Sebagian besar pengusaha yang baru mulai merintis bisnis mungkin masih belum paham, ya, seberapa penting brand awareness itu. Namun, perlu Anda ingat bahwasannya brand awareness memiliki pengaruh cukup besar bagi kesuksesan bisnis. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan mengupas tuntas terkait pentingnya brand awareness. Mari langsung saja kita simak penjelasan dari artikel berikut.
Ketahui Seberapa Penting Brand Awareness Bagi Perkembangan Bisnis
Persoalan dunia marketing bukan hanya terpaku pada peningkatan penjualan saja, namun juga tentang bagaimana membuat nama produk Anda semakin terkenal secara luas atau istilahnya brand awareness. Hal ini akan sangat Anda perlukan guna membangun perusahaan menjadi lebih baik.
Selain itu, dengan menerapkan brand awareness, maka produk Anda pun berpotensi dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya target pasar. Terlebih, menurut suatu survei, banyak pembeli justru akan memilih merek yang mereka kenal. Nah, adapun beberapa alasan lain yang membuat brand awareness penting, yaitu:
Mengukur Kesuksesan Bisnis
Membangun citra brand bisa kita bilang sebagai cara efektif dalam menyatukan tim dan organisasi. Ini menjadi ukuran paling umum bagi para eksekutif tingkat atas karena termasuk dalam pengukuran tunggal dan bisa Anda gunakan untuk melacak kemajuan bisnis.
Dapat Menarik Banyak Pelanggan
Tanpa citra brand yang bagus, konsumen umumnya tidak akan mempertimbangkan suatu merek untuk mereka beli. Sehingga, sadar atau tidak brand awareness pun seringkali menjadi dasar dari berbagai model ekuitas merek. Untuk itu, terapkan tips brand awareness pada bisnis Anda untuk menarik minat pembeli.
Meningkatkan Penjualan
Konsumen lebih suka membeli produk dari brand terkenal karena mereka menganggap merek tersebut sudah terpercaya. Dengan kata lain, semakin banyak pelanggan yang mengetahui suatu merek, maka besar pula peluang pangsa pasar mereka.
Jadi, apabila brand awareness Anda berhasil, maka nantinya penjualan pun akan semakin meningkat. Hal ini tentunya juga akan mempengaruhi penghasilan yang Anda peroleh. Nah, dari sini kita jadi tahu, bukan seberapa penting brand awareness itu?
Membangun Hubungan Emosional
Brand awareness memegang peranan besar dalam mempertahankan konsumen dan membuat mereka kembali lagi untuk membeli. Itu berarti citra brand yang baik juga mampu membangun ikatan emosional kuat antara produsen dan konsumen lantaran mereka merasa saling terhubung dengan merek tertentu.
Lebih lanjut, melalui hubungan emosional tersebut, maka brand Anda pun akan melekat lebih dalam lagi di benak konsumen. Jadi, ketika konsumen berada dalam posisi yang mana berhadapan dengan berbagai produk, mereka tetap akan memilih barang dari brand Anda lantaran sudah terikat hubungan emosional.
Menumbuhkan Loyalitas Konsumen
Berikutnya, masih bersangkutan dengan membangun hubungan emosional melalui brand awareness, hal itu juga akan berpotensi menumbuhkan loyalitas dari konsumen. Dengan kata lain, merek yang kuat tak hanya mampu membangun keunggulan pasar atau pendapatan saja, melainkan juga loyalitas konsumen berdasarkan hubungan emosional tadi.
Dapat Mengakuisisi Lewat Referensi
Brand awareness yang kuat kemungkinan besar juga akan berdampak pada pemberian referensi. Lebih jelasnya, seseorang yang sudah terikat secara emosional dengan suatu merek, biasanya cenderung merekomendasikannya kepada orang lain di sekitarnya.
Jenis Media Iklan
Dengan adanya penjelasan di atas, sekarang Anda sadar bukan seberapa penting brand awareness itu? Jadi, ingat jangan pernah sepelekan brand awareness, sebab ia memiliki pengaruh cukup signifikan dalam hal peningkatan penjualan. Adapun di bawah ini adalah media iklan yang bisa Anda pertimbangkan.
1. Televisi
Televisi merupakan salah satu media iklan tradisional, namun masih sangat populer hingga saat ini. Terlihat dari banyaknya merek-merek terkenal yang tetap menjadikan iklan televisi sebagai salah satu cara mereka dalam meningkatkan brand awareness. Hal itu karena iklan televisi mampu menjangkau target audiens yang meluas dan memberikan kesan visual cukup kuat.
2. Konten Berbayar (Sponsored Content)
Sponsor Content adalah strategi pemasaran produk atau layanan melalui promosi relevan di beberapa platform online. Konten seperti ini bisa berupa ulasan produk, artikel sponsor atau publikasi media online.
Itu artinya, Anda bisa memanfaatkan audiens yang sudah ada dalam suatu platform untuk mempromosikan produk. Selain itu, konten berbayar biasanya terlihat lebih organik daripada iklan konvensional sehingga terkesan makin menarik.
3. Gunakan Billboard
Selanjutnya, yaitu penggunaan billboard atau papan reklame. Billboard sendiri merupakan investasi besar yang bisa memperkuat citra merek Anda. Bagaimana tidak, sebuah billboard statis biasanya terpasang di suatu lokasi strategis, seperti pinggir jalan raya yang selalu dilewati banyak orang.
Sehingga pastinya peluang untuk memperluas jangkauan produk pun semakin terbuka. Billboard dengan segala tampilan uniknya berhasil mencuri perhatian semua orang yang lalu lalang. Kehadiran produk pun akan makin terasa lantaran menjangkau banyak sasaran pasar secara bersamaan.
Nah, penyewaan billboard ini bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui website Rebound Ads yang menawarkan jasa iklan berpengalaman. Jadi, tentunya mereka sudah mengerti seberapa penting brand awareness itu dan bagaimana tips dalam menggunakan billboard sebagai media iklan.