Rebound Ads
Cara Menentukan Target Audience untuk Iklan OOH

Cara Menentukan Target Audience untuk Iklan OOH

24 Apr 2025

Cara menentukan target audience perlu diperhatikan ketika ingin memasang iklan OOH. Iklan OOH sendiri memiliki kepanjangan Out Of Home. Hal ini berarti iklan tersebut memang diletakkan di luar ruangan dan diperuntukkan bagi audiens yang sedang ada di luar rumah.

Cara Menentukan Target Audience untuk Iklan OOH

freepik.com

Untuk contohnya cukup beragam. Mulai dari billboard, videotron dan masih banyak lagi. Pemasangannya juga bervariasi seperti halnya di pinggir jalan, ruang tunggu transportasi umum dan lainnya.

Cara Menentukan Target Audience dengan Baik

Sebelum merancang strategi pemasaran, langkah awal yang tak kalah penting adalah memahami siapa target konsumen Anda. Secara garis besar, target konsumen merupakan kelompok orang yang paling berpotensi tertarik pada atau membeli produk maupun layanan yang ditawarkan.

Sering kali, istilah target market dan target audience dianggap sama, padahal keduanya memiliki perbedaan mendasar. Target market mengacu pada kelompok besar konsumen yang menjadi sasaran utama suatu bisnis, sementara target audience lebih sempit dan biasanya ditujukan untuk kampanye tertentu. Menyadari perbedaan ini memungkinkan Anda untuk merancang strategi pemasaran dan iklan yang lebih tepat sasaran.

Menentukan target konsumen secara akurat sangat berpengaruh terhadap keberhasilan kampanye pemasaran. Strategi yang diarahkan pada konsumen yang tepat tidak hanya meningkatkan efektivitas iklan, tetapi juga mampu membangun keterlibatan (engagement) yang lebih kuat dan menghasilkan return on investment (ROI) yang lebih tinggi.

Semakin tajam segmentasi pasar yang dilakukan, semakin besar pula peluang Anda untuk menjangkau konsumen yang benar-benar membutuhkan produk atau layanan yang Anda tawarkan. Supaya lebih mudah dalam mengetahui target audience tersebut, pastikan memahami cara penentuannya pada uraian di bawah ini.

Berdasarkan Demografi

Salah satu caranya yaitu dengan meninjau berdasarkan demografi. Dalam hal ini, pertimbangkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, pendidikan dan status keluarga audiens.

Dari demografi ini, jadi lebih mudah menentukan target audience mana yang sesuai dengan brand, media maupun lokasi iklan OOH. Misalnya ingin beriklan produk mainan untuk anak dengan usia 3 sampai 6 tahun.

Iklan OOH tersebut bisa dipasang di area taman bermain. Hal tersebut bisa lebih mudah mencuri perhatian anak-anak maupun orang tua yang sedang liburan di taman bermain.

Selain pemilihan lokasi, sesuaikan pula dengan penyesuaian desain maupun pesan iklan. Apabila menyasar kalangan anak-anak, lebih baik untuk menampilkan visual iklan semenarik mungkin.

Jangan ragu menggunakan warna yang mencolok untuk memberi kesan ceria dan meriah. Biasanya anak-anak akan lebih mudah tertarik dengan iklan tersebut.

Berdasarkan Kebiasaan Belanja

Cara menentukan target audience untuk iklan OOH berikutnya ialah berdasarkan kebiasaan belanja. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang perlu dipahami.

Hal-hal tersebut seperti halnya frekuensi pembelian, loyalitas merek, metode pembelian dan sumber informasi. Dengan mencermati kebiasaan belanja tersebut, jadi lebih mudah untuk menyusun strategi pemasaran secara efektif.

Dari sini bisa lebih mudah untuk menyesuaikan lokasinya dengan kebiasaan belanja konsumen. Contohnya ialah dengan memasang iklan produk kecantikan di kawasan pusat perbelanjaan.

Lalu gunakan promo menarik seperti halnya flash sale maupun penawaran secara eksklusif. Audiens akan lebih mudah tertarik untuk membeli produk kecantikan tersebut.

Jangan lupa pula untuk menggunakan call to action. Misalnya saja “Dapatkan diskon besar-besaran hanya hari ini!” Dengan cara ini, maka audience akan semakin antusias untuk membelinya.

Berdasarkan Psikografi

Apa itu psikografi? Pada umumnya, psikografi merupakan studi mengenai kepribadian, nilai dan minat seseorang saat mengambil keputusan dalam pembelian. Karena hal itu, psikografi ini fokus terhadap pola perilaku maupun motivasi.

Mengenai faktor psikografinya juga bervariasi. Mulai dari nilai dan keyakinan, kepribadian sampai dengan gaya hidup.

Minat dan hobinya juga turut mempengaruhinya. Audiens yang menyukai make up, tentu lebih tertarik dengan iklan yang berkaitan dengan produk kecantikan. Misalnya saja bedak, lipstik, eyeliner dan lain-lain.

Untuk penerapan psikografi dalam menentukan target audiens pada iklan OOH, pilih saja penempatan lokasi yang strategis sesuai gaya hidupnya. Misalnya ingin iklan produk kebugaran, maka bisa pasang di pusat olahraga.

Saat memasang iklan, pilih warna sekaligus desain reklame yang menarik. Jika menyasar kalangan segmen eksklusif, bisa pilih warna netral.

Pemilihan warna memang perlu menyesuaikan kalangan segmen audience. Hal ini bisa semakin meningkatkan fokus audiens untuk melihat iklannya.

Seperti yang diketahui, audience cenderung tidak ingin melihat iklan dengan warna tak sesuai seleranya. Maka dari itu, jangan lewatkan poin yang satu ini ketika ingin menentukan target audiens dengan baik.

Manfaat Bisa Menentukan Target Audience yang Tepat

Ketika mampu menentukan target audience yang tepat, maka bisa mendapatkan sejumlah manfaat. Adapun manfaat utamanya yaitu iklan bisa lebih tepat sasaran.

Karena tepat sasaran, maka iklannya mampu meningkatkan angka penjualan produk maupun menggunakan layanan atau jasa. Hal ini bisa berdampak positif terhadap omset bisnis.

Omset bisnis bisa semakin meningkat. Hal ini menguntungkan pebisnis karena bisa menggunakannya untuk mengembangkan usaha. Bukan tidak mungkin jika bisnis bisa sampai buka cabang usaha.

Pemanfaatan Billboard dan Videotron

Setelah mengetahui bagaimana cara menentukan target audience dengan baik saat ingin memasang iklan OOH, pahami juga contoh medianya. Dengan demikian, iklannya bisa berfungsi secara optimal dan memberikan hasil memuaskan.

Untuk contoh media iklannya sendiri berupa billboard dan videotron. Untuk beriklan menggunakan billboard atau videotron, bisa pasang di lokasi strategis. Dengan begitu, visibilitas brand bisa lebih baik dari hari ke hari.

Supaya mendapatkan kemudahan dalam beriklan billboard maupun videotron, bisa akses situs www.reboundads.co.id. www.reboundads.co.id siap membantu pengguna untuk menentukan target audience dengan cara yang tepat. Iklan dari www.reboundads.co.id bisa lebih tepat sasaran dan optimal.