Rebound Ads
Efektivitas Media Iklan Luar RuangMulai Dari Jangkauan hingga Pengaruhnya

Efektivitas Media Iklan Luar RuangMulai Dari Jangkauan hingga Pengaruhnya

24 Jan 2023

Teknologi digital marketing berkembang dengan sangat pesat. Meskipun begitu, belum bisa menggeser peranan media iklan luar sepenuhnya. Terbukti, efektivitas media iklan luar memberikan pengaruh yang besar.

Salah satu keunikan dan keunggulannya, dapat menyampaikan pesan secara singkat tetapi efektif. Selain itu, penggunaan desain yang estetik dan elegan, akan semakin menarik minat audiens.

Efektivitas Media Iklan Luar Ruang Mulai Dari Jangkauan hingga Pengaruhnya

Efektivitas Media Iklan Luar Memberikan Pengaruh Besar

Saat ini media sosial menjadi media digital marketing yang sangat populer. Hal ini membuat media konvensional sebagai alat komunikasi dengan audiens atau konsumen semakin bergeser. Apalagi, sekarang ini perkembangan teknologi algoritma semakin pesat. Alhasil, pemilik usaha atau pebisnis mendapatkan metode yang lebih mudah dalam menjangkau konsumen.

Iklan melalui media sosial terbilang lebih mudah, cepat, dan murah. Tak mengherankan, jika pebisnis yang awalnya menawarkan produk atau jasanya secara offline, kini beralih ke pemasaran online. Meskipun demikian, efektivitas media iklan luar atau outdoor advertising tidak mengalami penurunan. Sebaliknya, justru semakin kuat.

Salah satu alasannya, karena pengguna jalan yang semakin meningkat setiap harinya. Hal ini menjadi peluang yang sangat bagus untuk menggunakan media luar dalam beriklan.

Sebagian besar orang, lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, seperti pergi ke kantor, jalan, tempat belanja, dan lain sebagainya. Orang-orang yang beraktivitas di luar ruangan akan melihat dan memperhatikan outdoor advertising.

Mobilitas yang tinggi dan orang-orang yang memadati jalan, menjadikan outdoor advertising masih sangat efektif untuk membantu awareness market. Selain itu, efektivitas outdoor advertising ini juga dapat kita lihat dari berbagai aspek penting lainnya. Berikut ini adalah pemaparannya.

1. Jangkauan

Seberapa besar efektivitas media iklan luar dapat kita lihat dari jangkauannya. Media iklan luar bersifat lokal.

Apa artinya? Hanya menjangkau sekitar media iklan tersebut.

Ketika orang-orang bepergian, tak sedikit dari mereka hanya melewati satu jalan saja. Selain itu, juga tidak mengganti rute jalan lain dengan alasan lebih cepat, tidak ada gangguan seperti macet.

Pengguna jalan akan melihat dan focus pada iklan yang terpampang di setiap sudut dan pinggir jalan. Karena hampir setiap hari melewati jalan tersebut, kemungkinan besar akan selalu melihat iklan yang ditampilkan.

2. Kontinuitas

Iklan media luar memiliki hubungan yang erat dan saling berkaitan antara media dan pesan iklan dengan strategi periklanan. Letak lokasi media iklan luar tersebut terpasang dengan sasaran atau target iklan dan juga bersifat berkelanjutan.

3. Frekuensi

Frekuensi adalah sebuah pengulangan terhadap pesan iklan yang ditarget pada masyarakat luas. Terutama pengulangan pesan iklan yang sudah dilupakan.

Dengan menggunakan media iklan luar maka frekuensi akan berubah menjadi repetisi. Artinya, pengulangan dalam melihat pesan iklan yang sama ketika masyarakat masih mengingat pesan iklan tersebut. Hal ini membuat pesan iklan semakin menguat dalam ingatan masyarakat.

4. Pengaruh

Efektivitas media iklan luar memberikan pengaruh yang cukup besar kepada masyarakat. Apalagi, jika media iklan luar tersebut disampaikan dengan kreatifitas, berisikan pesan yang singkat dan mudah untuk dipahami.

Pada dasarnya, orang yang berkendara tidak mempunyai banyak waktu untuk membaca. Untuk itulah, ada baiknya jika menampilkan pesan dan desain yang tepat. Dengan begitu, dapat membantu masyarakat mengingat bahkan hanya dalam satu kali lihat.

5. Ukuran

Media iklan luar seperti reklame memiliki ukuran yang besar. Hal ini membuatnya terlihat lebih mencolok dan menjadi pusat perhatian.

Dengan ukurannya yang besar, membuat masyarakat yang melihatnya semakin yakin dengan iklan dan brand tersebut. Dalam artian lain, brand akan terlihat bonafide.

6. Warna

Penataan warna pada media iklan luar ada baiknya sesuai dengan isi pesan yang disampaikan. Melalui penataan warna yang tepat dapat memberikan dampak yang kuat. Karena efektivitasnya inilah, iklan luar ruangan sangat cocok untuk memperkenalkan produk maupun jasa baru.

Contoh Media Iklan Luar

Untuk melihat lebih detail lagi efektivitas media iklan luar, berikut ini beberapa implementasi media iklan luar.

HBO Original

Dalam mepromosikan film “House of The Dragon” salah satu perusahaan OOH di Brasil, melalui media neon box yang di ilustrasikan meleleh karena terdapat naga api, yang dimana menjadi pesan kepada audiens.

Ariel

Iklan billboard brilian untuk menghilangkan noda! Papan reklame ditempatkan di landasan pacu supaya penumpang dapat melihat noda menghilang ketika pesawat lepas landas.

Leica

Media iklan luar dengan ide seperti ini sangat menakjubkan. Selain cerdas juga didasarkan pada kesederhanaan. Mampu membangun komunikasi yang luar biasa, mudah dimengerti dan masih sangat kreatif.