Rebound Ads
5 Keuntungan Menggunakan Iklan Luar Ruangan bagi UMKM

5 Keuntungan Menggunakan Iklan Luar Ruangan bagi UMKM

13 Feb 2025

Iklan luar ruangan atau Out-of-Home (OOH) advertising mungkin terdengar mahal. Namun dengan strategi yang tepat, iklan OOH bisa menjadi solusi pemasaran ampuh dan efektif untuk UMKM. Kali ini kita akan simak apa saja keuntungan menggunakan iklan luar ruangan bagi UMKM.

Keuntungan Menggunakan Iklan Luar Ruangan bagi UMKM
X @giftifan

5 Keuntungan Menggunakan Iklan Luar Ruangan untuk UMKM

Out-of-Home atau OOH advertising ialah salah satu jenis advertising yang terus mengalami perkembangan. Iklan OOH bisa kita bilang fleksibel karena targetnya berada di luar rumah. Yaitu audiens yang sedang “on the go” atau sedang bergerak sesuai habit mereka.

Pebisnis dan perusahaan besar sudah banyak yang memanfaatkan iklan OOH sebagai ajang promosi. Mereka memperkenalkan brand serta menyampaikan pesan di sana dan hasilnya sangat memuaskan.

Kini, di zaman yang sudah serba digital, saat pemasaran online kian gencar, UMKM dituntut untuk terus berpacu agar tidak tertinggal. Iklan luar ruangan adalah salah satu upaya efektif bagi para UMKM yang ingin meningkatkan visibilitas brand mereka.

Memang, tidak sedikit yang menganggap bahwa beriklan di OOH memakan biaya yang besar. Namun tetap ada strategi ideal yang bisa kita terapkan untuk menekan biaya tanpa mengurangi efektivitas iklan.

Adapun berikut ini adalah 5 keuntungan menggunakan iklan luar ruangan bagi UMKM:

Meningkatkan Brand Awareness

Iklan luar ruangan (OOH) punya jangkauan yang sangat luas. Hal ini karena OOH bisa dilihat oleh ribuan orang yang lewat setiap harinya.

Apalagi jika memilih lokasi yang strategis, seperti di pusat keramaian atau persimpangan jalan utama, brand UMKM dapat menarik lebih banyak audiens. Hal ini dapat memperkuat kesan brand di benak mereka.

Oleh karena itu, tidak heran jika OOH lebih mampu menjangkau audiens secara global. Adapun lokasi penempatan iklan yang sesuai dengan area operasionalnya bisa lebih mudah menggaet pelanggan potensial di sekitar lokasi usaha.

Terhindar dari Pemblokiran atau Diabaikan

Tidak seperti iklan digital di media sosial atau internet yang rentan diabaikan atau bahkan diblokir pengguna, menggunakan iklan luar ruangan akan tetap ada di tempatnya. Iklan itu akan selalu terlihat oleh siapa yang melewati area tersebut.

Iklan luar ruangan sulit untuk diabaikan. Akibatnya, banyak orang melihatnya, bahkan berulang kali. Hal ini membantu memperkuat branding dan membangun kesan positif.

Bisa Disesuaikan dengan Anggaran

Sebagian kita kerap menganggap Out-of-Home (OOH) advertising mahal. Meski begitu, ada banyak cara untuk menyesuaikan anggaran dalam beriklan di OOH.

Ini adalah salah satu keuntungan menggunakan iklan luar ruangan yang bisa para UMKM dapatkan. Contohnya yaitu menggunakan media yang fleksibel seperti videotron.

Tampilan iklan di videotron bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan anggaran. Misalnya, memilih jam tayang tertentu atau berbagi slot iklan dengan UMKM lain untuk menghemat biaya.

Meningkatkan Kredibilitas Brand dan Penjualan

Iklan luar ruangan memberikan kesan bahwa bisnis mempunyai skala yang lebih besan profesional. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM dalam kelangsungan bisnis mereka.

Iklan luar ruangan bisa membantu meningkatkan kredibilitas brand yang mereka miliki. Pelanggan juga akan lebih percaya terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

Di samping itu, dengan kombinasi visibilitas tinggi dan jangkauan luas, OOH bisa mendorong kenaikkan penjualan bagi pelaku UMKM. Terlebih ketika OOH ditempatkan di lokasi yang relevan dengan target pasar.

Iklan itu bisa langsung mengarahkan pelanggan ke toko atau situs bisnis yang tengah Anda promosikan.

Mendukung Kampanye Pemasaran Lintas Platform

Keuntungan menggunakan iklan luar ruangan atau Out-of-Home (OOH) advertising adalah mendukung kampanye pemasaran lintas platform. OOH advertising ini bisa Anda pakai sebagai bagian dari strategi pemasaran yang lebih luas.

Salah satunya dengan mengintegrasikan ke dalam suatu kampanye digital. Pasalnya, di zaman yang sudah serba canggih ini, digital marketing punya pengaruh yang besar.

Contohnya, Anda bisa mencantumkan informasi media sosial atau kode QR dalam iklan luar ruangan tersebut. Kemudian pelanggan bisa langsung menuju ke platform online untuk interaksi lebih lanjut dengan brand.

Promo Berkah Ramadhan dari Rebound Ads

Untuk para pelaku UMKM yang ingin merasakan keuntungan menggunakan iklan luar ruangan, ada kabar baik untuk Anda. Rebounds Ads menawarkan promo menarik berupa diskon bundling spesial untuk menyambut bulan Ramadhan yang tinggal menghitung hari.

Hanya dengan Rp 65 juta, Anda sudah bisa beriklan di dua lokasi strategis di Kota Bogor selama sebulan penuh. Promo bertajuk “Promo Berkah Ramadhan” ini merupakan peluang emas bagi setiap UMKM. Tentu, bagi yang ingin meningkatkan eksposur bisnis dengan harga lebih terjangkau.

Tak hanya itu, Anda juga berkesempatan meningkatkan penjualan selama periode bulan penuh berkah ini. Jadi, jangan lewatkan Promo Berkah Ramadhan dari Rebound Ads ini dan optimalkan strategi pemasaran dengan OOH advertising. Nikmati setiap keuntungan menggunakan iklan luar ruangan untuk bisnis UMKM Anda.