Rebound Ads
Tidak Luput dari Era Digital, Strategi Offline Marketing ini Bisa Jadi List yang Harus Dicoba, Catet!

Tidak Luput dari Era Digital, Strategi Offline Marketing ini Bisa Jadi List yang Harus Dicoba, Catet!

21 Jul 2023

Strategi offline marketing masih menjadi metode pemasaran yang cukup efektif diterapkan pada era strategi marketing secara online ini. Strategi marketing atau strategi pemasaran adalah rencana perusahaan untuk memperkenalkan produk atau jasa pada masyarakat agar mampu mencapai target pelanggan.

Pemasaran atau marketing menjadi hal yang sangat penting dalam penjualan produk atau jasa perusahaan. Sebab strategi marketing tersebut menjadi sarana agar perusahaan mampu menjual produk lebih banyak. Sehingga perusahaan bisa mendapatkan banyak keuntungan dari penjualan produk atau jasa tersebut.

Karena fungsinya yang sangat penting, maka perusahaan harus membuat strategi perusahaan sebaik mungkin. Sehingga strategi tersebut mampu berdampak positif dalam penjualan produk dan jasa perusahaan. Kini pun ada banyak strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan, baik itu secara online maupun offline.

Tidak Luput dari Era Digital, Strategi Offline Marketing ini Bisa Jadi List yang Harus Dicoba, Catet!

Contoh Strategi Offline Marketing yang Efektif

Di masa lalu strategi pemasaran tentunya banyak diterapkan secara offline. Namun seiring dengan perkembangan zaman, strategi marketing mulai bergerak dengan cara online. Bahkan di era modern ini banyak sekali perusahaan yang memilih menggunakan strategi marketing online karena dianggap lebih menguntungkan.

Strategi marketing online seperti memanfaatkan sosial media dan website memang memiliki banyak kelebihan. Misalnya yaitu lebih mudah mencapai target dan memiliki target pasar yang lebih banyak. Strategi marketing menjadi lebih efektif, lebih mudah, lebih hemat, dan tidak memakan banyak biaya dan sebagainya.

Karena kelebihan tersebut, tidak heran jika banyak perusahaan yang menerapkannya. Sebab dengan strategi marketing online mereka bisa dengan mudah mengenalkan produk dan jasa pada masyarakat. Meskipun marketing online menguntungkan, namun strategi offline marketing juga masih layak digunakan.

Bahkan di zaman modern ini, marketing offline juga masih mampu berperan efektif dalam mengenalkan produk pada masyarakat dan meningkatkan jumlah penjualan produk atau jasa. Karena itu perusahaan tidak perlu ragu untuk tetap menggunakan strategi pemasaran secara offline di masa serba digital ini.

Sama seperti strategi pemasaran online, cara offline juga memiliki beragam metode yang bisa diterapkan oleh perusahaan. Anda pun bisa menggunakan berbagai metode tersebut sebagai strategi marketing produk sendiri. Lalu apa saja strategi pemasaran secara online ini? Berikut adalah beberapa contohnya:

Memasang Iklan di Pinggir Jalan

Strategi offline marketing yang pertama yaitu dengan memasang iklan di pinggir jalan. Misalnya yaitu memasang iklan menggunakan baliho, billboard, papan reklame, dan sebagainya. Berbagai media iklan tersebut bisa Anda pasang di jalan yang strategis dan menjadi jalur lalu lalang banyak masyarakat.

Memasang Iklan di Media Cetak

Strategi selanjutnya dengan membuat iklan di media cetak seperti koran atau majalah. Anda bisa menggunakan advertorial di media cetak yang merupakan iklan tertulis dengan gaya berita atau artikel. Advertorial di koran atau majalah akan menguntungkan karena bisa memperlihatkan visibilitas dan keahlian brand.

Membagikan Kartu Nama Perusahaan atau Brand

Strategi offline marketing selanjutnya yaitu dengan membagikan kartu nama perusahaan. Namun tentunya pembagian kartu nama ini tidak sembarangan. Anda bisa memberikannya misal dalam acara rapat pertemuan dengan klien, acara gathering dengan masyarakat maupun pada momen lainnya.

Strategi pemasaran ini tentunya sangat efektif dan tergolong memakan biaya yang cukup terjangkau. Hal tersebut karena kartu nama biasanya hanya berukuran kecil dan simpel dengan beberapa informasi dari perusahaan. Mulai dari informasi nama perusahaan, produk atau layanan hingga kontak yang bisa dihubungi.

Menjadi Sponsor

Menjadi sponsor untuk suatu acara juga termasuk strategi offline yang efektif. Terutama pada acara besar yang akan melibatkan banyak orang atau masyarakat. Sebenarnya strategi marketing ini akan menguntungkan bagi kedua belah pihak. Bagi penyelenggara acara maka ia akan mendapatkan suntikan dana.

Sehingga penyelenggara mampu menyelenggarakan acara dengan baik dan maksimal. Strategi offline marketing ini akan menguntungkan perusahaan melalui promosi yang dilakukan oleh pihak penyelenggara acara. Dengan promosi tersebut tentunya akan semakin banyak orang yang mengenal perusahaan Anda.

Membagikan Brosur

Selain membagikan kartu nama, membagikan brosur juga menjadi salah satu strategi pemasaran offline yang cukup efektif. Anda bisa membagikan brosur perusahaan pada masyarakat dalam suatu event maupun di pinggir jalan. Namun sayangnya strategi ini akan memakan biaya yang cukup mahal dan terbilang berisiko.

Sebab brosur lebih mudah rusak seperti robek maupun hilang. Meskipun begitu, bagi perusahaan yang ingin mengenalkan nama dan produknya maka brosur bisa menjadi pilihan. Sebab dengan brosur perusahaan bisa memuat perkenalan, informasi produk atau jasa, informasi promo, dan hal menarik lainnya.

Itulah beberapa strategi offline marketing yang bisa Anda terapkan. Berbagai strategi di atas tentunya cukup efektif dalam menarik konsumen dan meningkatkan penjualan perusahaan. Sehingga dengan penjualan yang meningkat perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dan bisa terus menjalankan bisnisnya.