Rebound Ads
Pahami Teknik Menulis Untuk Memasarkan Brand di Billboard

Pahami Teknik Menulis Untuk Memasarkan Brand di Billboard

26 Apr 2024

Copywriting merupakan salah satu cara ampuh memasarkan brand melalui sebuah tulisan, terutama pada pemasaran atau promosi online. Bagi suatu perusahaan atau usaha, promosi tentu menjadi hal yang penting. Karena itu perusahaan harus melakukannya sebaik mungkin.

Promosi menjadi ajang bagi perusahaan untuk mengenalkan sekaligus menawarkan produk mereka kepada khalayak ramai. Tujuannya agar mereka tertarik dengan produk tersebut kemudian memutuskan untuk menggunakannya. Sehingga promosi sangat berpengaruh dengan penjualan produk.

Karena sangat penting, maka promosi harus kita buat sebagus dan semenarik mungkin. Nah, salah satu caranya yaitu dengan menggunakan copywriting. Berikut ini akan kita bahas mengenai pengertian, jenis, dan manfaatnya.

Pahami Teknik Menulis Untuk Memasarkan Brand di Billboard

Pengertian Copywriting

Copywriting merupakan konten pemasaran yang bisa mempengaruhi pembaca untuk melakukan pembelian produk. Berdasarkan American Writers and Artist Institute, pengertiannya yaitu proses menulis teks persuasif yang disebut copy untuk mempromosikan serta menjual produk.

Copywriting merupakan teknik pemasaran melalui sebuah konten yang bertujuan untuk mempromosikan produk agar mendapat respon dari calon konsumen. Teknik pemasaran ini memiliki peran yang sangat penting bagi suatu perusahaan.

Dulu teknik ini hanya digunakan untuk promosi offline seperti radio maupun koran. Namun, kini kita sudah bisa menemukannya dalam berbagai bentuk promosi online. Misalnya yaitu dalam email promosi, website, media sosial, dan lain sebagainya.

Jenis

Copywriting memiliki beberapa jenis sesuai dengan fungsi dan kebutuhanya. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Brand Copywriting

Jenis pertama ini berfokus dalam menyampaikan citra dan juga identitas brand yang bisa menjadi pembeda dengan brand miliki kompetitor. Brand tersebut akan digambarkan sebagai suatu identitas yang belum pernah dikenalkan pada audiens. Biasanya bentuknya merupakan slogan atau tagline brand.

2. Marketing Copywriting

Marketing merupakan jenis yang berfokus untuk memberikan pengetahuan mendalam mengenai produk hingga mengajak audience atau pembaca untuk menggunakan produk tersebut. Biasanya jenis ini biasa kita temukan pada email promosi hingga homepage.

3. SEO Copywriting

Jenis ini bertujuan untuk menarik perhatian calon konsumen dan memposisikan konten di Google. Sehingga dalam penulisannya juga memenuhi kaidah SEO seperti menggunakan keyword dan struktur heading. Biasanya jeni SEO ini untuk landing page, kategori produk, hingga deskripsi produk.

4. Technical Copywriting

Jenis ini berfungsi untuk memberikan pemahaman mengenai cara kerja dari produk. Biasanya kita sering menemukannya pada produk kecantikan, produk kesehatan hingga teknologi. Pemahaman tersebut bertujuan agar audiens memahami mengenai produk tersebut.

5. Direct Response Copywriting

Terakhir terdapat direct response yang berfungsi mendapatkan tanggapan langsung dari konsumen. Misalnya yaitu mengarahkan pembaca untuk membagikan konten, berlangganan ebook dan sebagainya. Bisanya jenis ini digunakan pada homepage, landing page, dan sebagainya.

Manfaat

Setelah membahas mengenai pengertian dan jenis-jenisnya, berikut akan kita bahas mengenai manfaatnya.

1. Meningkatkan Penjualan

Manfaat pertama mampu meningkatkan penjualan produk. Sebab mengandung kalimat persuasif sehingga mampu mempengaruhi pembaca untuk membeli produk. Hal tersebut tentunya akan menaikkan angka penjualan dan memberikan banyak keuntungan.

2. Mudah Menarik Konsumen

Dengan menggunakan kalimat persuasif, copywriting juga menjadi lebih mudah dalam menarik konsumen. Apalagi teknik promosi ini juga menggunakan Call To Action atau CTA yang berguna mengarahkan konsumen untuk melakukan hal yang diinginkan.

3. Menaikan Reputasi Perusahaan

Teknik pemasaran ini juga bermanfaat untuk menaikkan reputasi perusahaan. Ketika audiens percaya dengan produk yang ditawarkan, artinya audiens sudah terkesan. Hal tersebut tentunya juga sangat berguna untuk meningkatkan reputasi dari perusahaan tersebut.

Tips Belajar Membuat Copywriting

Untuk membuat teknik pemasaran ini tentu tidak semudah yang kita bayangkan. Terdapat kesulitan tersendiri untuk membuat tulisan yang bisa benar-benar menarik minat audiens. Nah, berikut ini adalah tips belajar dalam membuatnya yang bisa Anda pahami:

1. Pahami Produk

Pertama Anda harus memahami produk atau jasa yang Anda tawarkan terlebih dahulu. Dengan begitu maka Anda bisa menjelaskan dan memasarkan produk dengan baik. Anda juga bisa menulis deskripsi produk seperti keunikan, fitur, hingga manfaatnya untuk konsumen.

2. Buat Headline Menarik

Berikutnya Anda harus membuat headline yang menarik sebab kebanyakan audiens hanya akan membaca judul nya saja. Karena itu Anda harus membuat judul copywriting yang benar-benar bagus. Contohnya dengan menyebutkan manfaat produk, mencantumkan persentase dan lain sebagainya.

3. Buat Copy yang Berkualitas

Berikutnya copy atau bagian utama yang berkualitas dan bagus. Terdapat beberapa faktor yang bisa Anda gunakan. Misalnya yaitu menggunakan kata sederhana, gunakan kata ganti orang kedua, jelaskan manfaatnya hingga memanfaatkan subheading.

4. Akhiri dengan Persuasi

Pada bagian akhir Anda harus mengajak pembaca untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan. Misalnya yaitu untuk membeli produk, menggunakan jasa, subscribe, dan sebagainya. Untuk membuat ajakan tersebut maka Anda bisa menggunakan CTA.

Demikianlah pembahasan mengenai copywriting, cara ampuh memasarkan brand melalui sebuah tulisan. Dengan pembahasan ini tentu kita semakin paham jika teknik pemasaran satu ini memang efektif.