Rebound Ads
Efektifitas OOH Advertising dalam Re-Branding

Efektifitas OOH Advertising dalam Re-Branding

14 Jan 2022

Salah satu yang menjadi kelebihan dan keunikan dari Outdoor Advertising yaitu efektivitas OOH Advertising. Artinya, OOH (Out of Home) Advertising mampu menyampaikan pesan dengan singkat dan padat, tetapi cukup efektif. Pemakaian desain estetik akan menyuguhkan kesan elegan dan juga menjanjikan terhadap audiensnya.

Semakin pesatnya perkembangan teknologi digital marketing, ternyata masih belum sepenuhnya dapat mengalihkan peranan dari OOH Advertising atau media iklan luar ruangan. Hal tersebut masih sangat berlaku terutama di kota-kota besar, seperti Surabaya, Bandung, dan Jakarta.

Tentu saja perkara tersebut tidak terlepas dari peranan promosi atau iklan itu sendiri. Sebagai suatu usaha membangun komunikasi antara pemilik merek dengan audiensnya. Melalui iklan, sebuah brand bisa menyusun pesan untuk kampanye sesuai dengan tujuan marketingnya.

Tujuannya tak hanya untuk mendapatkan keuntungan secara langsung, namun juga untuk membangun suatu awareness terhadap mereknya.

Seberapa Efektif OOH Advertising dalam Rebranding?

Pengertian dari OOH Advertising sendiri yaitu jenis promosi dengan menargetkan orang-orang saat sedang berada di luar rumah. OOH Advertising umumnya dijumpai dalam bentuk fasilitas publik, billboard, dan masih banyak yang lain.

Sepintas, mungkin memang jenis periklanan seperti ini tampak mahal serta tidak dapat mengetahui dampak langsungnya akan merek atau produk yang diiklankan.

Sementara, untuk rebranding sendiri memiliki pengertian yaitu sebuah proses untuk mengubah citra perusahaan dari suatu organisasi. Merupakan sebuah strategi pasar untuk memberikan nama baru, simbol, maupun perubahan pada desain untuk brand yang telah mapan.

Ide yang terdapat di balik rebranding merupakan upaya untuk menghasilkan identitas berbeda pada sebuah brand, dari kompetitor di pasar. Terdapat sejumlah alasan mengapa perusahaan melakukan rebranding. Salah satu yang menjadi faktor utama yaitu koneksi dengan konsumen.

Rebranding bagus untuk usaha, namun pada waktu yang sama juga dapat berisiko. Terdapat kemungkinan bahwa pelanggan tidak menyukai brand yang baru.

Lantas. bagaimana keterkaitan OOH Advertising dengan rebranding? Seberapa tingkat efektivitas OOH Advertising dalam rebranding? Berikut ini ada salah satu contoh kasus perusahaan yang melakukan rebranding baru-baru ini.

Merger PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3

PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia telah menyiarkan penyelesaian merger usaha sesudah menerima seluruh persetujuan hukum dan juga pemegang saham yang mereka perlukan. Sekarang ini, perusahaan tersebut memiliki nama Indosat Ooredoo Hutchison serta tetap tercatat dalam BEI (Bursa Efek Indonesia) dengan kode sahamnya yaitu ISAT.

Secara valuasi, merger bisnis tersebut membuat perusahaan baru tersebut menjadi sebuah perusahaan telekomunikasi seluler paling besar nomor dua yang berada di Indonesia. CEO Indosat Ooredoo Hutchison menuturkan, pasca merger, penggabungan ini menjadi sebuah penanda akan dimulainya babak anyar yang menarik untuk perusahaan. Serta sebuah rencana besar ke depan yang sudah menunggu.

Indosat Ooredoo Hutchison saat ini berada pada kedudukan yang lebih kokoh untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang akan paling banyak dipilih di Indonesia. Selain itu juga menjadi pemain yang penting di dalam ekosistem 5G perubahan digital Indonesia.

Manfaat Merger Ooredoo dan Hutchison

Armand Hermawan selaku Director & Chief Strategy & Execution Officer dari Indosat Ooredoo Hutchison menyampaikan bahwa penggabungan ini akan memberikan manfaat yang cukup besar untuk semua konsumen. Sebab, kekuatan finansial yang mereka punya sekarang ini, menjadikan ISAT memiliki kapasitas untuk bisa memberikan pelayanan yang lebih bagus.

