Iklan eye-catching di kereta menghadirkan peluang yang sangat baik untuk membagikan pesan merek, brand, maupun produk bisnis Anda kepada khalayak ramai. Ide iklan semacam ini merupakan inovasi dari iklan luar ruangan atau OOH.
Iklan di kereta dapat membantu bisnis Anda untuk menemukan target pasar dari orang-orang yang tengah melakukan perjalanan.
Seputar Iklan Eye-Catching di Kereta
Mungkin, Anda sudah sangat familiar dengan iklan di bus kota maupun bus pariwisata. Sebenarnya, tidak jauh berbeda dengan iklan kereta api.
Iklan kereta api merupakan iklan luar ruangan yang menempatkan konten iklan di kereta ataupun stasiunnya. Ada berbagai macam area kereta yang bisa Anda pilih. Mulai dari memasang iklan pada gerbong kereta hingga di peron kereta.
Sebagai salah satu bentuk iklan transit, iklan kereta dapat memberikan banyak fleksibilitas. Target iklan adalah penumpang maupun pejalan kaki yang ada di sekitar stasiun.
Iklan yang terpampang memberikan informasi kepada banyak orang. Dimana, mereka akan melihat dan memikirkan iklan tersebut selama perjalanan. Entah itu perjalanan ke/dari tempat kerja, luar kota, dan lain sebagainya.
Iklan kereta api memberikan banyak peluang. Sangat berguna bagi bisnis yang memiliki target area pinggir kota.
Tak sedikit orang menggunakan kereta untuk bekerja, bepergian, hingga liburan. Hal ini seolah-olah memberikan akses yang unik ke demografis konsumen sesuai keinginan bisnis Anda.
Jenis Iklan Eye-Catching di Kereta
Berbicara mengenai iklan kereta dengan format yang eye-catching, Anda akan mendapatkan beberapa opsi. Ada banyak jenis iklan kereta yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan bisnis.
Anda juga memiliki kebebasan untuk memilih metode, tujuan, hingga anggaran pemasaran. Supaya tidak makin penasaran, berikut ini ulasan selengkapnya.
1. Diorama dengan Lampu Latar (Backlit Diorama)
Jenis iklan kereta api pertama kali yang bisa Anda pertimbangkan, yakni diorama dengan lampu latar atau backlit diorama. Diorama dengan lampu latar ini merupakan papan reklame digital mini yang bisa Anda pasang dalam stasiun kereta.
2. Panel Perkotaan (Urban Panel)
Panel perkotaan atau iklan panel perkotaan rata-rata memiliki ukuran 60 inci (lebar) dan 30 inci (tinggi). Merupakan sebuah papan iklan luar ruangan yang menampilkan konten bisnis Anda di luar stasiun kereta.
3. Digital/LED/Video Iklan
Iklan eye-catching di kereta selanjutnya, yakni digital/LED/video iklan. Digital, LED, maupun video menampilkan konten iklan digital di dalam gerbong kereta maupun dalam stasiun.
Umumnya, iklan kereta api ini seringkali ditampilkan di stasiun kereta yang sibuk atau padat pengguna. Jenis iklan kereta ini mampu menarik perhatian dan memberikan wawasan.
Pengguna kereta tidak akan merasa jenuh karena bisa menonton iklan tersebut sembari menunggu kereta berikutnya. Umumnya, iklan kereta ini memiliki ukuran dimensi dengan lebar 1920 px dan 1080 px.
4. Iklan Eksterior Kereta
Iklan eksterior kereta bisa Anda lihat pada gerbong kereta. Jenis iklan ini akan menutupi seluruh gerbong atau hanya sebagian.
Biasanya, iklan eksterior kereta ini hanya untuk kereta api yang ringan karena sering melakukan perjalanan di sepanjang jalan kota. Dengan begitu, keefektivitasan iklan tersebut semakin tinggi.
Untuk ukuran iklan eksterior kereta cukup bervariasi. Bagi Anda yang ingin menggunakan jenis iklan kereta ini, bisa bekerja sama dengan biro iklan untuk menentukan ukuran yang tepat dengan iklan Anda.
5. Iklan Interior Kereta
Iklan interior kereta merupakan iklan yang bisa Anda pasang dalam gerbong kereta. Sasaran atau tujuannya adalah penumpang,
Iklan kereta ini memiliki dua format yang banyak digunakan, yakni format vertikal dan format horizontal. Tak sedikit perusahaan yang memilih iklan interior kereta karena harganya yang sangat terjangkau.
Untuk tipe vertikal rata-rata memiliki lebar 21 inci dan tinggi 22 inci. Sedangkan tipe horizontal rata-rata memiliki lebar antara 28 inci hingga 70 inci dan tinggi 11 inci.
Biaya Iklan Kereta Api
Iklan kereta api merupakan salah satu bentuk iklan luar ruangan yang paling hemat biaya. Biayanya cukup bervariasi berdasarkan jenis iklan yang Anda gunakan.
Memilih beriklan di daerah perkotaan padat penduduk, umumnya memiliki biaya yang lebih tinggi. Setidaknya, biaya yang harus Anda keluarkan antara Rp 750.000 hingga Rp Rp 30.000.000. Jika ingin mendominasi stasiun biayanya bisa mencapai angka yang lebih tinggi lagi, yakni antara $25.000 (Rp 375.000.000) hingga $75.000 (Rp 1.125.000.000) per stasiun untuk jangka waktu empat minggu.
Iklan eye-catching di kereta memang menarik untuk Anda pertimbangkan. Pasalnya, mampu memberikan feedback yang sangat baik, mulai dari menyasar audiens yang tepat hingga menghasilkan eksposur tinggi.