Rebound Ads
Bikin Brand Melekat di Benak Dengan Beriklan di Kapal

Bikin Brand Melekat di Benak Dengan Beriklan di Kapal

5 Mar 2024

Platform yang berfungsi untuk mempromosikan suatu produk atau jasa saat ini sangatlah beragam. Mulai dari offline dan online yang berisi berbagai tipe pilihan. Ada salah satu media iklan yang bisa masuk ke dalam referensi dengan manfaat beriklan di kapal yang menguntungkan bisnis dan brand positioning.

Iklan di transportasi cukup efektif dalam meningkatkan brand awareness ke berbagai kalangan. Iklan dengan media transportasi termasuk di kapal tergolong bentuk strategi pemasaran yang memungkinkan pengguna atau perusahaan menempatkan konten iklan di kendaraan transportasi.

Bikin Brand Melekat di Benak Dengan Beriklan di Kapal

Perusahaan iklan luar ruangan dapat mengiklankan produk maupun jasa offline melalui moda transportasi, seperti kapal. Bentuk iklan yang disampaikan dapat disesuaikan dan akan dibawa ke berbagai tempat untuk mempromosikannya.

Alasan Beriklan di Kapal Doro Londa

Berikut ini menjadi alasan kenapa harus beriklan di Kapal Doro Landa, antara lain:

  1. Lebih dari 20 titik lokasi ‘branding’ didalam dan diluar area Kapal PELNI.
  2. Perjalanan penumpang menghabiskan waktu 1 sampai dengan 12 hari di kapal.
  3. Kapasitas penumpang dari 500 orang menjadi 3000 orang sekali berlayar.
  4. Penumpang PELNI dalam setahun hampir 100% orang yang berbeda.
  5. PELNI memiliki 26 kapal penumpang dengan kapasitas angkut mulai dari 3000 hingga 5000 pax dengan jumlah penumpang pada 2019 (Sebelum masa pandemi) sebanyak 4.808.716.
  6. Kapal menempuh perjalanan panjang, bahkan ada yang hingga 7 hari. Ketiadaan hiburan dan waktu luang yang panjang, membuat mereka fokus pada tayangan iklan pada media terpasang.

Manfaat Beriklan di Kapal yang Menguntungkan Bisnis

Dalam impresi yang tinggi, pengguna bisa mendapatkan leads dan awareness yang tinggi. Terdapat berbagai media iklan yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk. Iklan yang tepat dapat menjangkau pelanggan potensial dan bisa membantu mendorong mereka membeli produk atau layanan.

  • Iklan Bisa Disesuaikan Permintaan

Manfaat beriklan di kapal yang menguntungkan bisnis dan brand positioning dapat menyesuaikan materi iklan dengan mudah.

  • Bisa Menjangkau Target yang Lebih Luas

Promosi produk di kapal bisa memberikan jangkauan lebih luas dan target yang sulit dijangkau. Hal ini karena kapal menjadi salah satu transportasi yang menarik bagi banyak orang. Dengan waktu operasional dan waktu pelayaran yang cukup lama bisa memudahkan menjangkau targetnya.

  • Meningkat Recall dan Brand Awareness

Jangkauan iklan yang meluas dapat meningkatkan kesadaran akan merek yang tengah dipromosikan. Terlebih lagi dengan pemilihan kapal yang memiliki rute sama, hal ini bisa meningkatkan brand recall. Hal ini juga bisa mendukung terjadinya pemasaran dari mulut ke mulut secara organik.

Dewasa ini, brand positioning merupakan strategi yang perlu diterapkan oleh setiap perusahaan. Inisiatif ini dibutuhkan supaya brand suatu perusahaan memiliki citra kuat dibandingkan dengan kompetitornya yang lainnya. Dalam pemasaran Manfaat beriklan di kapal yang menguntungkan bisnis dan brand positioning akan sangat terasa.

Mengenal Apa Itu Brand Positioning

Brand positioning sendiri berisi proses memposisikan brand dari suatu perusahaan di dalam benak para pelanggannya. Tidak hanya sekedar penyusunan logo mewah atau taglinebrand positioning juga menjadi strategi yang bisa digunakan untuk membedakan bisnis perusahaan dari kompetitornya. Strategi ini juga melibatkan pembentukan asosiasi brand kepada pelanggan.

Sehingga bisa membuat pelanggan memahami brand dengan persepsi tertentu. Dengan pembentukan preferensi konsumen, strategi ini bisa secara langsung berkaitan dengan customer loyalty dan brand equity berbasis konsumen. Manfaat beriklan di kapal yang menguntungkan bisnis dan brand positioning ini secara tidak langsung akan meningkatkan brand awareness berserta hal-hal lainnya yang berdampak pada keuntungan bisnis.

Jenis Brand Positioning

Strategi ini berisi metode yang bisa dibedakan image brand dari kompetitor. Namun, tidak semua strategi ini memiliki tujuan yang sama. Proses dan strateginya akan bergantung dengan layanan, produk, dan sektor industri perusahaan. Berikut ini jenis-jenis strategi dari brand positioning yang perlu Anda pahami.

  • • Convenience-based positioning yang seringkali digunakan perusahaan besar. Strategi ini lebih menyoroti mengenai produk atau layanan perusahaan yang lebih nyaman dipakai ketimbang pesaingnya.
  • • Quality-based positioning ini menerapkan strategi saat perusahaan ingin mengedepankan kualitas atau mutu produk mereka. Bahkan sering kali tambahan kualitas ini akan dibebani dengan biaya premium.
  • • Price-based positioning ini mendorong perusahaan untuk mematok harga unik di produk mereka. Strategi ini akan menghasilkan basis pelanggan yang besar.

Manfaat Brand Positioning

Manfaat beriklan di kapal yang menguntungkan bisnis dan brand positioning juga bisa menjadi strategi untuk menggaet minat pelanggan. Sekarang ini brand positioning memiliki berbagai manfaat yang dapat menguntungkan perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan, seperti:

  • • Dapat meningkatkan loyaliti pelanggan.
  • • Membantu mendorong perusahaan dalam menganalisis kompetitornya.
  • • Membantu perusahaan untuk menentukan harga dan kualitas dari produk yang sesuai.
  • • Dapat secara efektif membantu menyaring aspirasi serta kebutuhan pelanggan.
  • • Dapat mendorong terciptanya suatu brand image yang kuat dan sesuai keinginan.

Saat akan menjalankan strategi yang satu ini Anda perlu memahami dan mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena pemahaman mengenai manfaat beriklan di kapal yang menguntungkan bisnis dan brand positioning akan sangat membantu dalam menentukan positioning yang sesuai.