Merger perusahaan ini juga akan mempunyai jaringan dan cakupan yang lebih banyak. Dengan demikian, akan menjadikan konsumen memiliki jangkauan yang lebih luas lagi.

Terdapat peningkatan efisiensi yang diperoleh, sebab perusahaan bisa mengalihkan investasi ke wilayah-wilayah lain, di luar daerah yang telah dipadati oleh sinyal dari perusahaan ini.

Lebih rincinya, ruang untuk pertumbuhan inovasi juga akan semakin meluas. Dengan begitu, pengalaman digital konsumen menjadi lebih terjamin. Armand juga meyakini, penggabungan tersebut akan menjadikan ISAT dapat meraih global best practice dengan lebih cepat.

Berhubungan dengan rencana pengembangan 5Gnya, Muhammad Danny Buldansyah selakuk Director & Chief Regulatory Officer dari Indosat Ooredoo Hutchison menyampaikan, bahwa merger 2 usaha ini akan menciptakan spektrum yang memenuhi supaya penggelaran 5G semakin baik.

Merger usaha inipun akan menjadikan permodalan dalam perusahaan jadi semakin kuat untuk mengadakan 5G.

Tak hanya itu, Nicky Lee Chi Hung selaku Director & Chief Officer pun menambahkan, melalui merger ini, terdapat banyak dana yang dapat dihemat. Sehingga, dana investasi dapat dipakai untuk mengembangkan jaringan dan juga infrastruktur supaya menjadi lebih kuat.

PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk Percepat Transformasi

Indosat Ooredoo Hutchison ini akan menjadi korporasi paling besar nomor 2 di Indonesia dengan prediksi income tahunan sampai dengan USD3 miliar. Merger perusahaan akan mempunyai skala, kemampuan finansial, dan keahlian untuk berkompetisi secara lebih efektif.

Kesepakatan ini akan menghasilkan perusahaan telekomunikasi yang semakin kuat dan juga inovatif di Indonesia. Hal tersebut juga merupakan transaksi yang mempunyai nilai plus bagi pemegang saham serta pemangku kepentingan yang lain.

Merger perusahaan ini mengusung kekuatan dengan skala yang lebih besar untuk bisa mempercepat perubahan digital Indonesia. Selain itu, juga untuk meningkatkan kinerja jaringan dan juga layanan konsumen agar lebih baik.

Merger perusahaan Indosat Ooredoo Hutchison ini tetap teregistrasi pada BEI dengan pemerintah Indonesia mempunyai 9,6% saham serta pemegang saham publik yang lain memiliki kira-kira 14,0% saham.

OOH Advertising dalam Rebranding

Seperti yang Anda tahu terdapat banyak manfaat dari melakukan rebranding. Seperti bisa terkoneksi dengan audiens yang baru, membedakan diri dari kompetitor, tetap up to date, mencerminkan tujuan, produk, promosi atau value yang baru, serta untuk meningkatkan keuntungan pada usaha Anda.

Menilik dari banyaknya manfaat tersebut, maka pada akhirnya Ooredoo dan Hutchison menyelenggarakan penggabungan perusahaan. Nah, setelah mereka mengadakan merger perusahaan, maka langkah berikutnya yaitu mereka membutuhkan sebuah media untuk melakukan promosi terkait produk barunya.

Hal tersebut sangat penting, sebab tidak semua masyarakat mengetahui terkait merger perusahaan ini.

Sebagai media dengan jangkauan paling luas, OOH Advertising memberikan peluang untuk sebuah merek dalam menargetkan pelanggan potensial, pembeli yang impulsif, dan juga followers jangka panjang secara maksimal. Out of Home Advertising ini dapat menjadi media iklan yang solutif untuk Indosat Ooredoo Hutchison.

Kemampuan Out of Home Advertising untuk berada pada jarak yang dekat dengan Point of Sale , misalnya pusat perbelanjaan, pusat kota, maupun area transit seperti bandara atau terminal feri. Memberikan potensi bagi Indosat Ooredoo Hutchison untuk mendapatkan target orang-orang di lokasi-lokasi yang melalui sekat antar negara (internasional).

Selain itu, OOH Advertising juga memberikan berbagai penawaran menarik seperti display yang besar, format iklan yang unik, sehingga menghasilkan ruang untuk kreativitas dan juga fleksibilitas. Dengan demikian, kampanye pembangunan brand Indosat Ooredoo Hutchison akan semakin menarik. Sebab, Out of Home merupakan media iklan yang dinilai cukup efektif terutama ketika perusahaan melakukan rebranding.