklan yang tepat bisa menjadi ladang investasi jangka panjang guna membangun awareness dan loyalitas di kalangan pelanggan. Analisis dari data belanjaan iklan terbesar di RI ini menunjukkan bahwa media tradisional, seperti halnya televisi masih sangat unggul menjadi kanal guna meninjau audiens.

Baik antara media informasi tradisional dan juga media digital menjadi perpaduan yang seimbang. Keduanya memberi dampak besar dan efektif untuk perusahaan yang punya niat untuk mengoptimalkan dana iklan mereka di Tanah Air. Itu dia perusahaan dengan belanjaan iklan terbesar di RI.